1. Home
  2. Bagaimana Cara Mengelola Order Yang Tepat? Perlukah Memberi Diskon?
Blog image

Siapa yang tidak tergiur untuk membeli sebuah produk, jika barang tersebut dilabeli oleh tanda diskon. Meskipun sebenarnya barang tersebut bukan merupakan kebutuhan utama, namun mereka pasti tidak akan melewatkan kesempatan yang ada. Banyak orang merasa sayang, ketika barang yang sedang diskon tidak mereka beli. Hal ini menyebabkan penggunaan metode diskon pada penjualan suatu produk, menjadi salah satu trik yang patut dicoba. Karena semua jenis sektor usaha pasti melakukan metode ini, guna meningkatkan laju penjualan mereka. Lalu bagaimana sih sebenarnya diskon bekerja untuk meningkatkan bisnismu?

Manfaat Strategi Diskon Bagi Penjualan

Diskon menjadi salah satu program promosi terbaik yang bisa diterapkan untuk bisnismu. Diskon berarti potongan atau penurunan harga yang diberikan oleh penjual untuk konsumennya.  Strategi ini dinilai mampu mendorong penjualan suatu produk, dengan cara membangkitkan emosional calon konsumen ketika melihatnya. Konsumen akan merasa lebih diuntungkan, karena mereka dapat membeli produk tersebut dengan lebih hemat. Padahal sebenarnya bisnis kamu lah yang diuntungkan dengan penerapan strategi diskon ini. Manfaat yang dapat dirasakan, diantaranya :

  1. Meningkatkan penjualan melalui promo yang menarik sehingga banyak orang yang tertarik untuk membeli barang tersebut atau bahkan barang lain yang memiliki harga normal.
  2. Mempercepat proses keluar barang terutama yang sudah tersimpan lama dan digantikan dengan produk baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan terkini konsumen.
  3. Diskon juga dapat meningkatkan loyalitas konsumen lama, dan menambah peluang mendatangkan konsumen baru.

Diskon Mana Yang Dapat Menarik Banyak Konsumen?

Apapun jenis bisnis usaha yang kamu jalani, diskon harus menjadi salah satu bagian dari strategi marketing yang wajib dicoba. Entah penjualan melalui offline maupun online, strategi diskon masih dapat diterapkan. Namun membangun bisnis di era digital berarti, kamu harus siap berperang dengan ribuan kompetitor diluar sana. Strategi diskon yang tepat dapat membantu online shop yang kamu miliki, selangkah lebih maju dibandingkan dengan yang lain. Apalagi semenjak maraknya aplikasi toko online, yang membuat minat beli masyarakat berpuluh-puluh kali meningkat dibanding biasanya.

Kelebihan dari penerapan strategi diskon pada online shop terbukti 2x lebih efektif daripada pembelian secara langsung. Pola konsumsi konsumen yang kini berubah membuat belanja online lebih diminati. Para konsumen bisa mendapatkan potongan untuk barang yang mereka inginkan, juga tidak perlu beranjak pergi keluar rumah. Sungguh kombinasi yang menguntungkan bukan?

Lalu bagaimana sih strategi penggunaan diskon yang tepat dan dapat menarik banyak konsumen untuk membeli produk kita?

  1. Diskon persentase

Jika Cloudy melihat sebuah produk dengan potongan sebesar 50%, tidak mungkin akan dilewatkan begitu saja bukan. Biasanya diskon ini diterapkan untuk barang-barang yang sudah terlalu lama ada di gudang, atau sekedar menarik perhatian calon konsumen.

  • Diskon harga coret

Cukup tampilkan 2 harga dimana yang satu merupakan harga barang yang di diskon, dan yang satunya harga normal yang dicoret. Strategi ini dapat membuat konsumen merasa diuntungkan, karena membeli barang dengan harga yang lebih hemat dibanding harga normal.

  • Diskon BOGO (Buy One Get One)

Penggunaan kata gratis saat membeli sebuah barang ternyata mendorong lebih banyak calon konsumen berdatangan. Padahal perhitungannya sama dengan strategi diskon persentase 50%.

  • Gratis Ongkos Kirim

Strategi diskon yang satu ini cukup berpengaruh dalam menarik konsumen. Karena tak jarang konsumen akan membatalkan niat untuk membeli barang, hanya karena dikenakan biaya ongkos kirim.

Kalau Sering Diskon, Lama-lama Rugi Dong?

Bagi seorang pemula, strategi diskon mungkin menjadi salah satu cara yang banyak dipertimbangkan. Mereka merasa takut rugi jika memberi potongan, untuk barang yang bahkan belum pernah terjual. Namun itu merupakan hal yang wajar. Dalam menentukan strategi diskon, diperlukan pemahaman yang akurat, untuk dapat meminimalisir kerugian. Lakukan perencanaan yang matang seperti dengan melakukan identifikasi margin keuntungan, break even point, dan markup harga terlebih dahulu, sebelum menentukan strategi diskon mana yang akan digunakan. Berikut tips yang dapat kamu gunakan agar terhindar dari kerugian, diantaranya :

  1. Jalankan diskon di moment-moment tertentu

Kamu tidak perlu memberi diskon setiap hari. Justru manfaatkan waktu-waktu tertentu yang biasanya terjadi peningkatan penjualan dibanding biasanya. Hari-hari nasional, tanggal-tanggal kembar, atau bahkan hari besar pada bisnis anda bisa menjadi moment terbaik untuk melakukan strategi diskon ini.

  • Tingkatkan penjualan produk baru dengan diskon

Produk baru ditujukan bukan hanya untuk menambah value dari bisnis yang kamu jalankan, namun juga untuk meningkatkan penjualan. Namun dalam membangun sebuah produk baru dibutuhkan strategi yang fresh sehingga bisa dikenal dengan mudah. Gunakan strategi diskon dengan perhitungan yang tepat, sebagai sarana promosi produk barumu.

  • Terapkan syarat dan ketentuan tertentu untuk bisa mendapatkan diskon

Buatlah syarat-syarat yang dapat menguntungkan bisnismu selain untuk urusan penjualan. Seperti yang banyak dilakukan oleh online shop lain, kamu bisa membuat syarat untuk mengikuti akun tersebut, untuk mendapatkan voucher diskon. Peluang bagi konsumen untuk melakukan repurchase pada akun jualanmu jadi lebih besar!

Melakukan strategi diskon untuk meningkatkan penjualan, bukan selalu berarti hal yang buruk kok Cloudy. Pemilihan jenis diskon yang sesuai, pasti dapat mendatangkan keuntungan lainnya. Kalau ingin coba menerapkan strategi yang satu ini pada bisnis kamu, percayakan saja pada ahlinya. Dengan fitur Clodeo Cart, kamu tidak perlu lagi mengelola order secara manual, ditambah bisa membuat dan setting kupon diskon sesukamu. Fitur pembayaran COD juga kami sediakan, untuk memberikan pengalaman terbaik konsumen bisnismu!

Yuk mulai beralih ke yang lebih mudah bersama Clodeo. Membangun bisnis bersama dengan aplikasi toko online dimulai dari mengatur orderan, mengelola akuntansi online shop, hingga mengirim barang selamat sampai tujuan. Kami tunggu kamu ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.