logo

Inilah Kekurangan Mengatur Stock Secara Manual

Stock merupakan aset berharga bagi perusahaan, dan dengan menjaga stock berarti Anda dapat menjaga uang Anda yang ada pada nilai inventory. Pastinya seluruh pemilik usaha dagang menginginkan efisiensi dalam pengelolaan tingkat stock.
Namun, masih banyak pelaku usaha yang melakukan menejemen stock secara manual. Padahal kini dengan adanya perkembangan yang pesat dalam ilmu teknologi, pengaturan stock untuk perusahaan dagang dapat menjadi lebih mudah, cepat, dan rapi. Selain itu, banyaknya fungsi fitur yang ditawarkan dapat membantu menghitung stock secara otomatis pada saat pembukuan transaksi penjualan dan pembelian. Nah, berikut ini adalah kekurangan dari mengatur stock secara manual yang sebaiknya Anda ketahui.

Kurangnya Efisiensi Dalam Pencatatan

Dengan melakukan pengaturan stock secara manual dengan media kertas dan dokumen akan mengurangi efisiensi dari kegiatan pembaharuan stock yang dilakukan dalam periode jangka waktu tertentu. Hal ini dikarenakan semua dilakukan dengan cara konvensional. Jika dokumen hilang atau terdapat kesalahan pencatatan, maka data keseluruhan harus diperbaharui satu persatu. Sehingga memperlambat dan mengganggu kegiatan penjualan maupun pembelian.

Terjadi Kelebihan atau Kekurangan Stock

Memiliki stock yang terlalu sedikit dapat menyebabkan kehabisan persediaan. Maka, pelanggan sulit membeli produk dalam jumlah banyak yang dapat membuat toko online Anda kehilangan penjualan. Di sisi lain, memiliki kelebihan stock dapat mengambil ruang gudang yang berharga dan menghabiskan biaya yang tidak perlu. Baik kekurangan atau kelebihan stock, semuanya akan berdampak tidak baik bagi pendapatan serta biaya yang harus dikeluarkan. Jika mengatur stock secara manual, sulit untuk Anda dalam melacak tingkat persediaan yang rendah serta mengatur pemesanan ulang secara otomatis untuk setiap produk.

Tidak Memiliki Sistem yang Terintegrasi

Dengan mengatur stock secara manual, sulit untuk Anda yang seharusnya mudah memberi tugas untuk setiap staff di online shop Anda sesuai dengan perannya masing-masing. Tanpa adanya sistem yang terintegrasi, staff Anda sulit untuk dapat saling berbagi informasi dengan lancar kepada pelanggan, pemasok (supplier), dan lainnya. Tanpa cara ini, semua orang tidak akan memiliki visibilitas penuh perihal stock barang maupun setiap pesanan pelanggan.

Kemungkinan Terjadinya Overselling

Karena jumlah stock harus terus menerus disesuaikan setiap kali penjualan dilakukan. Maka, akan lebih memakan banyak waktu untuk mensikronisasi jumlah stock barang, terlebih bila Anda menjual produk di berbagai online sales channel yang berbeda-beda. Dengan cara manual, sinkronisasi pada pencatatan tersebut pada semua jalur penjualan seperti toko online, situs, dan lainnya tidak akan terhitung secara otomatis. Sehingga akan muncul kemungkinan terjadinya overselling.

Penyimpanan Dokumen yang Tidak Rapi

Secara manual Anda diharuskan untuk melakukan penyimpanan dalam jangka waktu tertentu dalam map atau binder yang diurutkan berdasarkan bulan. Dengan demikian jika Anda memerlukan data stok untuk saat tertentu, Anda dapat segera menemukannya. Namun, jika hal ini dilakukan terus menerus maka dokumen semakin lama akan semakin banyak dan menumpuk. Sehingga data kemungkinan hilang, tertukar, atau terselip. Hal ini akan berakibat pada staff yang berkepentingan dengan dokumen tersebut. Pekerjaannya akan menjadi terhambat karena data tidak bisa ditemukan, sehingga perlu pencatatan ulang untuk mengembalikan dokumen.
Di era sekarang ini, dimana teknologi sudah menjadi semakin canggih, membuat para online seller dapat melakukan pengelolaan stock barang dengan mudah, cepat dan akurat. Anda kini tidak perlu mengelola stock secara manual dimana perubahan stock dicatat dalam sebuah buku atau catatan dalam dokumen.
Clodeo kini hadir menjadi one-stop solution  untuk segala kebutuhan operasional bisnis online agar penjualan produk Anda semakin meningkat. Dengan Clodeo, pengelolaan stock barang yang berupa penginputan barang masuk dan barang keluar sampai sisa stok barang yang tersedia dapat dilakukan secara otomatis dan akurat.
Daftar sekarang untuk menikmati segala kemudahannya!

Referensi:

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *