1. Home
  2. Perlukah Memanfaatkan Aplikasi Whatsapp Untuk Bisnismu?
Blog image

Menurut kamu, hal apa sih yang paling berperan untuk memajukan sebuah bisnis online? Produk yang dijual? Strategi marketing paling unik? Atau cara menjaga loyalitas pelanggan? Ternyata poin paling akhir juga merupakan salah satu yang memegang peranan penting dalam sebuah bisnis. Pelanggan merupakan “goal” yang ingin kita tuju, dan jika kita bisa menjaga kenyamanan dan keamanan pelanggan maka besar kemungkinan orang tersebut akan menjadi market tetap bisnis online kita. Salah satu hal kecil yang bisa kita lakukan adalah dengan menjalin komunikasi yang baik antara bisnis kita dengan para pelanggan.

Membangun sebuah bisnis secara online memang dibutuhkan treatment komunikasi yang lebih dibanding dengan berbisnis secara offline. Ketika kita tidak berhadapan langsung dengan seorang pelanggan, tentu lebih sulit bagi kita untuk meyakinkan dirinya terkait dengan produk yang kita miliki. Disinilah komunikasi yang baik berperan penting untuk meyakinkan pelanggan mengenai produk kita. Komunikasi menjadi tiang utama dalam membangun bisnis online untuk jangka panjang.

Tujuan Menjaga Komunikasi Dengan Pelanggan

Sebuah komunikasi yang terjalin dengan baik tentu memiliki tujuan, seperti untuk memberikan informasi (informing), persuasi (persuading) atau kerjasama (collaborating). Komunikasi yang baik dengan pelanggan juga akan mendatangkan beberapa manfaat diantaranya:

  1. Mengetahui kebutuhan para pelanggan. Tanpa adanya komunikasi mustahil tentunya bagi kita untuk tahu apa yang diinginkan seseorang. Para pelanggan pun tentunya akan lebih senang jika kebutuhannya didengar dan diwujudkan, bukan? Dari sinilah kita dapat memahami bagaimana karakteristik dan kebutuhan dari target market kita.
  2. Mampu meningkatkan kepercayaan. Loyalitas akan terbentuk jika seseorang telah percaya pada suatu hal. Dengan selalu menjaga komunikasi yang baik, maka semakin besar juga rasa percaya para pelanggan terhadap bisnismu.
  3. Meningkatkan penjualan. Ketika kamu mendapatkan pengalaman menarik berbelanja di sebuah tempat, pasti peluang untuk Kembali bertransaksi sangatlah besar. Inilah buah dari hasil menjaga komunikasi yang baik dengan pelanggan.

Keuntungan Memanfaatkan Aplikasi Whatsapp Bisnis

Membangun sebuah komunikasi jarak jauh saat ini sangat dimudahkan dengan hadirnya beragam platform komunikasi online, salah satunya adalah Whatsapp Bisnis. Pada zaman sekarang, hampir semua orang pasti memiliki aplikasi Whatsapp, yang merupakan peralihan dari komunikasi yang biasanya dilakukan dengan bertukar pesan atau telepon dengan bermodalkan pulsa. Dengan memanfaatkan aplikasi whatsapp bisnis, proses komunikasi jualan kamu akan lebih dipermudah daripada sebelumnya. Hal ini karena Whatsapp bisnis didukung oleh fitur-fitur yang canggih.

Selain untuk menjalin komunikasi dengan para pelanggan, keuntungan lain yang akan didapatkan Ketika menggunakan whatsapp bisnis adalah kamu dapat menampilkan katalog produk online  pada profil yang berguna untuk mempromosikan produk apa saja yang kamu miliki. Dengan memanfaatkan platform ini pula, kamu dapat lebih efisien dalam membangun sebuah bisnis, terutama tentang pelayanan pelanggan. Berikut merupakan fitur-fitur yang membedakan whatsapp biasa dengan whatsapp bisnis yang berguna untuk memajukan bisnismu :

  1. Fitur auto greeting atau pesan otomatis yang dikirimkan kepada pelanggan saat mereka menghubungi tokomu untuk pertama kalinya. Dengan fitur ini, pelanggan akan merasa bahwa pesannya sudah diterima dan mendapatkan respon yang cepat.
  2. Fitur auto reply scheduler yang berguna saat jam kerja toko sudah berakhir namun pelanggan masih mengirim pesan. Sehingga pelanggan tersebut akan mendapatkan balasan bahwa pesannya diterima dan akan direspon keesokan harinya.
  3. Katalog produk yang bisa disimpan di profil, sebagai informasi bagi para pelanggan terkait produk yang kamu miliki.
  4. Fitur broadcast message yang membantu kamu untuk mempromosikan produk dengan mengirimkan siaran pesan ke seluruh pelanggan dalam waktu yang bersamaan/ sekaligus.
  5. Statistik pesan untuk mengetahui jumlah pesan yang terkirim, tersampaikan, dibalas atau sebatas dibaca. Ini bisa menjadi bahan acuan untuk melihat bagaimana kamu berinteraksi dengan para pelanggan.

Aplikasi whatsapp bisnis yang dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur canggih ini sangat sayang jika tidak kamu manfaatkan dengan benar. Setelah mengetahui apa saja keuntungannya, hal yang harus dilakukan adalah memulai untuk menggunakan platform tersebut dan melengkapi profil akunmu. Mulai juga dengan membentuk kemasan produk yang menarik melalui foto dan konten di whatsapp stor. Dan jika dibutuhkan kamu bisa mencari seseorang untuk menjadi admin khusus whatsapp guna mengelolanya dengan baik.

Melihat banyaknya keuntungan dan cukup mudahnya pengoperasian whatsapp bisnis, apakah kamu tertarik untuk mencoba memanfaatkan platform ini?

Leave a Comment

Your email address will not be published.