1. Home
  2. Sering Mendapat Keluhan Retur Barang? Ini Dia 5 Cara Kirim Barang Anti Retur!
Blog image

Jual beli online merupakan hal yang lumrah terjadi di dunia perdagangan saat ini. Apalagi situasi dan kondisi seperti sekarang penjualan secara online menjadi cara paling efektif untuk tetap bertahan di era pandemi ini. Meskipun begitu, jual beli online punya tantangan tersendiri salah satu di antaranya yaitu customer yang minta retur karena barang yang dipesan di anggap tidak sesuai. Kita sebagai penjual dan pembeli dibuat kecewa atas kejadian ini. Maka dari itu proses pengiriman barang menjadi hal yang paling krusial untuk dilakukan, jangan sampai barang yang sudah dikirim harus dikembalikan dengan berbagai macam alasan. Kalau sudah begini, kita sebagai seller harus berbuat apa ya supaya semua proses jual beli online yang terjadi tidak di retur customer? Berikut ini Cloudy mau kasih info 5 cara kirim barang anti retur. Yuk simak penjelasan dibawah ini ya…

  • Penyortiran Barang Sebelum melakukan pengiriman barang, ada baiknya untuk menyortir atau memisahkan produk sesuai dengan jenisnya. Apakah barang tersebut merupakan barang pecah belah yang rentan rusak, barang elektronik, cairan dan sebagainya. Penyortiran ini akan memudahkan bagi penjual, karena bisa menyesuaikan bagaimana cara packing yang baik dan benar, perlindungan tambahan harus digunakan sehingga barang tersebut bisa lebih aman selama di perjalanan.

Baca juga : Cara packing barang terbaik

  • Pemilihan Bahan untuk Packaging. Tahapannya harus dimulai dengan mengidentifikasi jenis barang, apakah barang yang akan Sobat kirim mudah pecah, rentan terhadap kerusakan, dan sebagainya. Setelah itu, pilihlah bahan dasar yang tepat untuk digunakan sebagai pembungkus. Untuk barang yang tidak rentan pecah, ada beberapa bahan yang dapat digunakan, seperti:

Packaging berlapis (pastikan apakah barang tersebut berbahan dasar pecah belah)

– Gunakan bubble wrap, ini berfungsi untuk mengamankan produk atau barang yang akan dikirimkan

kepada pelanggan.

Packing kayu (biasanya packing kayu kerap digunakan untuk barang elektronik)

– Pasang stiker dan tanda fragile pada packing produk

  • Memastikan Alamat Pengiriman Sesuai Pada proses jual-beli online, alasan yang paling banyak terjadi atas permintaan retur adalah adanya alamat pengiriman yang salah, sehingga tidak diterima oleh customer yang sudah memesan produk tersebut. Sebelum pengiriman alangkah baiknya untuk melakukan proses checking alamat saat sedang packing, baik dalam penulisan alamat pada paket yang tertera maupun pada input data di sistem. Double check lebih baik dilakukan sebelum drama antara pelanggan dan pembeli terjadi.

  • Tambahkan note atau surat dari seller Ini juga merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan seller untuk memberikan perhatiankecil kepada para pelanggannya dan dapat juga memberikan pesan-pesan kecil pengingat agar para pembeli paham tentang proses jual beli, begitu juga pentingnya kebenaran informasi yang berhubungan dengan proses jual beli sampai akhirnya pelanggan menerima barang tersebut. Salah satunya informasi seperti ini penting disampaikan pada surat yang ada di paket dan berikan ketentuan kepada customer seperti Proses retur maksimal 1×24 jam atau 2×24 jam sejak pesanan diterima oleh pelanggan, Jangan lupa untuk menyertakan foto kondisi pesanan pada saat diterima dan Jangan lupa untuk menyertakan video pada saat membuka pesanan, dengan begitu seller bisa mengetahui betul kondisi paket ketika sampai ke tangan customer.

  • Memilih Jasa Ekspedisi Terpercaya Dari 4 poin yang sudah dibahas, ini jadi salah satu yang tidak bisa dilewatkan, yaitu menggunakan jasa ekspedisi yang customer percaya tentunya. Tentunya banyak faktor yang mempengaruhi customer untuk memilih ekspedisi mana yang akan membawa barang mereka sampai dengan aman. Dari cara  pengemasan hingga responnya kepada customer. Nah, sekarang gak perlu repot-repot dan bingung kalau mau kirim barang karena di Clodeo pilihan kurirnya lengkap dan ada promo free ongkirnya juga loo..

Nah, gimana nih kamu gak bakal bingung lagi kan karena Cloudy sudah kasih kamu tips untuk menghindari hal-hal yang menyebabkan barang retur dari customer. Pilihan yang lebih tepat lagi menggunakan Clodeo tentunya, proses cepat mudah dan detail bikin kamu sebagai seller gak perlu khawatir karena semua aman dan nyaman di Clodeo!

Leave a Comment

Your email address will not be published.