1. Home
  2. Mengenal Omnichannel Yang Katanya Bisa Memajukan Bisnismu, Benarkah?
Blog image

Apa yang dilakukan ketika seseorang ingin membeli sebuah produk? Mencari informasinya lewat online terlebih dahulu, atau langsung mendatangi toko? Nyatanya saat ini orang-orang lebih banyak untuk mencari tahu terlebih dahulu produk yang mereka akan beli. Biasanya mereka akan mencari lewat search engine atau melihat social media produk tersebut. Hal inilah yang membuat kita sebagai penjual harus pintar-pintar memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan yang ingin mencari tau atau membeli produk kita. Karena menerapkan strategi marketing yang tepat merupakan kunci dari keberhasilan sebuah bisnis, maka beragam cara dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan strategi Omnichannel. Strategi ini membuat pelanggan akan lebih leluasa dalam menjelajah segala informasi dari tokomu. Hal ini dikarenakan Omnichannel merupakan sebuah startegi/ sistem yang memungkinkan pelanggan untuk mengakses lebih dari satu channel penjualan milikmu. Selain itu Omnichannel dijadikan sebagai alat pengelolaan bisnis paling efisien bagi para pebisnis.

Kenapa sih Omnichannel bisa dianggap demikian? Kelebihan strategi ini yang menggabungkan gerai fisik sekaligus platform online, dianggap mampu memberikan kenyamanan dan kemudahan yang lebih ekstra. Omnichannel merupakan integrasi dari kegiatan branding, marketing, dan transaksi baik online maupun offline. Dengan memanfaatkan sistem Omnichannel sebagai penjual kamu akan dimudahkan dalam mendapatkan pelanggan sekaligus mengelola bisnis. Kamu bisa memantau stok produk jualanmu, mengelola pesanan, sampai laporan keuangan. Hanya melalui satu platform saja, banyak yang bisa kamu lakukan sekaligus dengan lebih cepat dan efisien.

Satu Platform Omnichannel Beragam Kemudahan

Diantara banyaknya strategi marketing lainnya yang juga mampu memajukan bisnismu Omnichannel merupakan salah satu strategi yang patut kamu pertimbangkan, hal ini karena sistem ini akan memberikanmu kemudahan, seperti :

  1. Mengelola stok barang di semua lini bisnis

Stok produk yang berantakan atau tidak ter-update tentu akan memusingkan. Namun ketika kamu memanfaatkan Omnichannel, pengelolaan stok barang akan lebih mudah karena bisa mengatur jumlah stok dan mendapatkan laporan update stok secara otomatis.

  1. Mengelola pesanan dan laporan penjualan

Pola jualan saat ini yang terbagi menjadi online dan offline membuat kita harus mengatur pesanan dari banyak platform. Dengan Omnichannel kamu bisa mengatur semuanya dalam satu tempat saja, tanpa harus bolak balik ke masing-masing platform dan menghabiskan banyak waktu. Tiap penjualan yang terjadi juga sudah terdata dengan rapi sehingga lebih efisien, lebih cepat dan anti keliru.

  1. Manajemen promosi

Kegiatan branding atau marketing juga bisa dilakukan melalui Omnichannel. Kamu bisa mengatur promosi untuk produk secara satuan atau massal di tiap toko onlinemu yang terdaftar di berbagai marketplace. Sehingga para pelanggan dapat mengakses informasi tersebut dengan lebih mudah.

Keuntungan Omnichannel Bagi Bisnismu

Kemudahan yang dirasakan ketika menggunakan Omnichannel bagi bisnismu tentu menghasilkan keuntungan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan tidak memanfaatkannya. Beragam keuntungan yang akan kamu dapatkan diantaranya adalah :

  1. Terciptanya pengalaman terbaik bagi pelanggan

Tujuan dari terbentuknya strategi ini adalah untuk memberikan customer journey yang terbaik. Pelangganmu akan dimudahkan dalam mendapatkan seluruh informasi mengenai produk yang mereka inginkan. Pelanggan akan menjadi lebih betah berlama-lama ada di bagian toko jualanmu.

  • Penjualan dan traffic yang meningkat

Pengelolaan bisnis yang efisien dan kepuasan pelanggan tentu akan mendorong peningkatan penjualan. Dengan pengelolaan bisnis yang cepat dan tepat, bisnismu akan jauh lebih produktif dibanding biasanya. Dan tentu penjualan dan traffic senantiasa akan meningkat.

  • Meningkatkan brand recall

Memanfaatkan Omnichannel bisa menjadi salah satu cara untuk membuat bisnismu menjadi “top of mind”, karena para pelanggan dapat dengan mudah mengakses segala informasi mengenai produkmu. Kesan brand call yang kuat inilah yang mampu meningkatkan penjualan pada bisnismu.

  • Loyalitas pelanggan

Pengalaman yang baik akan membuat orang menjadi lebih loyal memang benar adanya. Mereka yang sudah merasa nyaman dengan suatu hal cenderung akan terus setia pada hal tersebut. Kunci dari sebuah bisnis yang sukses yaitu memiliki pelanggan-pelanggan yang setia.

Dengan memanfaatkan Omnichannel sebaik mungkin, pengelolaan bisnis akan terasa lebih mudah. Banyaknya hal yang bisa dilakukan dalam satu platform saja membuat kamu bisa menghemat banyak hal, waktu, tenaga hingga biaya. Hal ini tentunya akan berdampak positif bagi bisnismu. Terciptanya customer journey yang baik mampu meningkatkan penjualanmu. Jadi Omnichannel merupakan jawaban terbaik bagi kamu yang ingin mengelola bisnis lebih efisien namun mendatangkan keuntungan yang lebih ekstra. Jadi sudahkah bisnismu menggunakan Omnichannel, Cloudy?

Leave a Comment

Your email address will not be published.