1. Home
  2. Mau Coba Paylater? Berikut Tipsnya Biar Nggak Salah Langkah!
Blog image

Minat berbelanja masyarakat Indonesia akhir-akhir ini meningkat pesat. Apalagi semenjak pandemi hadir di tengah-tengah kita, pola berbelanja para pelanggan yang tadinya dilakukan secara langsung (offline) berubah jadi dilakukan secara daring (online). Berbelanja secara online dirasa lebih menguntungkan dari banyak sisi, diantaranya kemudahan dalam mengakses produk tanpa harus pergi ke tempat secara langsung, dan terdapat banyak pilihan pembayaran yang bisa mencakup seluruh pelanggan tanpa terkecuali. Diantara banyaknya pilihan pembayaran, salah satu yang paling digemari adalah fitur paylater.

Secara harfiah paylater berarti membayar nanti. Maka secara garis besar paylater dapat diartikan sebagai metode pembayaran yang memfasilitasi seseorang untuk melakukan angsuran tanpa menggunakan kartu kredit. Metode pembayaran paylater ini memudahkan orang-orang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Pihak yang bersangkutan akan menalangi pembayaran terlebih dahulu produk yang kamu pesan, kemudian kamu akan membayar tagihan tersebut sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan. Saat ini sudah banyak sekali bertebaran fitur pembayaran paylater di berbagai e-commerce, marketplace, transportasi online dan masih banyak yang lainnya.

Metode pembayaran paylater dianggap memudahkan banyak orang. Mereka bisa mendapatkan barang yang diinginkan meskipun keadaan keuangan mereka sedang tidak memungkinkan. Cara pembayarannya pun bisa menyesuaikan dengan kemampuan penggunanya. Mulai dari batas pembayaran satu bulan, tiga bulan, enam bulan hingga satu tahun lamanya. Limit yang ditentukan oleh pemilik usaha pun beragam, biasanya semakin seseorang menggunakan metode pembayaran paylater tanpa kendala, semakin besar pula limit yang diberikan.

Keuntungan Menggunakan Paylater

Salah satu hal yang membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan paylater adalah mereka dapat mencicil pembayaran atau secara kredit. Kebanyakan orang kesulitan untuk membuka akun kredit melalui bank, sementara metode pembayaran paylater bisa diakses melalui handphone dengan cara dan syarat yang mudah. Proses pendaftaran dan pengajuan hanya perlu mengikuti ketentuan masing-masing penyedia jasa paylater. Proses pembayarannya pun lebih mudah, cepat dan praktis, sehingga bagi kamu yang memiliki kebutuhan mendesak, bisa dengan mudah memanfaatkan layanan ini. Lalu, faktor lain yang membuat paylater sangat digandrungi adalah tenggat waktu atau tenor yang fleksibel sesuai dengan kemampuan pengguna dan beberapa layanan menawarkan pembayaran tanpa bunga. Selain itu para penyedia layanan pembayaran ini banyak memberikan promo, diskon atau cashback yang hanya bisa digunakan oleh metode pembayaran paylater. Sangat menarik bukan?

Kelemahan Layanan Paylater

Walaupun banyak keuntungan yang didapatakan, paylater tidak sepenuhnya menguntungkan kamu sebagai pengguna. Kemudahan yang ditawarkan metode pembayaran ini banyak membuat orang menjadi lebih konsumtif. Bunga yang cukup rendah, promo-promo menarik ditambah dengan pembayaran yang bisa dilakukan dengan cara diangsur, membuat banyak orang kehilangan kendali saat berbelanja online. Dan akhirnya anda akan berbelanja secara impulsive tanpa berpikir rasional. Transaksi penggunaan yang dilakukan secara kredit tanpa sadar membuat hutangmu semakin menumpuk. Kelemahan lainnya dari layanan ini adalah potensi penyalahgunaan data. Jika dibandingkan dengan layanan kredit yang dimiliki oleh bank resmi, tingkat keaman paylater masih cukup rendah. Sehingga penting bagi kamu untuk memilih layanan paylater yang telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Bagaimana Memanfaatkan Paylater dengan Benar?

Melihat terdapat beberapa kelemahan dari metode pembayaran ini tentu dibutuhkan cara-cara agar transaksi dengan menggunakan paylater tetap aman. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, kamu harus mengikuti  hal-hal berikut ini:

  1. Bijak dalam melakukan pembelian. Meskipun kesempatan untuk membeli banyak hal menjadi lebih mudah, kamu harus tetap memprioritaskan kebutuhan utama dan tidak mudah tergiur barang-barang lain yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Ini akan membuat kamu tetap memanfaatkan paylater sesuai dengan fungsinya.
  2. Jangan lewatkan tenggat waktu pembayaran. Menggunakan paylater dengan aman berarti juga taat pada aturan. Ketika pembayaran selalu dilakukan tepat waktu, kamu jadi tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk membayar denda atau bunga nya. Sehingga pengeluaran akan tetap sesuai dengan rencana awal.
  3. Bandingkan tiap layanan paylater.  Penyedia layanan paylater yang saat ini bertebaran membuat kamu harus pintar-pintar memilih, layanan mana yang paling mengutungkan. Sesuaikan kelebihan masing-masing layanan dengan kemampuanmu. Sebelum memilih kamu harus menentukan seberapa sering kamu akan menggunakan layanan ini, atau barang-barang apa saja yang akan kamu beli untuk menjadi acuan pemilihan layanan paylater yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Metode pembayaran paylater dibuat dengan tujuan memudahkan para penggunanya. Namun terkadang kemudahan inilah yang menjebak mereka dan membuat keuangan semakin rumit. Kamu harus pintar memilah mana kebutuhan atau keinginan, sehingga layanan ini tidak berbalik merugikan dirimu sendiri. Yuk bijak dalam menggunakan paylater, agar tetap bisa memanfaatkan beragam kelebihan dari metode pembayaran ini! 

Leave a Comment

Your email address will not be published.