1. Home
  2. 3 Alasan Metode Pembayaran COD Banyak Diminati Pelanggan!
Blog image

Beberapa tahun terakhir, pola belanja masyarakat mulai beralih dari yang sebelumnya dilakukan secara langsung, berubah jadi dilakukan secara daring atau online. Kebiasaan ini tidak lepas dari berkembangnya zaman yang menjadi serba digital. Banyak orang menyukai berbelanja online karena kemudahannya. Produk yang bisa dijangkau dengan mudah, pilihannya yang beragam dengan rentang harga yang berbeda-beda pula. Orang-orang bisa membanding-bandingkan harga antar toko jualan, tanpa perlu repot pergi kesana kemari. Cukup akses melalui smartphone, barang yang diinginkan bisa sampai ke depan rumah dengan selamat. Kemudahan lain yang membuat belanja online lebih diminati adalah pilihan metode pembayaran yang beragam. Meskipun pembayaran bisa jauh lebih mudah melalui digital, namun untuk mereka yang tidak punya akses itu pun tetap bisa mengaksesnya lewat metode pembayaran COD.

COD atau cash on delivery berarti proses pembayaran yang dilakukan secara tunai atau langsung, pada saat barang diterima. Dengan menggunakan metode pembayaran ini, kamu tidak perlu melakukan transfer atau virtual payment lainnya. Metode pembayaran COD seakan lebih mempermudah para pelanggan yang ingin berbelanja online namun terkendala hal pembayaran. Hampir semua marketplace pun kini telah menggunakan fitur ini, sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Toko-toko yang memiliki system pembayaran ini juga dinilai lebih kredibel dan mampu menjamin mutu produk jualannya. Kehadiran metode pembayaran cash on delivery juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap jualan online karena biasanya para pelanggan akan mengecek terlebih dahulu bagaimana produk yang mereka pesan, sebelum membayarkan pesanan tersebut. Ketika kesan pertama produk sudah baik, tentu besar kemungkinan untuk para pelanggan membeli ulang produk jualan online tersebut. Lalu apa saja faktor yang membuat metode pembayaran COD lebih diminati para pelanggan?

  1. COD merupakan opsi pembayaran yang fleksibel

Meskipun saat ini setiap orang pasti berlangganan pada suatu bank, bukan berarti mereka dapat melakukan transaksi kapan saja. Bagi mereka yang tidak memiliki m-banking, metode pembayaran COD menjadi pilihan yang paling tepat. Karena system pembayaran bisa dilakukan di tempat kita sendiri, sehingga kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke bank atau ATM terdekat. Selain itu metode cash on delivery juga minim resiko kehilangan uang, yang bisa saja terjadi saat kamu melakukan pembayaran via virtual. Ini merupakan faktor utama mengapa COD sangat diminati oleh para pelanggan.

  • Mendapatkan rasa aman

Jika kamu pernah belanja sebuah barang, namun produknya tidak sesuai dengan harapan, atau pernah tertipu oleh sebuah promo, maka memilih COD adalah jawaban yang tepat. Para pelanggan lebih merasa aman Ketika barang yang mereka pesan telah sampai dan sesuai dengan harapan. Selain itu mereka juga tidak perlu memberikan informasi terkait data-data keuangan sehingga pasti lebih aman dibandingkan dengan pembayaran via transfer atau virtual.

  • Menghilangkan ketergantungan pada system paylater

Seperti yang kita tau, kemudahan berbelanja online terkadang bisa membuat orang lupa diri. Pembayaran melalui paylater memang terbilang mudah, namun juga berbahaya karena memicu kamu untuk belanja dengan impulsif. Saat inilah metode pembayaran cash on delivery berperan untuk membuat kamu membeli sesuai dengan kebutuhan dan keadaan finansialmu saat itu. 

Itulah alasan mengapa sistem pembayaran COD banyak diminati oleh para pelanggan. Bukan hanya kemudahan yang didapatkan tapi juga rasa aman yang membuat cash on delivery dirasa lebih nyaman untuk digunakan. Meskipun terdapat pula beberapa kekurangan dari metode pembayaran ini, namun terbukti COD menduduki peringkat kedua sebagai metode pembayaran yang paling banyak digunakan oleh para pelanggan di Indonesia. Selain itu keuntungan COD tidak hanya dirasakan oleh para pelanggan, namun juga mendatangkan keuntungan tersendiri untuk para seller. Jadi diantara banyakanya pilihan metode pembayaran dengan kelebihannya masing-masing, pembayaran manakah yang jadi favorite mu?

Leave a Comment

Your email address will not be published.