1. Home
  2. Keuntungan Menerapkan Metode COD J&T di Clodeo
Blog image

Dengan bantuan internet, segala kebutuhan atau keinginan bisa dengan mudah didapat. Era perkembangan teknologi informasi yang sedang naik di Indonesia membuat proses penyampaian dan penerimaan informasi menjadi sangat mudah dilakukan. Kegiatan berbasis digital juga mulai ramai digandrungi oleh masyarakat.

Akhirnya, banyak kegiatan yang berpindah platform dari offline menjadi online. Namun, salah satu cara pembayaran masih tetap disambangi oleh beberapa yaitu COD atau cash on delivery. Lho, sama aja dong offline kalau gitu? Kan harus ketemuan? Say no more, sekarang metode COD sudah bisa pakai delivery agent seperti J&T!

Makin hari aktivitas berbisnis secara digital kian menjamur. Memesan barang sekarang tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih untuk keluar rumah dan pergi ke toko. Tidak ada lagi drama kemacetan serta debu yang menerpa dalam perjalanan pergi dan pulang. Pelanggan hanya perlu datang ke toko secara virtual dan menunggu barang sampai ke rumah. Pembayaran pun bisa dilakukan tanpa ribet.

Salah satu metode transaksi yang populer sekarang adalah metode COD atau cash on delivery.

Apa sih Cash on Delivery?

Cash on Delivery atau yang lebih dikenal dengan COD adalah salah satu metode pembayaran di tempat. Pembeli membayar langsung ke penjual ketika barang sudah sampai di tangan. Metode ini umumnya digunakan oleh pebisnis yang lingkupnya tidak terlalu besar atau pemula yang tidak memiliki cukup modal.

Contohnya, bisnis makanan rumahan yang memungkinkan pebisnis mengirim langsung pesanan sendiri. Pelanggan baru akan membayar barang pesanannya saat sudah sampai di alamat tujuan. Hal tersebut tentu memuaskan pelanggan karena pembayaran dilakukan bersamaan dengan datangnya barang. Pelanggan dapat melakukan pengecekan barang secara langsung sebelum membayar.

Metode COD dianggap paling baik

Meskipun transaksi keuangan digital sedang marak, beberapa pelaku bisnis tetap menggunakan metode pembayaran tunai. Hal ini disebabkan COD lebih terjamin sistem keuangannya. Pembayaran ini menjadi nilai plus bagi metode COD. Menilik dari beberapa sumber berita, tidak menutup kemungkinan, lho, akan ada saja kejadian yang membuat pelanggan khawatir.

Misalnya, barang yang tidak kunjung datang padahal sejumlah uang telah ditransfer karena pembayaran harus dilakukan di muka. Untuk itu, COD menjadi pilihan yang tepat bagi kedua belah pihak; baik penjual mau pun pembeli.

Di lain kejadian, mungkin juga barang yang datang tidak sesuai dengan deskripsi. Hal tersebut tentu dapat menjadi faktor yang sangat berpengaruh ke penilaian dan reputasi toko. Penjual bisa dianggap tidak jujur dalam berdagang. Di sisi lain, pembeli merasa tertipu. Dengan metode ini, tingkat kerugian yang dialami penjual dan pembeli dapat diminimalisir.

Pembeli bisa mengecek terlebih dahulu barang pesanannya sebelum dibayarkan. Bahkan, jika barang tidak dikirim atau tidak sampai di tangan pembeli tidak perlu mengeluarkan uang. Metode COD ini membantu penjual mendapatkan penilaian yang baik karena tidak menipu pelanggan dengan menyerahkan barang yang sesuai deskripsi. Kami pernah mengulas soal metode COD sebagai pilihan baik untuk berbisnis di sini, lho.

COD lebih mudah dengan bantuan jasa ekspedisi!

Jika dilihat kembali, umpama yang dibuat menggambarkan penjual melakukan sistem COD itu sendirian. Namun, dalam prakteknya, kamu bisa meminta bantuan jasa ekspedisi untuk mengirimkan barang-barangmu sampai ke tangan pelanggan, lho.

Tidak bisa dipungkiri bahwa COD menjadi salah satu cara jitu bagi toko online yang baru menarik pelanggan. Selain membuat pembeli lebih percaya karena sistem transaksi yang menguntungkan, omset penjualan kamu pun bisa meningkat dengan metode COD!

Clodeo sudah terintergrasi dengan beberapa jasa ekpedisi, salah satunya J&T. Sebagai jasa ekspedisi di Indonesia, J&T sudah dikenal baik oleh masyarakat. J&T memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh jasa ekspedisi lain yaitu pelayanan nonstop. J&T juga menghighlight bahwa akan tetap melayani pelanggan pada hari libur. Wah, hal ini tentu menjadi opsi yang sangat menarik bagi penjual dan pelanggan yang ingin melakukan transaksi di akhir pekan atau di tanggal merah.

Keuntungan menjadi penjual pakai J&T di Clodeo

Jika kamu menggunakan Clodeo, pengiriman barang jauh lebih mudah. Dengan sistem yang terintegrasi antara Clodeo dengan J&T, kamu tidak perlu repot lagi mengurus berkas-berkas pengiriman secara terpisah.

Kamu bisa mengelola orderan dengan cepat dan mudah di Clodeo. Tentu dengan hal ini, kamu juga bisa memantau seluruh aktivitas bisnismu cukup melalui handphone. Clodeo memfasilitasi penggunanya untuk mencatat order, mengelola order bahkan mengirim orderan hanya dengan satu tangan. Urus ini itu jadi makin gampang!

Metode COD J&T di Clodeo juga memudahkan kamu dalam proses pengembalian dana. Setelah uang diterima oleh kurir, pihak J&T dan Clodeo akan melakukan rekonsiliasi data dana COD setiap tiga kali dalam seminggu. Jadi, kamu tidak perlu menunggu lama untuk dapat pengembalian dana. Kurir juga akan menjemput orderan yang siap dikirim, sehingga kamu tidak perlu mengantar barangmu ke kantor agen terdekat.

Oh iya, pengiriman dengan metode COD J&T juga tidak miliki syarat jumlah minimal paket atau berat, lho! Tentu hal ini menjadi keuntungan karena kamu tidak perlu menghitung orderan yang bisa jadi terlalu banyak dalam sekali kirim.

Kini metode cash on delivery mulai banyak diterapkan oleh pebisnis online. Selain mudah, aman dari penipuan, COD juga menjadi strategi pemasaran efektif yang bisa meningkatkan angka penjualan. Terlebih, proses COD yang cepat juga membuat pelanggan bisa lebih puas dengan pelayanan yang diberikan. Clodeo memberikan kamu solusi untuk menggunakan kirim barang super aman, mudah dan cepat dengan metode COD J&T!

Yuk, pakai aplikasi toko online Clodeo untuk memudahkan pengelolaan bisnismu! Cuma dengan satu tangan, bisnis bisa beres! Kamu tidak perlu lagi repot ke kantor agen pengiriman atau capek ke sana kemari ketemu pelanggan. Kurir yang jemput, kurir yang antar!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *