1. Home
  2. Tingkatkan Penjualan Dengan Pemanfaatan Customer Support!
Blog image

Sering mendapatkan keluhan tentang produk yang kamu jual? Atau bingung bagaimana cara membagi diri antara fokus mengembangkan bisnis dan memenuhi kebutuhan para konsumen? Ini tandanya kamu sudah harus memiliki armada tambahan, yaitu seorang customer support. Apalagi untuk kamu yang memiliki bisnis online, sudah waktunya kamu mendapatkan bantuan dari orang yang ahli dibidang tersebut, untuk dapat bersaing dengan kompetitor lainnya. Pemanfatan customer support jadi salah satu tips bisnis paling ampuh yang terbukti bisa meningkatkan produktivitas bisnis online kamu loh. Jadi sudahkah kamu mengetahui tentang segala hal mengenai customer support itu sendiri?

Apa Itu Customer Support?

Diantara banyaknya posisi layanan pelanggan, salah satu yang wajib ada di struktur organisasi bisnis online kamu adalah seorang customer support. Berbeda dengan istilah yang sering kamu dengar, customer support merupakan rangkaian aktivitas guna membantu konsumen untuk mendapatkan pelayanan yang berhubungan dengan produk sebuah bisnis. Customer support menjadi “pintu utama” ketika seorang konsumen dihadapkan pada suatu produk. Keberadaan posisi ini sangat mempengaruhi bisnis online kamu agar dapat berjalan lebih lancar tanpa hambatan.

Tidak hanya menangani kebutuhan minor para konsumen, customer support bergerak lebih jauh dalam melakukan tugasnya. Seluruh kegiatan pelayanan seperti membantu perihal kebutuhan knowledge produk,  memberikan bantuan ketika konsumen menghadapi masalah akan produk, bahkan sampai jangka panjang yaitu dengan memberikan konsultasi terkait produk ketika dibutuhkan. Dengan memiliki seorang customer support yang baik, maka loyalitas konsumen akan lebih mudah terwujudkan. Dan akhirnya sangat memungkinkan bagi bisnis online kamu untuk lebih berkembang lagi!

Peran Penting Customer Support Dalam Bisnis

Merekrut seorang customer support mungkin masih jadi pertimbangan besar bagi banyak pebisnis. Padahal kamu akan merasa terbantu berpuluh-puluh kali lipat dengan kehadirannya. Bayangkan ketika bisnis online kamu sedang ramai-ramainya, lalu kamu mendapati banyak keluhan atau pertanyaan tentang produk yang kamu jual. Akan sangat membebanimu bukan? Saat itulah seorang customer support berperan untuk memberikan solusi terbaik bagi para konsumen. Setiap kendala yang dihadapi oleh konsumen bisnis kamu akan ditangani oleh mereka, sehingga peluang untuk meluaskan market akan lebih luas lagi. Karena ketika seseorang puas terhadap pelayanan sebuah toko online, maka besar kemungkinan kamu mendapatkan efek marketing paling mudah yaitu word of mouth!  

Melihat begitu pentingnya peran seorang customer support maka tak jarang posisi ini sangat dibutuhkan oleh banyak pihak. Efek yang diberikan dari hasil kerja mereka terbukti bisa membuat konsumen kembali melakukan transaksi pada bisnis online kamu. Alasan utama memang tidak terlepas dari performa produk jualan kamu, namun dengan kehadiran seorang customer support, tingkat kepercayaan konsumen terhadap bisnismu akan bertambah. Selain itu efek positif yang akan kamu rasakan adalah dengan meningkatnya penjualan bisnis online kamu. Seorang CS yang baik mampu menjelaskan segala tentang produk, berangkat dari hal ini para konsumen kamu akan mendapatkan pengalaman belanja yang menyenangkan sehingga memungkinkan untuk melakukan pembelian kembali. Akhir dari manfaat hadirnya seorang CS di bisnismy adalah terciptanya citra bisnis yang positif. Karena tidak ada yang bisa mengalahkan pelayanan yang ramah dan tepat, bukan?

Ciri Seseorang Adalah Customer Support Yang Tepat Untuk Bisnismu

Mendapatkan seorang CS yang tepat memang cukup tricky. Hadirnya seseorang yang baru di lingkungan bisnis memang harus dipilih-pilih. Kamu harus membangun lingkungan kerja yang nyaman sehingga dapat dipastikan CS kamu akan melakukan pekerjaannya dengan benar dan tepat. Berikut beberapa karakteristik seorang customer support yang mampu membuat konsumen kamu betah berbelanja :

  1. Fast Response

Kecepatan menjadi poin utama yang harus dimiliki seorang CS. Ketika antrian pengaduan atau pertanyaan dari konsumen sedang menumpuk, dibutuhkan kecepatan akan merespon segala pesan tersebut, guna membuat pengalaman belanja para konsumen tetap menyenangkan. Bayangkan jika CS kamu adalah seseorang yang lambat, mungkin akan semakin banyak lagi keluhan-keluhan yang dating dari para konsumen.

  • Multitasking

Seorang customer support yang handal harus mampu mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu. Hal ini karena pertanyaan atau pengaduan tidak hanya datang dari satu platform bisnis saja, sehingga dibutuhkan kemampuan untuk bisa mengatasi segalanya sekaligus.

  • Ramah

Kunci utama keberhasilan dari sebuah pelayanan adalah keramahan dari seorang customer support. Pribadi yang ramah ketika mengatasi tiap-tiap keluhan terbukti membuat si konsumen menjadi lebih nyaman berinteraksi dengan bisnis online kamu. Sepenting itulah peranan seorang customer support pada bisnismu. Mulai bangun komunikasi yang baik dengan konsumen melalui seorang CS yang ramah, dapat diandalkan dan berpengetahuan yang luas. Karena salah satu kunci keberhasilan sebuah bisnis, tidak lepas dari yang namanya pelayanan. So.. mulailah bidik calon-calon customer support terbaik,untuk mengembangkan bisnis bersama denganmu!

Leave a Comment

Your email address will not be published.