logo
Bisnis online kini sedang marak dilakukan di Indonesia baik dari sisi penjual maupun dari sisi pembeli. Bahkan kini telah menjamur aplikasi toko online yang juga dapat sekaligus menjadi aplikasi akuntansi. Bisnis online pun melahirkan banyak pengusaha-pengusaha baru yang sukses. Namun kesuksesan sebuah bisnis tidak hanya dihitung dari berapa banyak barang atau jasa yang terjual.
Tapi pengusaha juga harus memikirkan bagaimana caranya untuk membuat laporan keuangan untuk menggambarkan kinerja keseluruhan dari usaha yang dijalankan, sehingga penting bagi para pebisnis untuk membuat laporan keuangan, salah satunya adalah laporan laba rugi.
Hampir semua perusahaan besar, kecil, maupun online shop harus memiliki laporan laba rugi. Laporan ini merupakan sebuah laporan yang berisi informasi finansial dari usaha yang telah berlangsung dalam satu periode. Laporan laba rugi dibuat dalam periode tertentu, baik itu periode bulanan, per semester, maupun periode tahunan.
Fungsi dari laporan ini untuk mengetahui apakah bisnis rugi atau untung dalam periode tersebut. Jika pengeluaran lebih besar daripada pendapatan, maka bisnis yang anda jalankan dikatakan rugi, tetapi apabila sebaliknya, maka usaha Anda jalankan dalam keadaan untung.
Yuk, simak cara mudah untuk menghitung laba rugi untuk online shop dibawah ini.

Catat Jumlah Pendapatan Dalam Satu Periode

Pencatatan ini berguna untuk mengetahui total dari barang yang terjual dan berapa jumlah transaksi yang terjadi. Semua harus tercatat seakurat dan seteliti mungkin untuk menghindari kesalahan hitung dalam penghitungan laba rugi. Sehingga ketika akhir bulan tiba atau secara mingguan, mudah untuk Anda untuk merekap jumlah barang yang terjual dan berapa banyak transaksi yang terjadi dalam satu periode.

Catat Total Modal yang Telah Dikeluarkan Dalam Satu Periode

Dalam menentukan harga jual yang pantas, Anda harus mengetahui harga pokok, yaitu biaya atau modal untuk mendapatkan barang tersebut dari pemasok. Biaya modal dari pembelian produk dari pemasok juga wajib tercatat dengan baik karena dengan melakukan pencatatan yang baik Anda dapat menghitung laba kotor dengan mudah.

Hitung Laba Kotor

Laba kotor adalah keuntungan penjualan yang didapatkan dari selisih antara pendapatan dengan modal pembelian produk yang telah dijual sebelum dikurangi biaya operasional, gaji, dan lainnya yang berhubungan dengan kegiatan jual beli yang dilakukan perusahaan. Cara menghitung Laba Kotor dalam laporan laba rugi adalah dengan mengurangkan Jumlah Pendapatan dengan Modal, maka akan didapatkan Laba Kotor.

Mengidentifikasi Setiap Biaya yang Dikeluarkan Dalam Satu Periode

Dalam tahapan ini Anda harus mengidentifikasi biaya yang dikeluarkan perusahaan dengan detail, dan menghitung catatan biaya dari tiap alur selama proses usaha berlangsung.
Beberapa jenis biaya yaitu:

-Biaya Tetap (Fixed Cost)

Biaya tetap adalah biaya yang jumlahnya tetap, tidak tergantung pada besar kecilnya kapasitas tertentu. Contohnya biaya gaji karyawan atau biaya sewa tempat.

-Biaya Variabel (Variable Cost)

Biaya variabel adalah biaya yang jumlahnya tidak tetap dan sering berubah-ubah dalam beberapa periode. Contohnya biaya pulsa atau internet dalam keperluan jualan dan pelayanan.

Hitung Laba Bersih

Tahapan berikutnya dalam menghitung laba rugi perusahaan yaitu dengan menghitung laba bersih. Dari tahap ini Anda dapat menyimpulkan apakah usaha yang dilakukan mendapatkan untung atau justru rugi.
Laba Bersih merupakan hasil dari perhitungan Laba Kotor sesudah dikurangi dengan berbagai potongan serta pengurangan lainnya seperti biaya-biaya lain yang perlu dikeluarkan perusahaan.

Contoh Perhitungan Laba Rugi:

Dengan adanya laporan laba rugi Anda bisa menjadikan laporan keuangan tersebut sebagai dasar untuk mengembangkan bisnis online Anda dengan mengambil keputusan dan kebijakan bisnis yang tepat untuk kelancaran bisnis. Namun masalah yang sering muncul dari pengusaha online shop mengenai laporan keuangan adalah bagaimana membuat laporan keuangan untuk bisnis online.
Tentunya ini menjadi pertanyaan yang serius, karena memang sebagian besar pengusaha bisnis online tidak memiliki dasar ilmu mengenai akuntansi. Tapi kini Anda tidak perlu khawatir, karena Clodeo hadir sebagai aplikasi yang dapat membuat laporan laba rugi secara otomatis, pencatatan sesuai dengan transaksi yang telah Anda lakukan pada aplikasi untuk membantu membuat laporan keuangan untuk bisnis online Anda.

Referensi:

  • solusiukm.com/pentingnya-laporan-keuangan-dan-pencatatan-keuangan-untuk-umkm/
  • lifestyle.kompas.com/read/2013/02/11/1718324/Membuat.Pembukuan.Bisnis.Online

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *