1. Home
  2. Optimalkan Bisnismu Dengan Aplikasi Pembukuan Online Shop Yang Tepat!
Blog image

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tak jarang banyak yang menemukan kesulitan saat harus mengelola barang yang diperjualbelikan. Banyaknya jenis barang menjadi salah satu penyebab dari timbulnya masalah, yang akhirnya dapat berujung pada berkurangnya kepercayaan konsumen terhadap bisnis kamu. Ditambah dengan proses keluar masuk barang yang terjadi setiap waktu, membuat perubahan data stok barang terjadi sangat cepat. Faktor human error juga sering menjadi penyebab proses pengelolaan stok barang jadi memakan waktu yang lebih lama. Hal-hal ini lah yang menyebabkan mengapa proses pengelolaan dan penghitungan jumlah stok barang, menjadi hal yang sangat krusial.  Untuk itu, penting bagi para seller memilih aplikasi inventory yang tepat pada bisnisnya!

Mengenal Management Inventory

Management inventory merupakan kegiatan pengelolaan stok dan pengontrolan ketersediaan barang atau produk, yang nantinya akan didistribusikan kepada konsumen. Pengelolaan stok yang efisien dan efektif dapat mempermudah proses distribusi dan juga proses pengecekan arus keluar masuk suatu produk. Dalam sebuah sistem pengelolaan stok banyak sekali hal yang harus diperhatikan seperti, membagi produk sesuai dengan kategori, penyesuaian stok di penjualan dan gudang, dan juga laporan performa penjualan suatu produk.

Mengapa Pengelolaan Stok Itu penting?

Stok barang pada bisnis kamu menjadi hal yang sangat penting. Apapun jenis bisnis atau produk yang kamu miliki, wajib hukumnya untuk melakukan pengelolaan stok secara berkala. Karena ketika produk yang dimiliki sudah habis terjual namun kita tidak menyadarinya, otomatis bisnis yang kamu kelola akan terhenti. Tidak berhenti disitu, hal ini juga bisa menyebabkan konsumen mencari produk serupa yang masih tersedia di tempat lain.

Pengelolaan stok yang rapi dapat membantu kamu untuk memahami lebih baik lagi mengenai produk yang dimiliki. Kamu juga dapat dengan mudah memantau barang atau produk seperti apa yang diminati oleh konsumen. Hal ini sekaligus dapat membantu untuk mencari tahu, kebutuhan produk seperti apa yang sesuai dan diinginkan oleh target pasar bisnismu.

Mengelola stok barang berarti juga meminimalisir penyimpangan terhadap produk kamu, baik itu kekurangan ataupun kelebihan. Tidak menutup kemungkinan, kamu akan mengalami kejadian dimana barang yang harusnya dapat terjual, malah tidak diketahui keberadaannya. Maka dengan memiliki data stok yang rapi dan akurat, kamu dapat melakukan pengecekan ulang terkait selisih kas dan juga persediaan barang.

Hal terakhir mengapa pengelolaan stok barang harus dilakukan itu karena, dengan data stok tersebut kamu dapat menganalisis bagaimana perkembangan laju bisnismu. Data tersebut bisa menjadi acuan untuk melakukan inovasi-inovasi menarik kedepannya. Lalu bagaimana sih cara mengelola stok dengan tepat dan mudah?

  1. Lakukan Penghitungan Stok Secara Berkala

Beberapa tahun kebelakang minat belanja konsumen mengalami peningkatan yang drastis. Apalagi semenjak pandemi hadir diantara kita, minat belanja konsumen yang tadinya lebih banyak dilakukan secara offline, kini beralih ke online. Akibat dari perubahaan gaya belanja konsumen ini, arus pengelolaan stok pada banyak bisnis mengalami peningkatan. Terjadinya penyusutan stok dan perbedaan jumlah stok yang signifikan membuat pengelolaan barang harus dilakukan secara berkala dan terus menerus. Kamu dapat melakukan perhitungan stok setiap hari atau di akhir minggu, untuk barang yang lebih cepat terjual. Sementara untuk produk yang jarang terjual, dapat dihitung per bulan.

  • Hindari Mengelola Stok Secara Manual

Mengelola stok barang merupakan kegiatan yang cukup beresiko. Maka tak jarang ditemukan beragam kesalahan faktor dari individu atau biasa disebut human error. Kesalahan biasanya terletak pada perbedaan jumlah persediaan barang, sehingga waktu yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk hal lain, malah terbuang sia-sia. Maka mulailah beralih pada pengelolaan stok secara digital, untuk mengurangi peluang terjadinya hal tersebut pada bisnis kamu.

  • Gunakan Aplikasi Stok Barang

Pengelolaan stok dengan cara ‘tradisional’ ternyata memakan banyak waktu dan juga tenaga. Padahal dalam mengelola sebuah bisnis, fokus kamu tidak hanya ditujukan untuk bagaimana cara pengelolaan produk dilakukan secara tepat. Beruntunglah kamu yang memulai berbisnis di era digital seperti saat ini. Cobalah untuk mengadopsi teknologi untuk membangun bisnis anda. Hadirnya aplikasi inventory dapat membantu kegiatan bisnis kamu menjadi lebih efektif dan juga praktis, sehingga kamu bisa menyelesaikan kebutuhan yang lain. Berikut beberapa manfaat dari penggunaaan aplikasi stok barang untuk bisnismu :

  1. Mempermudah pengelolaan dan dapat meningkatkan produktivitas bisnis
  2. Mampu menekan biaya operasional
  3. Mendeteksi perkembangan produk yang dijual
  4. Menjadi solusi untuk kebutuhan operasional bisnis
  5. Meningkatkan customer experience

Baca Juga : Clodeo.com

Jadi sudahkah kamu melakukan pengelolaan stok yang tepat dan akurat? Namun jika proses tersebut terasa sulit untuk dilakukan, kamu tidak perlu khawatir. Clodeo hadir untuk membantu para pegiat bisnis untuk menangani segala kebutuhannya. Dengan menggunakan aplikasi stok barang secara digital, kamu dapat dengan mudah mengelola produk agar lebih rapi, terstruktur, dan akurat. Tak hanya itu, Clodeo juga memiliki segudang kemudahan untuk membantu bisnismu, seperti aplikasi pembukuan online shop guna membuat segala bentuk aktivitas jualan kamu terdata dengan sistematis.

Hanya lewat satu aplikasi segala kebutuhan penjualan, hingga pengiriman suatu produk dapat terselesaikan dengan cepat.  Gak perlu ribet kelola barang, mencatat orderan yang masuk, atau bahkan mengirimkan paketmu ke berbagai wilayah di Indonesia. Kemudahan lain adalah tersedianya fitur COD yang bikin bisnis makin kekinian. Yuk, awali tahun yang baru dengan resolusi untuk buat bisnis menjadi lebih luas. Jangan takut untuk memulai, karena pindah ke Clodeo pasti jadi lebih mudah!

Leave a Comment

Your email address will not be published.