logo

Dalam era perkembangan teknologi informasi di Indonesia saat ini, kemudahan penyampaian dan penerimaan informasi dalam bentuk digital sangat diperlukan. Salah satu bentuk teknologi informasi yang sedang tren dikalangan masyarakat yaitu berbelanja online. Jual beli online merupakan jual beli yang diminati oleh sebagian besar masyarakat.

Namun demikian masih banyak masyarakat yang khawatir melakukan penjualan beli online karena maraknya penipuan serta ketidaksesuaian kualitas dan tidak ada tanggung jawab yang pasti dari penjual.

Maka dari itu, di Indonesia banyak yang memakai pembayaran secara tunai melalui layanan Cash On Delivery. Dimana konsumen dapat membayar barang yang dipesan oleh konsumen saat sudah sampai di alamat pengiriman.


Sistem Cash On Delivery mengharuskan pembeli dan penjual bertemu secara langsung di suatu tempat yang menjadi kesepakatan kedua pihak. Namun saat ini semakin banyak transaksi COD dilakukan oleh kurir atau agen khusus yang telah bekerja sama dengan penjual untuk melakukan COD.

Jadi dengan sistem ini pembayaran tidak dilakukan secara transfer. Melainkan secara cash berbeda dengan sistem online yang mengharuskan pembayaran di muka.

Sebagai perbandingan, survey yang dilakukan oleh Ecommerce IQ Asia pada Januari tahun 2018 tentang pembayaran yang digunakan untuk transaksi jual beli secara online di Indonesia. Yaitu sebanyak 45% melakukan pembayaran secara transfer bank/Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Dan yang paling besar adalah membayar secara tunai melalui sistem COD yaitu 52%, lalu pembayaran dengan Credit Card sebanyak 2%.

Dari data tersebut, metode pembayaran Cash on Delivery memiliki keuntungan pembayaran tunai dan tepat waktu. Dan tentu saja memudahkan pelanggan karena pembayaran dilakukan pada saat yang sama dengan penerimaan barang.

Meskipun kesadaran masyarakat diarahkan untuk mengurangi penggunaan uang tunai. Namun banyak di antara mereka yang menilai bahwa pembayaran secara tunai adalah yang paling aman.

Dari data tersebut, metode pembayaran COD memiliki keuntungan pembayaran tunai dan tepat waktu. Dan tentu saja memudahkan pelanggan karena pembayaran dilakukan pada saat yang sama dengan penerimaan barang.

Meskipun kesadaran masyarakat diarahkan untuk mengurangi penggunaan uang tunai. Namun banyak di antara mereka yang menilai bahwa pembayaran secara tunai adalah yang paling aman.

Salah satu keuntungan terbesar dalam menggunakan Clodeo adalah Clodeo menyediakan metode pengiriman dengan sistem Cash On Delivery.

Sejak fitur COD diluncurkan pada awal tahun 2019, sudah lebih dari 17.000 paket Cash on Delivery diantarkan, dan lebih dari 3 Miliar dana pengguna Clodeo yang telah dicairkan.

Seluruh aktivitas COD yang dilakukan di Clodeo sudah terintergrasi dengan sistem. Sehinggan pengelolaan order dan COD dapat dilakukan dalam satu aplikasi dan kurir juga bisa langsung mengkonfirmasi pick up barang.

Pengembalian dana COD yang lebih cepat dari kompetitor yang menawarkan layanan sejenis, kini semakin banyak penjual online yang mempercayakan metode Cash on Delivery sebagai metode pengiriman dan pembayaran untuk online shop nya kepada Clodeo.

Dengan kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan layanan COD bagi konsumen, maka kepuasan dan kepercayaan konsumen terhadap online shop akan meningkat.

Dengan Clodeo, para pelaku online shop maupun e-commerce dapat mengelola aktivitas online shop nya sekaligus memanfaatkan layanan Cash On Delivery sebagai salah satu metode pembayaran untuk konsumennya.

Semakin meningkatnya antusias masyarakat Indonesia dalam berbelanja online. Maka akan semakin besar pula potensi berkembangnya metode COD apalagi jika dilihat dari kemudahan dan kenyamanannya bagi para konsumen.

Diharapkan dari kehadiran Clodeo di tengah-tengah maraknya minat konsumen yang melakukan pembayaran dengan metode Cash on Delivery. Maka kerjasama ini dapat saling menguntungkan baik bagi Clodeo, pihak ekspedisi yang terlibat, pengguna Clodeo juga bagi pelanggan yang melakukan pembelian secara online.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *