logo

Bangsa Indonesia mengenal tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan tiap tahunnya. Mungkin banyak yang belum mengetahui kenapa pada tanggal 10 November tersebut ditetapkan sebagai Hari Pahlawan dan apa latar belakangnya. Tanggal 10 November 2018 bangsa Indonesia merayakan Hari Pahlawan. Momentum perayaan ini tentunya bukan hanya sekedar perayaan, melainkan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa, raga dan hartanya untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Nah, Clodeo, aplikasi online shop, memberikan sekilas gambaran tentang perjuangannya pada bahasan kali ini.

Mohammad Hatta atau biasa disebut Bung Hatta merupakan salah satu pahlawan dan tokoh bangsa yang amat dibanggakan oleh masyarakat Indonesia dari masa ke masa. Bersama dengan Presiden pertama Indonesia, Soekarno; Hatta memiliki andil yang sangat besar dalam membebaskan Indonesia dari pendudukan penjajah. Namun selain dikenal sebagai Bapak Proklamator, Hatta juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Pria yang lahir pada 12 Agustus 1902 di Bukit Tinggi ini juga kerap menulis berbagai karangan dan karya ilmiah dalam bidang ekonomi dan koperasi. Dia juga aktif membimbing gerakan koperasi untuk melaksanakan cita-cita dalam konsepsi ekonominya.

Peran Koperasi untuk Masyrakat

Koperasi menjadi bagian penting untuk menghimpun kekuatan ekonomi dan sosial masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Filosofi dari koperasi sendiri adalah perusahaan yang menerapkan strategi produksi, konsumsi serta distribusi yang efisien, karena pemenuhan kebutuhan ekonomi anggotanya secara bersama-sama dengan sistem gotong royong. Dengan adanya koperasi diharapkan dapat meningkatkan kontribusi ekonomi pada peningkatan produk domestik, menciptakan lapangan kerja baru, mengurangi jumlah pengangguran dan menjaga kestabilan harga yang dapat membantu laju pertumbuhan ekonomi tetap positif.

Koperasi di Dunia Digital

Di era digital seperti sekarang ini, bisnis layanan elektronik atau bisnis online memang sangat gencar sekali dilakukan oleh penjual dan pembeli di Indonesia. Tak terkecuali bagi usaha ritel, seperti koperasi. Saat ini banyak usaha koperasi/UMKM maupun jenis usaha lainnya yang menjajakan produk yang dijualnya secara online, dimana tidak terjadi interaksi secara langsung oleh pembeli dan penjual melainkan hanya dengan menggunakan perangkat komputer ataupun handphone yang tersambung melalui internet. Untuk melakukan transaksi pun para pembeli dapat melakukannya secara elektronik dan praktis.

Koperasi Koperasi Saat Ini

Koperasi/UMKM yang telah memodernisasikan proses transaksinya akan memberikan dampak positif yang signifikan terhadap penjualannya karena bisnisnya memiliki peluang yang lebih besar untuk berkembang yang diakibatkan oleh tidak adanya batas pasar. Semua orang di seluruh penjuru negeri dapat mengakses website penjualan sehingga pasar menjadi sangat besar. Bisnis ini juga akan buka 24 jam dan tidak membatasi waktu. Untuk pasar bisnis online di Indonesia sendiri peluang yang terbuka lebar. Hal ini dikarenakan pengguna internet di Indonesia semakin lama semakin bertambah pesat dan banyaknya jasa ekspedisi dalam negeri yang mendukung pengiriman barang pada pelanggan dengan cepat dan aman.

Referensi:

economy.okezone.com/read/2016/07/12/320/1436181/sosok-bung-hatta-sebagai-bapak-koperasi-indonesia
industri.bisnis.com/read/20180629/87/810979/opini-koperasi-perubahan-dan-modernisasi

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *