1. Home
  2. Memulai Bisnis Lebih Mudah Dengan Melakukan Serangkaian Tips Bisnis Ini!
Blog image

Berapa banyak dari teman Clodeo yang ingin sekali menjadi seorang entrepreneur? Untuk menjadi seorang pebisnis tidak hanya membutuhkan teori bisnis, namun juga mental yang kuat dan yakin bahwa apa yang akan dilakukan nantiya akan berjalan baik. Salah satu yang perlu kamu lakukan adalah dengan melakukan riset pasar, agar bisnis semakin matang.

Membangun bisnis bukan perkara yang mudah. Diantara banyaknya tips bisnis diluar sana, sebenarnya terdapat beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk membangun sebuah bisnis dari nol.

Bisnis tanpa memiliki langkah-langkah yang benar, berpotensi besar untuk mengalami kegagalan. Beragamnya tips bisnis juga menjadikan kamu harus memilih dengan benar, langkah mana yang sesuai dengan tujuanmu membangun bisnis tersebut. Proses trial and error merupakan sesuatu yang pasti kamu lalui. Karena membangun bisnis dari nol membutuhkan banyak percobaan, sebelum menentukan bahwa jalan “inilah” yang paling bekerja. Clodeo punya beberapa tips bisnis untuk kamu para pebisnis muda, diantaranya adalah:

  1. Tanamkan Passion Yang Kuat

Membangun sebuah bisnis itu tidak mudah. Banyak sekali tanjakan dan turunan yang menanti kamu kedepannya. Maka saat inilah passion berperan besar untuk menguatkan dirimu untuk terus berjuang mengembangkan sebuah bisnis. Ketika kamu telah memiliki keyakinan, dan passion yang kuat, maka hambatan tidak akan membuatmu berhenti, sebaliknya ia akan memotivasi dirimu untuk bangkit dan bergerak maju kedepan.

  • Lakukan Riset Pasar

Ketahui seperti apa medan yang akan kamu jalani, dapat membantu proses membangun sebuah bisnis menjadi lebih mudah. Pelajari segala hal yang berhubungan dengan produk, target pasar, dan bagaimana performa produk serupa di pasaran. Dengan memiliki data ini, kamu dapat menentukan langkah seperti apa yang berhasil, terutama jika kamu memulai bisnis tanpa modal. Dimana dibutuhkan data-data terkait yang dapat membantu kamu untuk membuat sebuah keputusan yang tepat.

  • Pelajari Strategi Bisnis

Salah satu tips bisnis yang sangat penting untuk dilakukan adalah dengan menentukan strategi apa yang akan digunakan. Berbekal data dari hasil riset pasar, kamu akan mengetahui jalan mana yang paling sesuai dengan tujuanmu membangun sebuah bisnis. Fokus untuk menggunakan strategi digital terbukti dapat membawa bisnis mu lebih berkembang. Hal ini dikarenakan era yang sudah berganti menjadi serba digital, sehingga produkmu harus terus menyesuaikan perkembangan zaman. Dengan menggunakan strategi yang baik, dapat dipastikan bisnis yang kamu kelola akan dapat terus bertahan, tak peduli bagaimana keadaan yang sedang menimpa.

  • Membuat Rencana Bisnis

Membangun bisnis tidak boleh sembarangan, karena dapat memengaruhi banyak hal terutama modal. Buat rencana bisnis yang terperinci dan sistematis, dimulai dari penentuan visi misi, strategi branding, pengelolaan produk, hingga pengelolaan keuangan. Seseorang yang membangun bisnisnya dengan terencana dapat memperkecil kemungkinan mengalami kebingungan akan langkah mana yang akan diambil ketika dihadapkan pada suatu kondisi. Hal ini karena ia sudah memiliki rencana yang jelas, sehingga tinggal direalisasikan saja. Selain itu membuat sebuah rencana bisnis atau business plan ini dapat membantu kamu juga untuk memulai bisnis dari nol dengan mengajukan pinjaman usaha.

  • Menentukan Produk Yang Akan Dijual

Terdapat banyak sekali jenis produk yang saat ini berkembang di pasaran. Produknya pun bisa berbentuk produk ataupun jasa. Tentukan tema produk apa yang ingin bisnismu dagangkan, apakah FnB, fashion, atau kebutuhan rumah tangga. Apapun produknya yang penting adalah produk yang kamu tawarkan memiliki kualitas yang baik, sehingga pelanggan akan melakukan pembelian kembali karena sudah mengetahui performa dari produkmu.

  • Menyiapkan Modal

Inilah salah satu tips bisnis yang tidak mudah untuk dilakukan. Banyak sekali orang yang ingin memulai bisnis, tapi bingung mendapatkan modal dari mana. Namun ternyata ada bisnis tanpa modal yang bisa dicoba untuk mengawali kegiatan berbisnis bagi pemula. Hal itu diantaranya adalah dengan menjadi seorang reseller atau dropshiper. Namun jika kamu benar-benar ingin membangun sebuah bisnis sendiri, kamu dapat melakukan kolaborasi bisnis guna meringankan modal awal. Kamu juga dapat melakukan pinjaman usaha ke berbagai tempat yang terjamin keamanannya, untuk memulai bisnis barumu.

  • Pengelolaan Bisnis Yang Baik

Bisnis pada masa-masa awal cenderung menyenangkan. Banyaknya orderan yang masuk, lancarnya proses penjualan membuat kita semakin bersemangat untuk mengembangkan kesempatan ini. Pada saat inilah kamu harus aware terhadap pengelolaan bisnismu. Jangan biarkan dirimu terlena akan kemudahan yang sedang terjadi. Pengelolaan bisnis yang baik berarti memiliki pengelolaan barang, arus kas, pengiriman yang semuanya bernilai positif. Kamu juga dapat memanfaatkan aplikasi one stop solution bagi bisnis seperti Clodeo, untuk lebih mempermudah lagi pengelolaan bisnismu.

  • Melakukan Evaluasi

Terakhir, jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi terhadap bisnismu. Dengan sering melakukan evaluasi, kamu akan mengetahui apa saja permasalahan yang terjadi dalam bisnismu. Sehingga kamu dapat memperbaikinya sebelum terlambat.

Nah itulah serangkaian tips bisnis untuk kamu, yang wajib dilakukan agar dapat mempermudah segala proses persiapannya. Meskipun memulai merupakan sebuah kegiatan yang sulit, namun dengan keyakinan yang penuh dan juga dengan melakukan tips-tips diatas, tidak menutup kemungkinan bisnis modal nol kamu akan menjadi suatu bisnis yang sukses dan dicintai para pelanggan. Yang kamu butuhkan hanyalah terus berpikir positif dan berjuang memperoleh kesuksesan tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.