1. Home
  2. Reseller Atau Dropshipper, Mana Yang Cocok Untuk Pemula?
Blog image

Sehubungan dengan sulitnya membangun sebuah bisnis modal nol, kini banyak lahir jenis-jenis usaha yang bisa dicoba oleh para pemula. Beberapa faktor penyebab sulitnya mengawali bisnis sendiri diantaranya adalah keterbatasan modal, sumber daya pendukung, dan kurangnya pengetahuan tentang mengelola bisnis itu sendiri. Namun bagi seseorang yang bercita-cita menjadi seorang pengusaha, hal ini tidak akan menghentikan langkah mereka. Salah satu tips bisnis yang bisa dicoba bagi para pemula adalah dengan menjadi seorang reseller dan dropshipper. Lalu diantara kedua pilihan tersebut, mana kah yang paling sesuai denganmu? Yuk mari kita bahas bersama!

Apa Itu Reseller?

Bagi sebagian orang, istilah reseller memang sudah tidak asing didengar. Reseller merupakan sebuah model bisnis dimana seseorang menjual sebuah produk yang didapat dari seorang produsen. Produk yang dijual merupakan barang orang lain yang ia beli dengan harga tertentu, dan kemudian dijual dengan harga yang lebih tinggi guna mendapatkan selisih harga dari barang tersebut. Reseller juga berperan sebagai jembatan antara produsen dengan konsumen yang tujuannya memudahkan tersebar luasnya informasi dan jangkauan produk. Keutungan menjadi seorang reseller adalah kamu dapat mengukur margin keuntungan karena bisa menentukan harga jual sendiri.

Reseller merupakan salah satu tips bisnis yang patut dicoba oleh pemula. Hal ini dikarenakan dengan melakukan kegiatan reselling, kamu dapat belajar untuk memahami produk, mengatur proses penjualan, hingga mengelola keuangan tanpa harus memikirkan resiko yang terlalu besar.  Dilihat dari cara kerjanya pula, menjadi seorang reseller tidak terlalu memakan proses yang panjang. Kamu tidak perlu memikirkan bagaimana menciptakan sebuah produk dari nol, karena pada tahap pra hingga produksi barang berlangsung, hal itu dilakukan oleh pihak produsen. Tentu hal ini sangat membantu bagi kamu yang baru terjun ke dunia bisnis.

Tips bisnis menjadi seorang reseller yang sukses adalah dengan mempelajari setiap proses bisnis dari hal yang paling kecil hingga ke paling besar. Rajinlah mencari produsen barang dengan harga serendah mungkin, namun dengan kualitas yang tinggi. Dan hal paling penting lainnya yaitu kamu harus mencari startegi promosi yang paling tepat, guna menarik minat calon konsumen.

Apa Itu Dropshipper?

Salah satu cara memulai bisnis tanpa modal yang paling efektif adalah menjadi seorang dropshipper. Hal ini dikarenakan kamu tidak perlu mengeluarkan modal apapun untuk memulainya. Dropshipper merupakan perantara bagi produsen dan konsumen, dengan cara mempromosikan produknya tanpa perlu memiliki barang tersebut. Dan yang membedakan jenis usaha ini dengan yang sebelumnya adalah seorang dropshipper tidak memiliki wewenang untuk menentukan harga.

Resiko kerugian pada jenis usaha ini sangatlah minim, bahkan terkadang tidak ada. Hal ini dikarenakan kamu tidak perlu mengeluarkan modal, dan juga menyetok barang terlebih dahulu. Kamu juga tidak perlu dipusingkan dengan kegiatan pengelolaan barang, karena proses ini dilakukan oleh pihak produsen. Sehingga permasalahan yang biasa timbul pada saat proses pengelolaan barang dapat diminimalisasi. Namun terdapat juga kekurangan dari jenis usaha ini yang biasa disebabkan oleh diri sendiri yang kurang berusaha lebih keras untuk memasarkan produknya. Karena kekuatan dari seorang dropshipper adalah keahlian dalam hal pemasaran. Mengingat  dropshipper itu tidak memiliki barang ditangannya. Maka dibutuhkan strategi promosi yang berbeda dan unik dibandingkan orang yang memiliki barang secara langsung.

Tips bisnis menjadi seorang dropshipper yang sukses adalah dengan mencari produsen atau supplier dengan harga yang murah dan juga melayani order dropship. Kamu juga harus pandai mencari produsen yang memiliki informasi yang lengkap dan menarik seputar produk mereka, karena hal ini dapat mempermudah kamu dalam melakukan kegiatan promosi. Hal utama yang paling mempengaruhi kesuksesan seorang dropshipper adalah menjadi seorang yang rajin dan kreatif dalam memasarkan produknya.

Mana Yang Cocok Dicoba Oleh Pemula?

Diantara kedua jenis usaha diatas, masing-masing diantaranya memiliki kelebihan masing-masing. Menjadi seorang dropshipper kamu akan diuntungkan dari segi modal awal yang minim, kemudahan dalam masalah operasional, dan juga lebih minim akan resiko. Sementara keuntungan menjadi seorang reseller adalah kamu dapat berkreasi sebaik mungkin dalam memasarkan produk dan juga mendapatkan keuntungan yang lebih karena bisa menentukan harga jual sendiri. Lalu manakah yang paling cocok untuk para pemula? Jawabannya adalah dengan melihat persiapan awalnya

Bagi kamu yang langkah awalnya dibatasi oleh modal yang minim, menjadi seorang dropshipper adalah hal yang paling direkomendasikan. Hal ini karena kamu tetap bisa berkolaborasi bisnis dengan produsen, tanpa harus memikirkan modal awalnya. Sedangkan untuk kamu yang memiliki modal cukup, menjadi seorang reseller lebih direkomendasikan, karena dari segi keuntungannya pun akan lebih besar.

Terlepas dari kelebihan antara kedua jenis usaha tersebut, mereka sama-sama direkomendasikan untuk kamu yang ingin memulai bisnis. Keduanya memiliki sistem yang fleksibel dan resiko yang relatif minim, sehingga kamu tidak perlu takut untuk mulai berbisnis. Salah satu tips bisnis bagi pemula yang wajib dilakukan adalah dengan berlangganan aplikasi pengelolaan bisnisseperti Clodeo. Beragam kemudahan akan kamu rasakan secara GRATIS, sehingga proses berbisnis bagi para pemula akan lebih mudah, tepat, dan efektif. Yuk jangan ragu untuk mulai berbisnis, karena bersama Clodeo dijamin lebih praktis!

Leave a Comment

Your email address will not be published.