logo
Berbicara mengenai strategi promosi ada banyak cara yang bisa Anda dapatkan dari artikel-artikel bisnis. Namun tidak semua strategi dapat diaplikasikan oleh para pebisnis pemula. Dalam era seperti sekarang strategi yang paling mudah diandalkan oleh pebisnis pemula adalah marketing dan promosi melalui media sosial.
Melalui media sosial Anda tidak perlu modal yang besar sebagaimana saat Anda melakukan promosi dengan cara konvensional. Bahkan kini tersedia Aplikasi Toko Online untuk membantu bisnis Anda dalam mempromosikan produk.
Kini berbagi informasi kepada pengunjung atau followers bukan satu-satunya keuntungan menggunakan sosial media bagi sebuah bisnis. Banyak UKM di seluruh dunia telah menemukan cara bagaimana sosial media dapat memberikan kontribusi kesuksesan dan perkembangan pada segala aspek.
Bertambahnya jenis sosial media yang semakin bervariasi mulai dari sosial media perorangan/bisnis,  e-commerce  dan marketplace juga turut mendukung berkembangnya bisnis yang dilakukan secara online.
Berikut adalah tips menggunakan sosial media sebagai media promosi untuk pebisnis online pemula:

Pengenalan & Informasi Produk

Promosi melalui media sosial bukan lagi hal yang baru. Untuk menerapkan manfaat media sosial sebagai media sosial sebagai tempat untuk mempromosikan bisnis Anda bukanlah hal yang terlambat dilakukan karena jumlah penggunanya kini semakin meluas. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai promosi di media sosial meliputi pengenalan produk, memberikan informasi kepada calon pelanggan, dan juga mengabarkan promosi yang sedang dijalankan.
Misalnya, Anda dapat memberikan informasi penggunaan produk dan diskon yang sedang diberikan. Dengan cara promosi yang lebih mudah dan murah, Anda kini dapat mempromosikan bisnis Anda tanpa khawatir dengan batasan seperti jarak, waktu, dan dana yang digunakan.

Perhatikan Selera Pasar

Salah satu manfaat dari media sosial bagi perkembangan bisnis yakni memberikan kemampuan untuk melihat selera pasar. Melalui kebiasaan yang pelanggan Anda lakukan di media sosial, dapat terlihat bagaimana selera mereka berubah seiring dengan perkembangan waktu. Bahkan, tanggapan pelanggan atau masyarakat terhadap sesuatu yang baru ini pun dapat Anda lihat.
Hal ini tentu saja dapat memberikan keuntungan bagi para pebisnis. Karena Anda akan mendapatkan pengetahuan mengenai produk apa yang akan disukai oleh pelanggan serta bagaimana cara promosi yang disukai oleh pelanggan Anda. Tentu saja, hal ini akan memudahkan Anda untuk berinovasi baik dalam strategi dan juga dalam produksi.

Mengalanisa Kompetitor

Dengan sosial media Anda dapat melihat apa yang dilakukan oleh kompetitor bisnis Anda. Hanya perlu melihat sejenak ke akun media sosial kompetitor, Anda akan mendapatkan informasi mengenai cara promosi, penawaran, serta inovasi baru yang dilakukan. Adanya kemudahan ini justru akan melatih Anda untuk semakin jeli membuka peluang dengan menghadirkan inovasi yang tidak kalah dengan kompetitor Anda.

Meningkatkan Pengunjung Website dan Ranking Search Engine

Salah satu keuntungan terbesar dari sosial media bagi bisnis adalah meningkatkan jumlah pengunjung website. Namun tidak hanya kunjungan yang bisa Anda dapatkan. Apabila informasi yang mereka temukan pada website Anda bermanfaat, mereka akan melakukan ‘share’ di sosial media. Meskipun tidak signifikan tetapi media sosial juga bisa meningkatkan ranking website dengan memberikan sinyal positif kepada search engine.

Membagikan Informasi Lebih Cepat

Sebelumnya proses pemasaran mengalami kendala untuk menyajikan informasi kepada konsumen dalam waktu yang singkat. Kini dengan adanya sosial media, penyampaian informasi kepada konsumen menjadi lebih mudah dan cepat. Sebelumnya pastikan bahwa informasi yang Anda bagikan sesuai dengan minat target konsumen Anda.
Apapun yang Anda posting di sosial media maka akan langsung muncul di timeline followers Anda, sehingga bisa langsung menghasilkan traffic ke website bahkan penjualan. Hal ini tentunya akan efektif jika akun sosial media Anda memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak. Kalaupun tidak, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa influencer.

Tingkatkan Brand Awareness

Sosial media membantu bisnis Anda untuk meningkatkan brand awareness dengan biaya yang bisa dibilang hampir tidak ada. Biaya yang sangat diperlukan untuk hal ini adalah waktu. Meskipun tanpa biaya, yang dimaksud disini adalah ketika Anda benar-benar melakukan promosi di sosial media tanpa menggunakan iklan.
Hal ini sangat mungkin dilakukan dan hasilnya bisa jauh lebih baik daripada mengandalkan iklan. Harus diingat, Anda membutuhkan konten yang menarik dan berkualitas. Artinya jika Anda akan memposting foto, Anda membutuhkan foto dengan kualitas baik untuk bisa menarik perhatian calon konsumen.

Susun Marketing Plan

Mulailah untuk menyusun rencana marketing Anda sendiri, pastikan seluruh anggota yang berhubungan dengan operasional bisnis mengerti mengenai tujuan dari rencana marketing Anda. Setelah itu barulah Anda dapat membangkan rencana pemasaran dan promosi untuk produk yang dijual.
Itulah beberapa tips mempromosikan produk untuk pebisnis online pemula dengan menggunakan sosial media. Mempromosikan produk tidak selalu tentang ‘memaksa’ pembeli untuk membeli produk yang kita jual.
Namun tentang bagaimana apa yang kita tawarkan dapat menjadi solusi untuk masalah mereka ataupun apa yang mereka butuhkan dengan cara penyampaian yang unik dan menarik untuk mendapatkan perhatian dari mereka. Dengan begitu proses penjualan akan sangat mudah nantinya dan akan timbul rasa kepercayaan dan kenyamanan untuk bertransaksi dengan toko online milik Anda.
Clodeo adalah aplikasi toko online yang bisa membantu Anda dalam mempromosikan produk yang dijual oleh online shop Anda ke berbagai media sosial yang dimiliki seperti Facebook atau Instagram. Jadi, tidak perlu repot-repot bukan untuk sharing produk satu satu ke media sosial kan?

Referensi: 

  • https://www.dbs.com/indonesia-bh/blog/live-smart/manfaat-media-sosial-dan-perannya-dalam-mengembangkan-bisnis.page/
  • https://www.progresstech.co.id/blog/manfaat-sosial-media-bisnis/

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *