logo
Dalam melakukan usaha bisnis online, penjualan yang Anda lakukan terhadap produk yang dijual hanya akan memiliki dua kemungkinan. Yaitu menurun atau meningkat. Tentu Anda ingin penjualan yang anda lakukan meningkat bukan? Semakin banyak orang yang membeli produk yang kita jual maka akan semakin tinggi angka penjualan. Sehingga akan berdampak pada peningkatan keuntungan yang diperoleh perusahaan. Di internet kita akan menemukan banyak tips mengenai cara meningkatkan penjualan.
Sayang sekali jika Anda hanya mengandalkan penjualan dengan target ‘kembali modal’ tanpa adanya inovasi untuk mencoba meningkatkan angka penjualan lebih dari biasanya dan melebihi target. Namun jika anda melakukan beberapa inovasi dalam penjualan, Anda akan mendapat keuntungan yang besar bagi perusahaan. Dan selanjutnya perusahaan dapat mudah berkembang juga tumbuh lebih cepat. Karena itulah penting bagi pengusaha bisnis online untuk mengaplikasikan strategi yang dapat membantu meningkatkan penjualan.
Jadi bagaimana strategi yang harus diakukan? Marik simak cara yang dapat diikuti untuk meningkatkan angka penjualan pada usaha anda.

Sesuaikan Gaya Bahasa

Gunakan kosa kata yang dapat mengikat calon pelanggan baru. Anda dapat mengarahkan penjelasan mengenai produk yang dijual agar tertuju pada mereka.  Jika selama ini Anda menggunakan pengantar seperti “Menurut saya…” atau “Saya ingin menjelaskan kepada Anda tentang…”, Anda dapat menggunakan kalimat seperti “Anda akan sangat menyukai…” dan “Anda akan mengetahui bahwa…” Intinya, ubah gaya bahasa saat Anda mentargetkan pelanggan. Buat mereka merasa tertuju dan tertarik.

Ciptakan Kebutuhan

Untuk mendorong terjadinya penjualan, berikan kesan seolah-olah calon pelanggan hanya mempunyai sedikit waktu untuk memutuskan pembelian. Caranya antara lain dengan memberitahukan bahwa diskon atau potongan harga akan segera berakhir. Harga akan segera naik, atau persediaan barang yang ditawarkan sangat terbatas. Sehingga dari sisi pelanggan mereka akan merasa butuh terhadap produk yang sedang Anda tawarkan saat itu juga dan tidak menunggu lebih lama untuk membeli produk yang dijual.

Berikan Penawaran Free Trial

Jika calon pelanggan Anda terlihat tertarik dengan produk yang Anda tawarkan, hilangkan keraguan mereka dengan memberikan kesempatan agar mereka mencoba dulu produk Anda. Anda bisa menawarkan agar mereka memakai produk yang Anda jual selama beberapa hari atau memberikan sampel produk untuk mereka gunakan secara cuma-cuma. Jika mereka berminat untuk mengunakannya dan merasakan jika produk yang diberikan ada manfaatnya bagi mereka, Anda sudah dapat memastikan transaksi penjualan Anda dengan pelanggan dan memiliki peluang yang lebih besar jika pelanggan akan kembali lagi di kemudian hari.

Selenggarakan Acara Atau Kontes

Dengan pengiklanan dan promosi yang tepat seperti yang di lakukan di media sosial perusahaan seperti contohnya Instagram, Facebook maupun Website perusahaan, maka acara terbuka atau pesta perayaan dapat menjadi cara promosi yang efektif dan dapat menjaring pelanggan baru. Kontes juga dapat dilakukan untuk menambah pelanggan baru dan mengikutsertakan pelanggan setia untuk menjadi pengguna dan sarana mempromosikan produk yang Anda jual. Dengan mengadakan kontes, Anda tidak hanya menarik perhatian target audience, tapi juga menarik manfaat lainnya. Sebut aja seperti brand awareness, meningkatkan engagement, atau membuat brand Anda semakin dikenal oleh masyarakat.

Gift Voucher

Sedikit berbeda dengan kode voucher, di mana gift voucher (termasuk gift card, e-voucher, voucher belanja, dsb) biasanya bertujuan untuk meningkatkan repeat order. Bisa juga digunakan sebagai hadiah saat mengadakan kontes. Untuk pelaku bisnis kecil-menengah yang belum memiliki sistem otomatis dapat menggunakan cara manual, seperti memberikan voucher elektronik yang isinya kode unik lewat e-mail/sms. Pastikan juga Anda telah memberikan syarat dan ketentuan berikut masa berlakunya.

Pop-Up Store

Khususnya untuk Anda yang berbisnis hanya di dunia online saja, Anda bisa melakukan sales promotion secara offline. Salah satu cara yang cukup tepat adalah dengan membuat pop-up store. Kehadiran pop-up store merupakan salah satu cara untuk memberi kesempatan kepada para pelanggan untuk melihat, merasakan dan mencoba langsung produk-produk yang selama ini hanya bisa diliat di webstore. Karena sifatnya yang sementara, dengan model sales promotion seperti ini, Anda bisa lebih fleksibel dan tidak terikat layaknya memiliki toko tetap. Selain itu karena ukuran pop-up store yang relatif kecil membuat harga sewa menjadi lebih terjangkau.

Berikan Pujian Pada Pelanggan

Tunjukkan bahwa pelanggan yang membeli produk dari Anda adalah orang-orang yang cerdas, logis, berwawasan luas, mau bekerja sama, dan sebagainya sehingga dapat meningkatkan harga diri mereka, dan meninggalkan kesan baik tentang Anda. Perlu diketahui bahwa penjualan akan lebih cepat terjadi saat Anda menyanjung calon pelanggan anda ketimbang Anda langsung menawarkan produk untuk dijual. Buka percakapan santai dengan pujian sehingga calon pelanggan akan merasa diperhatikan dan selanjutnya pendekatan penjualan akan lebih mudah untuk dilakukan.
Memang, meningkatkan angka penjualan adalah sebuah hal yang gampang-gampang susah. Tapi jika Anda membiarkan keuntungan perusahaan stabil secara terus menerus tanpa adanya usaha untuk meningkatkan keuntungan, semakin sulit untuk usaha Anda untuk berkembang. Bahkan jika usaha Anda mengalami penurunan keuntungan secara terus menerus, kemungkinan besar semakin cepat perusahaan anda untuk gulung tikar.

Referensi:

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *