logo
Tujuan utama dari suatu bisnis atau usaha adalah mencari keuntungan sebanyak banyaknya. Pada kasus bisnis online, keuntungan yang diperoleh suatu perusahaan didapatkan dengan melakukan penjualan. Semakin banyak orang yang membeli produk yang kita jual maka akan semakin tinggi angka penjualan. Dan berdampak pada peningkatan keuntungan yang diperoleh perusahaan.
Banyak faktor yang dapat mempengaruhi berjalannya suatu bisnis. Diantaranya faktor internal yang terdiri dari tenaga kerja, peralatan, operasional dan lain lain. Sedangkan dari faktor eksternal contohnya seperti keadaan perekonomian, daya beli masyarakat, tren, pemasok dan pesaing. Yuk, simak 3 faktor utama yang bisa menjadi penyebab turunnya angka penjualan pada artikel di bawah ini. Agar Anda bisa mengantisipasi penurunan penjualan pada online shop milik Anda!

Menurunnya Kualitas Produk

Seiring dengan kemajuan jaman yang semakin berkembang, para pelaku bisnis lebih memacu diri dalam menjual produk yang berkualitas dan dipergunakan oleh konsumen. Hal tersebut menyebabkan semakin banyak produk yang dipasarkan haruslah mempunyai banyak keunggulan yang memudahkan konsumen sebagai pemakai produk. Banyak terobosan baru yang dikembangkan oleh produsen yang intinya adalah untuk meningkatkan kualitas produk.
Segala upaya yang dilakukan oleh pihak produsen untuk membuat produk tersebut memacu pihak konsumen untuk melakukan pilihan atau lebih selektif dalam membeli produk. Bila pada awal penjualan produk yang Anda jual laris terjual karena kualitas produk yang masih bagus, tapi jika semakin lama produk Anda sepi pembeli maka Anda harus mengevaluasi kembali kualitas produk yang Anda jual. Beberapa hal dapat menyebabkan kualitas produk menurun seperti barang terlalu lama disimpan digunang atau pemeriksaan kualitas produk yang kurang baik.

Harga yang Terlalu Tinggi

Penyebab kedua dalam menurunnya angka penjualan berkaitan dengan harga jual produk yang bisa saja terlalu tinggi. Untuk mengevaluasi harga jual maka Anda haruslah untuk memeriksa harga pasaran produk sejenisnya. Mungkin saja barang yang dijual harganya terpatok jauh lebih tinggi daripada produk sejenis yang ada di pasaran saat itu. Harga jual sendiri merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi para konsumen dalam keputusannya untuk membeli suatu produk. Para konsumen pasti akan lebih memilih produk dengan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau. Oleh sebab itu, perusahaan harus dapat menentukan harga jual produknya dengan tepat.
Jika harga yang ditentukan terlalu tinggi atau mahal maka konsumen tidak ada yang ingin membeli. Jika harga yang ditentukan terlalu rendah atau murah maka perusahaan tidak akan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualannya. Sebelum menetapkan harga jual suatu produ, Anda harus mengetahui terlebih dahulu faktor-faktor yang menentukan harga jual suatu produk. Untuk mengantisipasi penurunan angka penjualan, cobalah untuk sesuaikan harga produk dengan harga pasaran dan tetapkan harga serasional mungkin karena mark-up harga yang tidak terlalu tinggi dapat terkompensasi dengan jumlah pembelian yang akan meningkat dibanding dengan mematok harga tinggi dengan minim penjualan.

Pengaruh Tren Pasar

Menemukan produk yang tepat untuk dijual hanya satu bagian yang bisa Anda pilih. Namun rahasia sebenarnya adalah mencari tahu bagaimana caranya agar produk yang dijual terus meningkat. Jika Anda mengalami penurunan pada penjualan, coba lihat produk yang dijual oleh kompetitor online shop Anda. Bisa jadi produk yang Anda jual walaupun serupa sudah ketinggalan jaman atau masa tren nya sudah habis. Untuk mengatasinya tentu Anda perlu memantau keinginan pasar, melakukan riset pasar, memperhatikan pergeseran tren dan mengerti selera maupun keinginan konsumen. Teknologi canggih di era sekarang yang membuat produksi dan perputaran barang semakin cepat, membuat semakin cepat pula tren yang berkembang di pasaran.
Jika Anda dapat mengikuti tren yang ada tanpa mengkesampingkan kualitas produk dan pelayanan terhadap pelanggan akan memungkinkan penjualan Anda dapat terbantu untuk terus meningkat. Selain itu Anda bisa mencoba berbagai strategi pemasaran yang ada seperti beriklan di media sosial, memberikan sample produk, memberikan diskon, atau berbagai strategi lainnya.
Untuk peluang pasar bisnis online di Indonesia sendiri sangat menggiurkan. Hal ini dikarenakan pengguna internet di Indonesia semakin lama semakin bertambah pesat dan barang-barang yang dapat dijual secara online semakin beragam macamnya. Ditambah banyaknya pilihan metode pembayaran dan pengiriman yang ditawakan oleh penjual online dapat memudahkan dan mempercepat transaksinya dengan pelanggan.
Bila Anda mengalami penurunan dalam angka penjualan Anda, kuncinya adalah lihat kembali produk yang dijual di toko online Anda, cobalah untuk introspeksi dan melihat kompetitor barang sejenis. Dan mungkin mungkin Anda menemukan bahwa penyebabnya datang dari toko Anda sendiri sebelum menyalahkan keadaan, pasar ataupun kompetitor.

Referensi:

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *