1. Home
  2. Strategi Promosi Untuk Berbisnis Di Era Digital
Blog image

Ketika kamu memutuskan untuk memulai sebuah bisnis, hal paling penting yang harus dipelajari adalah bagaimana cara untuk menjual produkmu. Apalagi memulai bisnis di zaman sekarang yang dihiasi dengan banyak competitor serupa, membuatmu harus pintar-pintar mengenalkan atau mempromosikan barang jualanmu. Dengan menjalankan strategi promosi yang tepat dan menarik, bukan tak mungkin bisnismu bisa menempati posisi pertama diantara pebisnis lainnya. Namun tak jarang para pemilik bisnis yang belum mengerti apa itu promosi, bagaimana cara melakukannya agak tepat sasaran.

Promosi merupakan sebuah kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh seseorang atau perusahaan dan ditujukan untuk masyarakat luas. Tujuan dari kegiatan promosi adalah untuk memperkenalkan produk yang dimiiki kepada masyarakat dan mempengaruhi mereka untuk membeli dan menggunakan produk yang ditawarkan. Lalu apa yang akan kamu dapatkan ketika melakukan promosi? Berikut penjelasannya :

  1. Dengan melakukan promosi kamu bisa menginformasikan mengenai produk yang kamu miliki mengenai kelebihan produk kepada calon pelanggan yang potensial
  2. Mampu mendapatkan dan menjangkau pelanggan baru sekaligus menjaga tingkat loyalitas mereka
  3. Membantu meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis
  4. Membangun branding atau citra produk di mata pelanggan
  5. Sebagai alat untuk menunjukkan kelebihan produk yang dimiliki dibandingkan dengan competitor

Diantara banyaknya manfaat yang bisa dirasakan dengan melakukan kegiatan promosi, dapat disimpulkan bahwa langkah ini memiliki tujuan dan fungsi untuk meningkatkan penjualan suatu bisnis. Dalam melakukan kegiatan promosi, kamu sebagai pelaku bisnis juga harus mencari, strategi mana yang paling bekerja pada bisnismu itu. Promosi sendiri bentuknya bisa berbagai macam, ada yang berbentuk fisik yang biasanya berbentuk sebuah event atau kegiatan tertentu yang bertujuan untuk menawarkan barang secara langsung. Promosi jenis ini memiliki kelebihan yaitu dapat berinteraksi secara langsung dengan calon pelanggan, sehingga memudahkan proses penjualan. Jenis lain dari promosi yaitu melalui media tradisional seperti media cetak, TV, radio, billboard dll. Kelebihan dari jenis promosi ini yaitu dapat menjangkau banyak calon pelanggan dalam kurun waktu yang lama. Dan jenis promosi lain yang kini marak dimanfaatkan para pelaku bisnis yaitu promosi melalui media digital

Strategi Promosi di Era Digital

Era digital kini membuat kebiasan konsumen menjadi berubah. Kegiatan jual beli yang biasanya dilakukan secara langsung, mulai beralih ke online. Maka dari itu, sebagai pebisnis kamu juga harus bisa memanfaatkan era digital ini untuk memajukan bisnis tersebut. Berbeda dengan strategi promosi yang biasa dilakukan secara langsung atau offline, di era digital ini banyak sekali cara mengenalkan bisnis secara online, berikut diantaranya adalah :

  1. Strategi pemasaran melalui online marketing, melalui website, e-mail, dan media online lainnya
  2. Memaksimalkan e-mail marketing, dengan tujuan untuk menawarkan produk kepada calon konsumen baru
  3. Promosi melalui social media marketing

Setelah memilih cara mana yang akan kamu gunakan untuk mempromosikan barang jualan, kamu juga bisa memilih bentuk-bentuk promo yang disukai para pelanggan. Bentuk promosi yang saat ini marak digunakan adalah advertising atau periklanan. Bentuk dari strategi ini adalah membuat iklan yang informatif, interaktif, menarik atau dapat diingat oleh konsumen. Iklan yang dibuat berisikan tentang informasi produk, campaign brand, atau hal unik lain yang membuatnya lebih spesial. Bentuk promosi lainnya yaitu sales promotion, yang berbentuk diskon, bonus hadiah, atau perlombaan. Strategi ini membuat brand bisa dikenal lebih luas, dan berpeluang untuk membuat pelanggan melakukan pembelian. Kamu juga bisa memanfaatkan social media atau toko online untuk penyebaran informasi promosi.

Strategi promosi di era digital yang kini juga banyak diaplikasikan pebisnis adalah penggunaan brand ambassador atau endorser. Mereka yang memiiki para pengikut setia dapat dijadikan strategi marketing terbaik guna memperluas informasi produk jualan kepada pelanggan. Strategi promosi yang tidak kalah adalah dengan memanfaatkan personal selling dengan cara menyampaikan informasi secara langsung kepada calon pelanggan. Manfaatkan platform komunikasi atau social media lain untuk menyebarluaskan informasi ini. Dengan mengaplikasikan strategi promosi yang tepat, membangun bisnis bisa terasa lebih mudah. Pastikan untuk terus mencari formula promosi terbaik yang paling cocok dengan bisnismu ya Clody!

Leave a Comment

Your email address will not be published.