1. Home
  2. Ini Dia Cara Pencairan Dana COD, Penjual Wajib Tahu!
Blog image

Meski opsi pembayaran digital makin beragam, metode pembayaran cash on delivery (COD) tetap jadi pilihan favorit pelanggan online shop, lho. Ini berkat kemudahan bayar di tempat sehingga memungkinkan pembeli mengecek kondisi barang yang diterima sebelum membayar.

Metode COD dapat meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap penjual. Sehingga, opsi COD diharapkan dapat meningkatkan penjualan di toko online-mu. Nah, Clodeo menawarkan fitur COD dengan alur pencairan dana yang mudah. Simak artikel ini selengkapnya, ya!

Keuntungan dan Pencairan Dana COD di Clodeo

Fitur COD di Clodeo telah dikembangkan sedemikian rupa untuk memudahkan penjual dalam mengelola orderan dan dana yang masuk. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan fitur COD di Clodeo.

  • Kelola order dan COD dalam satu aplikasi – kamu bisa lakukan pencatatan order, penghitungan stok, hingga pengiriman COD.
  • Pengembalian dana cepat – rekonsiliasi data dana COD dilakukan setiap minggunya setelah uang diterima kurir.
  • Penjemputan dana gratis – nikmati kemudahan kirim barang COD tanpa harus ke luar rumah.

Kamu dapat melihat laporan pencairan dana COD di Clodeo dengan mengakses fitur COD dan E-Wallet. Berikut penjelasannya:

  • Fitur COD – berisi resi yang sudah diterima pelanggan dan laporan resi yang sudah dicairkan.
  • Fitur E-Wallet – berisi laporan total dana yang akan dan sudah cair.

Lantas, bagaimana kamu membayar ongkos kirim COD ke Clodeo? Nggak perlu khawatir, penagihan ongkos kirim COD akan otomatis terpotong dari pencairan dana COD. Apabila dana COD nggak mencukupi, kamu akan mendapatkan tagihan lainnya dari Clodeo.

Berikut adalah ketentuan selengkapnya soal penagihan dan pemotongan ongkir COD di Clodeo:

  1. Pemotongan ongkos kirim langsung dipotong melalui pencairan dana COD.
  2. Pemotongan ongkos kirim dipotong berdasarkan kurir yang digunakan, dan menyesuaikan nilai ongkos kirim sebenarnya dari masing-masing kurir.
  3. Total dana yang diterima pengguna adalah total dana bersih yang telah dipotong biaya ongkos kirim dan fee COD.
  4. Transaksi rekap data COD dan pemotongan ongkir akan diunggah melalui Clodeo E-Wallet yang bisa diakses melalui aplikasi Clodeo.
  5. Bukti transfer pencairan dana terkirim akan dikirimkan langsung melalui email.
  6. Jika terdapat transaksi retur, maka penagihan ongkos kirim retur akan ditagihkan melalui email berupa invoice kepada masing-masing pengguna 1 minggu sekali pada hari Jumat.
  7. Jika ada selisih ongkir yang disebabkan karena perbedaan berat timbangan, maka akan ditagihkan kembali selisihnya melalui email.

Cara Pencairan Dana COD Melalui Fitur E-Wallet

Nah, setelah mengetahui alur penagihan dan pemotongan ongkir COD, berikut penjelasan cara mencairkan dana COD di Clodeo yang bisa kamu akses melalui fitur E-Wallet.

  1. Buka profile-mu dengan cara klik nama profile di bagian kanan atas, lalu klik “E-Wallet
  2. Klik menu “E-Wallet” yang ada di sebelah kiri laman, lalu pilih “Penarikan Saldo
  3. Klik tombol “Cairkan Saldo
  4. Kamu akan melihat detail rekening yang telah ditambahkan sebelumnya, lalu di menu “Tarik saldo penjualan ke“, pilih akun yang ingin digunakan untuk penarikan saldo
  5. Masukkan jumlah saldo yang ingin ditarik pada menu “Tarik saldo sebesar
  6. Kamu juga dapat mencentang “Tarik saldo saat ini” untuk mencairkan seluruh dana yang ada di e-wallet

Jadwal Pencairan Dana Berdasarkan Kurir

Untuk memudahkan penjual dalam menyediakan metode COD untuk para pembelinya, Clodeo menghadirkan fitur integrasi kurir, di mana kami bekerjasama dengan berbagai ekspedisi ternama di Indonesia.

Jadwal pencairan dana COD pun berbeda, tergantung dari penyedia jasa ekspedisi yang digunakan. Berikut adalah jadwal dan ketentuan selengkapnya.

COD Sicepat

Pencairan dana COD SiCepat berlangsung selama 3-5 hari kerja, terhitung setelah barang diterima oleh pembeli. Namun perlu diingat bahwa ini di luar akhir pekan dan hari libur nasional, ya. Sehingga barang yang diterima pada tanggal merah, pencairan dananya akan diproses di hari kerja berikutnya.

Proses pencairan dana sudah termasuk rekap data, rekonsiliasi dan pembuatan laporan secara rinci oleh Clodeo dan SiCepat. Untuk pengguna bank selain BCA, dana akan diterima 3 hari setelah dana ditransfer pada hari Selasa, Rabu dan Jum’at, ya.

COD SAP Express

Lain hal dengan COD SAP Express, pencairan dana dilakukan 1 minggu sekali pada hari Jumat. Jika terjadi keterlambatan pencairan dana, harap tunggu 3×24 jam setelah hari Jumat, ya. Kamu dapat menghubungi Clodeo Support di nomor +6287897759000 untuk informasi lebih lanjut.

Adapun laporan rekap pencairan dana dan bukti transfer akan dikirimkan melalui email pada hari Senin di minggu berikutnya.

COD J&T Express

Pencairan dana COD J&T Express dilakukan setiap hari Kamis/Jumat, 1 sampai 2 minggu setelah paket diterima di setiap bulannya. Layaknya proses di kurir lainnya, proses di J&T Express sudah meliputi rekap data, rekonsiliasi dan pembuatan laporan secara rinci.

COD J-Express

Untuk COD J-Express, harap tunggu pencairan dana di hari Senin, Rabu, dan Kamis, atau 3 kali seminggu. Apabila terdapat hal yang nggak sesuai dalam laporan rekap pencairan dan bukti transfer, silakan hubungi Clodeo Support di nomor telepon 081377331863 atau melalui email di [email protected] dengan menyertakan bukti screenshot, ya.

COD Ninja Xpress

Untuk yang menggunakan COD Ninja Xpress, pencairan saldo dilakukan seminggu sekali. Kamu nggak perlu lagi membayar fee COD karena akan langsung terpotong dalam proses pencairan.

COD JNE

Dengan COD JNE, pencairan dilakukan setiap 1 minggu sekali pada hari Rabu/Kamis. Perlu diketahui juga bahwa jika terdapat barang yang perlu diretur kembali ke penjual, maka biaya retur akan dibebankan kepada penjual sebanyak 50% dari pembayaran ongkos kirim.

Gimana, mudah kan, pencairan dana COD di Clodeo? Yuk, daftar Clodeo sekarang, GRATIS!

Leave a Comment

Your email address will not be published.