1. Home
  2. Ide Bisnis di Bulan Ramadan Untuk Nambah Cuan!
Blog image

Bulan suci akhirnya kembali datang menyapa kita. Bulan Ramadan sendiri merupakan bulan yang spesial, terutama bagi masyarakat di Indonesia. Hal ini karean pada bulan inilah terdapat berbagai kegiatan atau momen-momen yang hanya terjadi satu tahun sekali. Sebut saja kegiatan ngabuburit yang berarti kegiatan yang dilakukan untuk menunggu azan magrib. Kegiatannya sendiri dapat berupa jalan-jalan, bermain, mendatangi tempat-tempat kuliner untuk berburu takjil, dan lain-lain. Pada saat ini pula, dijadikan momen bagi banyak orang untuk berjualan. Terbukti dari banyaknya usaha-usaha baru yang buka pada bulan Ramadan.

Perilaku konsumen di bulan Ramadan juga sangat meningkat dibandingkan bulan biasanya. Hal ini karena pada bulan Ramadan, banyak sekali hal-hal yang harus dipersiapkan, mulai dari pakaian, perlengkapan beribadah, bahan makanan, hingga hadiah untuk lebaran nanti. Peningkatan omzet dan laba pada bulan ini menjadi angin segar bagi para pebisnis baru untuk memulai usahanya. Mereka memanfaatkan situasi dimana masyarakat sedang sangat konsumtif akan banyak hal. Dan berikut merupakan ide-ide bisnis yang bisa kamu coba di bulan Ramadan ini

  1. Berjualan makanan dan minuman

Bulan Ramadan erat kaitannya dengan makanan dan minuman. Setiap orang akan mencari menu berbuka yang enak dan juga beragam. Pilihan berjualan menu berbuka pun sangat banyak, dimulai dari cemilan hingga ke makanan berat. Kamu juga bisa memanfaatkan tempat sendiri, pasar makanan dadakan, atau berjualan via online. Kecendrungan belanja makanan dan minuman pada bulan ini sangatlah tinggi, sehingga salah satu peluang bisnis yang menjanjikan adalah dengan memulai usaha di bidang kuliner.

  • Berjualan perlengkapan ibadah

Pada bulan ini setiap orang akan berlomba untuk beribadah semaksimal mungkin. Tak jarang banyak diantara mereka yang membeli perlengkapan baru, untuk menunjang kegiatan beribadah. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk kamu yang ingin memulai bisnis di bulan Ramadan.

  • Berjualan fashion muslim

Momen lebaran merupakan puncak dari meriahnya bulan Ramadan. Pada momen ini, banyak orang berburu pakaian baru untuk dikenakan pada saat hari raya lebaran. Inilah waktu terbaik baik kamu yang ingin memulai bisnsi di bidang fashion. Kamu bisa mengeluarkan seri pertama yang mengangkat nuansa muslim namun tetap sesuai dengan tema brand yang kamu punya. Karena pada momen lebaran inilah, semua orang berbondong-bondong untuk membeli busana baru.

  • Membuka jasa pembuatan parsel lebaran

Salah satu ide jualan yang bisa kamu aplikasikan adalah menjual parsel lebaran. Seperti yang kita tahu parsel dan hampers juga banyak sekali diminati oleh segala kalangan. Terutama bagi yang mereka yang tingkat ekonominya tinggi, bertukar hampers lebaran merupakan hal yang lumrah untuk dilakukan. Dan hal ini juga banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar. Jadi kamu bisa memanfaatkan skill pembuatan hampers/parsel lebaran untuk menjadi sebuah ide bisnis yang sangat menguntungkan.

Diantara beberapa rekomendasi ide bisnis yang bisa kamu coba, mohon perhatikan lebih dulu mana yang sekiranya akan kamu tekuni kedepannya. Karena membangun sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah, maka penting bagi kamu untuk merencanakan dengan matang jenis usaha apa yang ingin kamu miliki dan kembangkan. Namun bukan berarti kamu harus takut untuk memulai terjun ke dunia bisnis. Kesulitan dan segala kesibukan yang kamu kerjakan hari ini, kelak akan membuahkan hasil yang setimpal. Manfaatkan waktu terbaik untuk memulai langkah, dan pilih partner kelola bisnis terbaik, Clodeo!

Leave a Comment

Your email address will not be published.