1. Home
  2. Pentingnya Menyusun Laporan Keuangan, Agar Bisnis Tetap Aman!
Blog image

Hal apa saja sih yang menurut kamu menjadi faktor sulitnya membangun sebuah bisnis? Menentukan strategi marketing? Atau mengelola keuangan pada bisnis tersebut? Memiliki bisnis berarti kamu harus siap untuk mempelajari banyak hal, terutama tentang akuntansi keuangan. Terjadinya proses keluar masuk uang dengan intensitas yang sering, membuat laporan keuangan menjadi hal yang paling penting untuk dilakukan. Laporan keuangan pada bisnis kamu, akan menjadi tolak ukur sejauh mana bisnismu berkembang.

Laporan keuangan bisa dinilai baik jika data tersebut bisa dipercaya kebenarannya, dan juga mencakup segala informasi tentang arus keluar masuknya uang atau yang biasa disebut cash flow. Hal ini disebabkan karena laporan keuangan merupakan ujung tombak dari segala informasi bisnis. Semua kegiatan bisnis kamu akan dipengaruhi oleh bagaimana laporan keuangan bekerja. Ketika laporan keuangan menunjukkan hasil yang positif maka kamu bisa focus untuk mengembangkan bisnis lebih luas. Namun jika sebaliknya, maka perlu evaluasi guna mencari altternatif strategi lain. Lalu seperti apa ciri dari laporan keuangan yang baik dan benar?

  1. Berisikan informasi yang penting, laporan keuangan harus relevan dengan tujuan bisnismu. Informasi yang akurat tentang kondisi keuangan dan bisa dipahami oleh setiap orang yang membutuhkan informasi tersebut.
  2. Laporan keuangan harus diselesaikan dengan tepat waktu guna memenuhi kebutuhan informasi. Ketika tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, akan berdampak pada informasi didalamnya, karena bisa saja data nya telah berubah.
  3. Susun laporan keuangan secara netral dengan tidak memihak siapapun. Tidak boleh terjadi rekayasa data pada laporan keuangan, karena kesalahan perhitungan akan mempengaruhi keputusan apa yang akan kamu ambil.

Pentingnya Menyusun Laporan Keuangan

Diantara banyaknya faktor yang harus diperhatikan ketika membangun sebuah bisnis, laporan keuangan sebenarnya merupakan hal yang pasti dilakukan. Namun masih banyak yang menganggap sepele hal ini, sehingga di tengah jalan menimbulkan berbagai permasalahan. Padahal melalui laporan akuntansi keuangan, kamu akan mendapatkan kemudahan dalam mengatur manajemen bisnis. Akuntansi bisnis yang baik berguna untuk mengendalikan kegiatan atau pengeluaran, sehingga dapat membantu bisnis kamu untuk mencapai target yang diinginkan.

Laporan keuangan juga bisa menjadi parameter bagaimana bisnis kamu berjalan. Dilihat dari bagaimana aktivitas cash flow yang terjadi, kamu bisa menilai bagaimana kondisi bisnis kamu. Laporan ini juga akan memotivasi kamu untuk mengembangkan dan mencari lagi bagaimana strategi penjualan yang bekerja pada bisnismu. Artinya dengan memiliki laporan keuangan yang baik, maka proses membangun bisnis akan menjadi lebih mudah.    

Tips Menyusun Laporan Akuntansi Keuangan Yang Benar

Bukan hanya pebisnis pemula yang masih kesulitan dalam mengelola laporan keuangan. Hal ini wajar dirasakan oleh setiap pebisnis, terlepas sudah berapa lama ia terjun ke dunia tersebut. Hal ini dikarenakan dibutuhkan ilmu dan kemampuan yang cukup untuk menyusun laporan akuntansi yang sesuai. Apalagi banyak pebisnis yang sebenarnya tidak memiliki kemampuan di bidang itu, sehingga semakin sulit bagi mereka untuk membuat laporan keuangan tersebut. Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk keluar dari masalah tersebut:

  1. Bagi pebisnis pemula, kamu harus pisahkan uang bisnis dan juga pribadi. Hindari sekecil apapun pengeluaran bisnis yang menggunakan uang pribadi, sehingga tidak terjadi kesalahan perhitungan. Dengan memisahkan kedua uang tersebut, kamu juga dapat melihat bagaimana margin yang didapat apakah sudah sesuai dengan target atau belum.
  2. Simpan dan data dengan rapi setiap dokumen-dokumen penting. Pengeluaran yang sering terjadi untuk memenuhi kebutuhan bisnis harus tercatat dengan jelas. Kumpulkan bukti nota, invoice dan dokumen penting lain sebagai bukti kemana uang bisnismu keluar.
  3. Lakukan pencatatan untuk kebutuhan bisnis seperti, pencatatan kas yang berisikan transaksi keluar masuk uang, dan juga kondisi keuangan terkini. Pencatatan hutang dan piutang, yang mungkin terjadi pada bisnis kalian. Dan juga pencatatan stok barang, yang mana hal tersebut merupakan sumber dari pemasukan bisnis kamu.  

Setelah melihat begitu panjang dan rumitnya pengelolaan laporan keuangan pada sebuah bisnis, maka pastikan untuk mencari apa strategi terbaik yang bisa mempermudah semuanya. Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena di zaman sekarang, sudah banyak aplikasi yang memudahkan pencatatan keuangan, salah satunya Clodeo. Aplikasi pengelolaan bisnis online terlengkap dengan beragam fitur yang dapat diakses melalui satu aplikasi saja. Mulai dari pengelolaan stok barang, fitur akuntansi bisnis yang komplet, hingga data laporan keuangan bisnis kalian. Gak perlu lagi ribet urus sana sini, karena dengan berlangganan Clodeo, kelola bisnis bisa jadi lebih praktis!

Leave a Comment

Your email address will not be published.