1. Home
  2. Viral Video Kekerasan pada Kurir, Ini Cara COD yang Benar
Blog image

Akhir-akhir ini, kasus kekerasan terhadap kurir COD (cash on delivery) marak terjadi. Mulai dari kurir yang dimarahi, dibentak, hingga mendapat kekerasan fisik. Mungkin kamu telah melihat video seorang ibu-ibu berjilbab kuning yang memaki kurir COD dan berkata kasar.

Sontak video itu jadi viral. Banyak warganet yang geram atas kelakuan ibu-ibu tersebut. Kasus ini pun bukan kali pertama. Masih banyak kasus kekerasan pada kurir COD lainnya.

Sebenarnya, hal ini dapat dihindari jika pembeli memahami alur dan cara COD yang baik dan benar. Lalu, bagaimana sih, cara COD serta ketentuannya? Simak tips berikut ini, ya!

Hal Terkait COD yang Perlu Penjual dan Pembeli Tahu

Metode cash on delivery (COD) memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Salah satu kelebihannya ialah nyaman dan praktis, sehingga pembeli dapat membayar langsung ketika barang datang. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk bertransaksi secara COD, nih.

Pastikan lokasi COD dapat dijangkau oleh ekspedisi

Lokasi jadi faktor utama kelancaran COD. Tentu apabila lokasi pembeli sulit dijangkau atau bahkan belum masuk cakupan COD oleh ekspedisi, proses pengiriman barang akan terganggu.

Misal, penjual berada di Jakarta, dan barang harus dikirim ke Kabupaten Pohuwatu di Gorontalo. Apabila menggunakan COD Sicepat, barang nggak akan dapat diproses karena belum masuk cakupan wilayah COD.

Eits, tapi tenang, kamu nggak perlu cek daftar cakupan wilayah COD satu-satu untuk mengetahui kota dan kabupaten mana di Indonesia yang mendukung COD. Di Clodeo, cek daftar cakupan area lebih cepat karena informasi cakupan otomatis muncul setelah memasukkan alamat lengkap.

Apabila kamu pembeli, ada baiknya tanyakan terlebih dahulu apakah areamu sudah masuk wilayah yang didukung metode COD sebelum membayar. Ini berguna untuk menghindari proses pengembalian uang akibat alamat nggak masuk dalam daftar cakupan.

Makin banyak jasa ekspedisi yang mendukung COD

Kalau kamu penjual dan ingin menyediakan metode COD untuk mendukung kenyamanan pembeli, jangan takut kesulitan mengirim barang. Pasalnya, sudah banyak jasa ekspedisi yang menawarkan layanan ini. Sebut saja COD Sicepat, J&T Express, SAP Express, Ninja Xpress, J-Express, dan JNE.

Layanannya pun sudah terintegrasi, jadi kamu bisa cek ongkir, cakupan area, lakukan drop-off dan minta pick-up, hingga mendapat resi dalam satu aplikasi toko online seperti Clodeo. Biayanya pun terjangkau, yakni hanya mulai dari 3% dari harga barang COD.

Ongkir bisa jadi lebih mahal

Karena metode COD terbilang lebih aman dan nyaman dibanding metode pembayaran lainnya, ongkir (ongkos kirim) yang perlu dibayar bisa jadi lebih mahal dibanding metode lainnya. Pastikan kembali kepada penjual soal ongkir yang harus dibayarkan.

Apalagi jika alamat pengiriman sebenarnya di luar dari cakupan wilayah yang ditentukan penjual. Misal, sebuah toko online hanya mendukung pengiriman COD ke Jabodetabek, sedangkan kamu berada di Bandung.

Penjual dan pembeli dapat berdiskusi soal pengiriman di luar wilayah yang telah ditentukan, tentu dengan biaya pengiriman tambahan. Hal ini wajar saja terjadi selama ada kesepakatan antara kedua belah pihak.

Pengembalian barang mungkin terjadi, namun…

Metode COD, layaknya metode lainnya, bukan berarti tanpa risiko. Salah satu risiko yang mungkin terjadi adalah pengembalian barang karena berbagai alasan seperti barang nggak sesuai atau rusak di perjalanan.

Namun jangan khawatir, menurut salah satu marketplace, persentase pembeli yang melakukan pengembalian barang hanya sekitar 2-4%, kok. Barang yang rusak dan hilang juga 100% dilindungi asuransi dari jasa ekspedisi. Jadi, nggak perlu takut COD, ya.

Cara COD yang Baik dan Benar

Apabila kamu tertarik melakukan transaksi COD, kamu perlu tahu cara COD serta alurnya agar nggak terjadi kesalahpahaman. Risiko COD pun dapat diminimalisir dengan mengetahui cara COD.

Cara COD dapat berbeda sesuai ketentuan tiap toko online, namun secara umum begini alurnya.

  1. Pembeli memilih produk yang dijual di toko online, baik melalui marketplace atau kontak langsung dengan penjual.
  2. Pastikan alamat pembeli termasuk dalam daftar cakupan COD.
  3. Setelah semua data lengkap dan alamat didukung, pembeli mengkonfirmasi pesanan.
  4. Penjual melampirkan faktur pada paket.
  5. Kurir ekspedisi akan mengambil barang dari penjual dan mengirimkan ke alamat yang tertera.
  6. Setelah barang sampai, pembeli memberikan uang tunai langsung kepada kurir.
  7. Total uang COD diserahkan kepada pihak logistik.
  8. Pencairan dana COD akan dilakukan oleh pihak logistik di waktu yang telah ditentukan setelah dikurangi biaya admin.

Bagaimana kalau barang nggak sesuai?

Meski telah mengikuti alur dan cara COD yang benar, tetap ada risiko barang yang diterima pembeli nggak sesuai. Namun, jangan langsung marah-marah ke kurir, ya. Kurir hanya bertugas mengantarkan barang tanpa punya urusan dengan paket yang diantar.

Kamu tetap wajib membayar pada kurir sebelum membuka paket. Selanjutnya, kamu dapat mengajukan komplain kepada penjual untuk selanjutnya melakukan retur barang atau pengembalian uang.

Tips Belanja COD yang Aman dan Nyaman

Setelah memahami cara COD, ada baiknya kamu mengetahui tips COD agar transaksi makin aman dan nyaman.

  • Pilih toko online yang terpercaya dengan melihat ulasan dari pembeli dan kelengkapan metode pembayaran.
  • Tanya apakah toko online menyediakan garansi produk.
  • Pastikan soal kebijakan pengembalian barang. Ini karena beberapa toko online mengharuskan pembeli membuat video unboxing (buka paket) dari awal sebelum melakukan komplain ke penjual.
  • Lakukan pembayaran sesuai kesepakatan.
  • Apabila barang nggak sesuai, jangan langsung memarahi kurir dan langsung hubungi penjual.

Kemudahan Cara COD berkat Integrasi Kurir

Melihat tren COD yang makin digemari dan marak dilakukan, sudah sepatutnya pembeli memahami cara COD yang baik agar nggak terjadi hal yang nggak diinginkan. Bagi penjual, tren COD ini bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan penjualan toko online-mu.

Clodeo telah menghadirkan fitur integrasi kurir, di mana kami bekerjasama dengan berbagai jasa ekspedisi di Indonesia untuk memudahkan penjual dalam menyediakan metode COD bagi para pelanggannya. Kamu bisa menikmati berbagai keuntungan seperti pengelolaan order dan COD dalam satu aplikasi, pengembalian dana cepat, dan penjemputan barang gratis.

Yuk, tingkatkan penjualanmu dengan COD bersama Clodeo!

Leave a Comment

Your email address will not be published.