1. Home
  2. Pentingnya Branding Untuk Bisnis!
Blog image

Sudah lama memulai bisnis, namun penjualan belum juga naik drastis? Mungkin ada yang salah dengan strategi marketing yang kamu lakukan selama ini. Atau malah mungkin kamu belum melakukan branding untuk produk yang kamu miliki? Padahal berbisnis di era digital seperti sekarang, branding merupakan kegiatan pemasaran yang wajib dilakukan oleh setiap pebisnis loh!

Apa Itu Branding?

Kata branding bagi sebagian orang merupakan hal yang tidak asing  didengar. Branding sendiri merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk memperkuat, mengembangkan, dan mempertahankan sebuah brand ditengah banyaknya produk serupa. Kegiatan komunikasi ini akan membuat perspektif baru terhadap produk yang dimiliki dan dapat mempengaruhi orang yang melihatnya. Ini berarti setiap produk yang memiliki strategi branding akan lebih mudah diingat oleh konsumen, karena memiliki perbedaan dengan yang lainnya. Ketika banyak orang yang mengetahui brand kamu maka kesempatan untuk “berjualan” akan semakin luas. Lalu apa saja yang harus kamu persiapkan untuk membangun sebuah branding?

  • Nama Merek / Brand

Berfungsi sebagai identitas utama, pilihlah nama brand yang sesuai dengan produk yang kamu miliki. Usahakan memilih nama yang mudah diingat dan diucapkan oleh orang-orang. Hal ini bertujuan agar banyak orang yang mengetahui keberadaan brand kamu.

  • Tampilan visual

Sebuah brand baiknya memiliki ciri khas visual nya sendiri. Dimulai dari logo, desain produk, tampilan media sosial, dan lain sebagainya. Anggap visual menjadi sarana untuk menginformasikan tentang karakteristik produk yang kamu punya.

  • Kata-kata dan suara

Hal ini merupakan cara bagaimana kamu menyuarakan personality brand yang kamu miliki. Penggunaan slogan, tagline, jingle dan tulisan-tulisan pemasaran juga harus memiliki ciri khas nya tersendiri. Sehingga brand yang kamu punya, akan lebih mudah diingat.

  • Juru Bicara

Meskipun bukan merupakan hal yang utama, penggunaan juru bicara seperti mascot, brand ambassador, atau influencer dapat mempermudah cara branding bisnismu. Tujuannya sendiri adalah untuk meningkatkan pemasaran melalui orang diluar bisnismu.

Ciri Branding Yang Benar

Mengembangkan sebuah brand memang tidak memiliki rumus yang pasti. Hal ini dikarenakan perubahan yang terus terjadi dimulai dari kebutuhan konsumen, trend dan juga produk yang dimiliki. Namun cara branding yang tepat mampu membuat produk kamu semakin dikenal banyak orang. Indikasi dari benar atau tidaknya strategi branding yang kamu lakukan, sebenarnya adalah dengan mencari tahu sejauh mana dampak awareness nya.  Karena ketika brand awareness telah tercipta maka akan mudah bagi kamu untuk menyebarluaskan informasi seputar bisnismu.

Brand awareness sendiri merupakan sejauh mana brand yang kamu miliki dikenal oleh banyak orang. Brand awareness yang telah terbangun diantara para konsumen akan membuat mereka lebih sadar akan keberadaan brand tersebut. Mereka akan terbiasa untuk menyaksikan, mendengar atau membicarakan tentang brand yang kamu punya. Hasil akhirnya tentu terjadinya pembelian produk. Namun strategi branding pun akan berbeda tergantung produk apa yang diperkenalkan. Maka wajib hukumnya untuk kamu memahami produk yang dimiliki, sebelum membangun “ciri” dan menginformasikannya ke khalayak luas.

Tips Memperkenalkan Produk Melalui Branding

Setelah mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan dan juga ciri branding yang benar, langkah selanjutnya adalah terjun langsung melakukan kegiatan pemasaran. Diantara banyaknya cara branding, terdapat 4 langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk memperkenalkan brand yang kamu miliki, diantaranya adalah :

  • Tentukan diferensiasi produk

Agar dapat menonjol dibanding yang lain, tentukan perbedaan dan keunikan dari produkmu. Perlihatkan bahwa kamu memiliki product value yang menarik, berbeda dan juga lebih baik dari pada yang lainnya.

Perhatikan desain branding produk

Hal pertama yang dilihat oleh calon konsumen adalah bagaimana penampilan produk. Penting bagi kamu untuk aware tentang desain dari produk yang dimiliki. Pemilihan palet warna, penggunaan font, bentuk logo, merupakan brand image yang harus selalu dijaga,

  • Build your brand identity   

Layaknya seorang manusia, brand juga harus direpresentasikan ke dalam bentuk yang bisa dlihat dan dirasakan. Mulailah membangun identitas brand sesuai dengan karakter atau tujuan bisnis kamu. Pemanfaatan web, display ads, search engine marketing, dan media sosial merupakan beberapa sarana untuk menginformasikan tentang keunikan brand identity kamu.

  • Tempatkan produk dimana konsumen kamu berada

Lakukan riset pasar sebagai data awal yang akan menjadi pedoman kamu untuk menjualkan produk. Gali juga informasi tentang siapa konsumen kamu, dan seperti apa mereka, Dari hasil riset tersebut, kamu bisa menentukan platform atau sarana mana yang paling bekerja untuk bisnismu.

Membangun sebuah bisnis di era digital seperti sekarang memang bukan perkara yang mudah. Namun terdapat beragam cara mudah untuk mewujudkan itu semua kok. Jadi teruntuk kamu yang ingin memulai bisnis, mulailah untuk peduli akan pentingnya branding bisnis. Sebuah langkah yang akan banyak membantu kamu, untuk memasarkan produk lebih luas lagi. Yuk mulai branding dari sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published.