1. Home
  2. COD vs Online Payment, Mana yang Lebih Baik?
Blog image

Bagi kamu pemilik bisnis online, penting untuk mengetahui berbagai metode pembayaran dalam transaksi belanja online. Pembayaran yang dilakukan pastinya sudah termasuk harga barang, ongkos kirim, serta biaya lainnya. Makanya, cek ongkir jadi salah satu hal yang dilakukan pembeli sebelum check out barang.

Nah, seiring berkembang pesatnya tren marketplace di Indonesia, metode pembayaran yang tersedia makin banyak. Sebut saja transfer bank, debit online, virtual account, cicilan dengan dan tanpa kartu kredit, hingga pembayaran langsung. Pembeli seringkali dihadapkan pilihan menggunakan metode COD (cash-on-delivery) dan pembayaran online. Tapi, mana yang paling baik dan lebih disukai pembeli? Simak pembahasan berikut, ya!

Apa Itu COD?

Dalam konteks jual beli online, COD merupakan suatu metode pembayaran di mana pembeli dapat langsung melakukan pembayaran tunai saat barang diantar oleh kurir. Pada awalnya, COD hadir sebagai solusi bagi pembeli yang belum familiar dengan pembayaran online, serta untuk meningkatkan kepercayaan pembeli dalam belanja online.

Keuntungan Memilih COD

Nggak heran kalau COD masih terus populer di kalangan pengguna marketplace. Pasalnya, kenyamanan membayar adalah hal utama dalam COD. Berikut rangkuman beberapa keuntungan menggunakan COD.

  • Pembeli dapat memeriksa dahulu keadaan fisik barang sebelum membayar
  • Meminimalisir terjadinya pengembalian barang atau retur
  • Memberikan rasa aman bagi pembeli karena transaksi langsung dilakukan di tempat
  • Meningkatkan reputasi toko berkat barang yang pasti sampai
  • Menjangkau lebih banyak pelanggan yang belum paham cara melakukan pembayaran online

Baca juga: Cara COD Tanpa Marketplace yang Perlu Kamu Ketahui

Kekurangan Memilih COD

Dengan beragam kenyamanan dan keuntungan yang diberikan COD, bukan berarti metode pembayaran yang satu ini nggak memiliki kekurangan, lho. Simak beberapa poin di bawah ini, ya.

  • Adanya kemungkinan barang kembali ke pusat ekspedisi karena pembeli sulit dihubungi, sehingga proses pengiriman jadi lebih lama
  • Masih ada beberapa daerah yang belum mendukung metode COD
  • Beberapa barang terlalu berisiko untuk COD, misalnya produk elektronik dengan harga mahal

Pembayaran Online dan Jenisnya

Nggak seperti COD yang menerapkan pembayaran tunai, pembayaran online menggunakan metode non-tunai atau cashless. Kendati memiliki langkah yang cukup banyak dibanding COD, metode pembayaran online kian populer, lho. Hampir semua toko online menyediakan pembayaran jenis ini karena kemudahan membayar tanpa harus bertemu langsung, sehingga jarak bukanlah masalah.

Mungkin kamu familiar dengan startup fintech ternama seperti OVO, GoPay, dan LinkAja. Nah, jajaran nama tersebut termasuk penyelenggara pembayaran online yang bekerjasama dengan marketplace. Beberapa jenis pembayaran online di Indonesia yaitu transfer bank, internet banking, kartu kredit, kredit online, virtual account, dan e-money. Yuk, simak beberapa keuntungan dan kekurangan menggunakan pembayaran online.

Keuntungan Pembayaran Online

Setelah mengetahui jenis-jenis pembayaran online, mungkin kamu bertanya-tanya apa keuntungannya. Bagi yang belum pernah merasakan sensasi belanja online dengan metode pembayaran ini, mungkin memang terdengar agak menakutkan dan berisiko. Namun, ketahui dulu keuntungannya sebelum memilih.

  • Tersedianya aplikasi mobile banking yang memudahkan transfer bank tanpa harus ke ATM
  • Fitur verifikasi otomatis sehingga barang diproses lebih cepat
  • Banyak promo menarik yang ditawarkan, seperti diskon dan cashback
  • Dapat melakukan cicilan untuk kartu kredit dan kredit online
  • Bebas biaya admin apabila menggunakan virtual account, transfer bank yang sama, dan e-money
  • Kemudahan menyelesaikan pembayaran dari smartphone
  • Dapat belanja di merchant internasional seperti Netflix dan Spotify berkat debit online dan kartu kredit

Kekurangan Pembayaran Online

Segudang manfaat dan kemudahan yang ditawarkan oleh pembayaran online, bukan berarti luput dari kekurangan. Dengan tingkat kepemilikan bank di Indonesia yang hanya sampai 48,9%, menurut data Bank Dunia pada 2018, banyak orang yang masih belum memiliki akses ke pembayaran online. Berikut beberapa kekurangan dalam memilih pembayaran online.

  • Beberapa marketplace belum menyediakan fitur verifikasi otomatis sehingga menyulitkan pembeli
  • Apabila transfer beda bank, pembeli harus membayar biaya admin
  • Rawan penipuan karena transaksi dilakukan secara online

Nah, itu dia beberapa keuntungan dan kekurangan COD vs. pembayaran online? Mana yang lebih baik? Tentunya itu pilihanmu berdasarkan poin-poin di atas. Namun sebagai pemilik toko online, sebaiknya kamu menyediakan metode pembayaran yang lebih beragam demi menjangkau lebih banyak pembeli. Selain menggunakan pembayaran online, penjualan dengan metode pembayaran COD kini sangat diminati oleh masyarakat Indonesia.

Clodeo sebagai aplikasi toko online, menyediakan fitur COD dan cek ongkir dari berbagai ekspedisi yang terintegrasi dalam satu aplikasi. Cek ongkir, resi dan transaksi COD Sicepat, COD JNE, COD J&T, COD SAP, dan lainnya bisa dilakukan di Clodeo.

Kelola bisnis online jadi mudah dengan Clodeo, GRATIS!

Leave a Comment

Your email address will not be published.