1. Home
  2. Aplikasi Bisnis Chatbot Marketing? Yuk, Intip Penjelasannya Di Sini!
Blog image

Kali ini Clodeo akan membahas seputar “Chatbot MarketingAplikasi bisnis chatbot memiliki peran penting dalam suatu bisnis yang berhubungan dengan layanan jasa atau produk yang membutuhkan interaksi dengan pelanggan. Clody sebagai pengguna internet pasti sudah tidak asing lagi kan dengan fitur yang satu ini? Yuk intip apasih arti sebenarnya dari Chatbot Marketing?

Apa itu Chatbot Marketing?

Chatbot marketing adalah sebuah robot virtual yang diciptakan dengan teknologi komputer berbasis Artifical Intelegence atau kecerdasan buatan dan membuat percakapan sebagaimana dengan percakapan antar manusia. Penerapan AI sendiri, seperti perangkat cerdas, chatbot, aplikasi-aplikasi cerdas.


Sistemnya sendiri, chatbot ini akan memberikan respon dengan baik sesuai kata kunci yang akan dimasukkan oleh pelanggan. Penerapan AI di area marketing tentu tak dapat diabaikan. Berdasarkan sejumlah statistik yang dirangkum oleh Semrush, divisi marketing dan sales termasuk organisasi yang memprioritaskan teknologi AI dan machine learning untuk meraih kesuksesan lebih dari organisasi lain.
Pengaturan yang sedemikian rupa, membuat para pelanggan semakin tertarik menggunakannya, karena bisa memastikan apa yang pelanggan ingin tahu tanpa memakan waktu lama. Tidak hanya sebatas itu saja, chatbot marketing ini memiliki berbagai kelebihan dan kegunaan untuk membantu Clody dalam menjalankan suatu bisnis.

Simak betapa pentingnya chatbot marketing dalam suatu bisnis berikut

  1. Memperluas jangkauan customer

Fitur chatbot marketing dapat tersambung dengan aplikasi chat yang dimiliki oleh para pelanggan, sehingga para pelanggan bisa mengakses chatbot ini darimana saja dan kapan saja tanpa harus khawatir akan mempersulit pelanggan untuk menggunakan layanan ini

2. 24 Jam Non Stop

Tidak bisa memang menyamakan fungsi chatbot dengan manusia yang bekerja sebagai customer service dan juga jawaban yang diberikan oleh chatbot tidak akan terlalu mendetail, namun respon dari chatbot yang hadir selama 24 jam dengan penggunaan internet tidak yang tidak mengenal waktu, akan sangat membantu para pelanggan karena tidak adanya jam kerja yang membatasi komunikasi antara pelanggan dan pemilik bisnis.

3. Mendukung dan menghasilkan Lead Generation

Pernah mendengar Lead generation? Lead generation memiliki artian berupa langkah awal bisnis yang menghasilkan konversi data yang mengunjungi website ataupun laman penjual. Chatbot sendiri memiliki peran sebagai tempat berkumpulnya data yang bisa dibutuhkan seperti data alamat email, nomor telepon, usia, gender. Data tersebut yang akan menjadi basis untuk seller mengetahui pelanggan yang potensial, hingga dapat melakukan pendekatan strategi promosi yang baik.

4. Memaksimalkan Biaya

Seperti yang sudah diketahui fungsi dari Chatbot marketing ini sendiri, dapat membantu para penjual untuk memaksimalkan biaya dalam hal ini memberikan efektivitas yang lebih karena dana yang harus digunakan untuk menambah karyawan, bisa dialih fungsikan dengan menggunakan Chatbot marketing dan bisa diakses menggunakan mobile saja.

5. Meningkatkan kualitas customer experience

Pengalaman dari pelanggan merupakan hal yang perlu diperhatikan juga, dengan adanya chatbot pelanggan akan merasa lebih dianggap ada karena chatbot akan memberikan rekomendasi juga memberikan pertanyaan lawan arah kepada pelanggan. Perilaku ini dapat membantu peningkatan kualitas customer experience dalam suatu bisnis.

6. Pelanggan dapat memaksimalkan waktu

Fitur Chatbot marketing ini memungkinkan pelanggan berinteraksi lebih cepat dengan penjual. Dengan proses yang cepat, akan memberikan kepuasan yang dirasakan pelanggan karena informasi yang pelanggan butuhkan seputar bisnis anda terjawab tanpa harus menunggu waktu yang lama. Ini penting bagi pelanggan yang ingin mendapatkan jawaban dengan secepat mungkin.

Adanya perubahan dan peningkatan teknologi, jumlah permintaan yang diuraikan chatbot mengalami banyak meningkat, misalnya robot virtual ini sudah memiliki kemampuan untuk bertindak layaknya salesman atau tenaga penjualan, yang memperkenalkan pembeli pada suatu produk ataupun layanan yang tersedia, mencarikan produk yang diinginkan pelanggan, mencatat pesanan pelanggan, dan masih banyak lagi.

Kemungkinan investasi yang bisa didapatkan, juga penghematan biaya yang bisa dilakukan karena adanya penggunaan chatbot marketing secara tidak langsung akan membantu menaikkan penjualan dimana dana yang seharusnya digunakan untuk kebutuhan membayar pegawai dapat digunakan dengan maksimal untuk biaya pemasaran atau yang lainnya.

Sebagai aplikasi kelola bisnis andalan para penggiat bisnis, Clodeo hadir tentunya untuk membantu para penggiat bisnis dalam berbagai aspek. Clodeo sendiri juga menyediakan fitur chatbot marketing pada website resminya untuk. Fitur ini dibuat khususnya untuk membantu menjawab pertanyaan dari para pelanggan yang ingin mengetahui informasi seputar Clodeo.

Jadi, tunggu apalagi memulai bisnis gak perlu ribet atau ragu sekarang. Kunjungi Clodeo, pastikan kamu sudah mempunyai akun dan jika belum, jangan lupa daftarkan akun kamu sekarang dan nikmati berbagai fitur yang ada Clody!

Aplikasi Bisnis Chatbot Marketing? Yuk, Intip Penjelasannya Di Sini!

Leave a Comment

Your email address will not be published.