logo
Anda pasti sudah familiar dengan Aplikasi Toko Online jika Anda telah mengenal istilah Online Shop atau Online Shopping. Apalagi jika Anda adalah penjual yang memasarkan produknya secara online yang juga akrab dengan beberapa aplikasi toko online.
Berbelanja secara online atau online shopping tentu menjadi kesenangan tersendiri bagi pembeli di era seperti sekarang.
Hanya dengan terhubung ke internet, setiap orang dapat langsung memilih barang apa yang diinginkan. Dan pesanan barang akan diproses tanpa pelanggan harus mengeluarkan tenaga lebih untuk pergi ke luar rumah. Dengan kata lain pelanggan hanya perlu menunggu sampai barang sampai dari penjual.

Online shopping saat ini bukan lagi menjadi sesuatu yang asing untuk masyarakat Indonesia. Online shopping adalah suatu proses pembelian barang atau jasa yang dijual melalui internet dimana penjual dan pembeli tidak pernah bertemu langsung. Barang yang diperjualbelikan ditawarkan melalui gambar dan deskripsi pada website toko online milik penjual.
Dari website milik penjual, pembeli dapat memilih barang yang diinginkan untuk kemudian melakukan pembayaran melalui rekening bank yang telah disepakati bersama. Setelah proses pembayaran diterima penjual maka penjual akan mengirim barang pesanan pelanggan ke alamat tujuan.
Berikut ini adalah keuntungan dari melakukan bisnis secara online dari sisi pembeli:

Menghemat Waktu dan Tenaga

Karena kemudahan yang ditawarkan dengan belanja secara online, banyak orang yang lebih memilih untuk berbelanja online. Karena dengan online shopping Anda dapat menghemat waktu dan tenaga. Sehingga Anda tidak perlu berkeliling mall atau toko. Anda cukup meluangkan waktu sebentar dengan membuka internet dan tentu saja akan terhindar dari kemacetan jalan raya.

Melakukan Perbandingan Produk dan Harga

Selain itu Anda dapat membandingkan produk dan harga dengan toko online lainnya yang menyediakan dan menawarkan barang yang sama maupun serupa sehingga Anda memiliki lebih banyak pilihan. Proses belanja secara online juga cukup mudah untuk dilakukan maka pembeli tidak akan menemukan banyak kesulitan untuk membeli barang yang diinginkan.

Banyak Toko Online yang Sering Memberikan Promo

Bukan hanya ada promo pada event tertentu saja tapi juga pada hari-hari biasa. Sehingga Anda dapat berbelanja dengan hemat dan mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang lebih murah daripada berbelanja di toko fisik (toko offline).
Untuk mendapatkan promo-promo semacam ini Anda harus memperhatikan dan memantau akun media sosial penjual maupun men-subscribe e-mail promosi dari toko online yang Anda pilih.

Lebih Praktis dan Nyaman

Keuntungan dari belanja secara online dari sisi pelanggan lainnya adalah pelanggan dapat membeli barang dengan mudah, cepat dan aman. Anda tidak perlu mengeluarkan ongkos pulang-pergi untuk membeli barang yang diinginkan. Tapi hanya dengan membayar ongkos kirim barang dari tempat penjual untuk dikirim ke alamat rumah Anda.
Saat ini banyak marketplace dan e-commerce yang menawarkan ongkos kirim gratis untuk pengiriman barang dengan ketentuan tertentu. Bahkan beberapa toko online menyediakan garansi barang atau asuras pengiriman untuk barang dagangannya.

Sedangkan dari sisi penjual yang menjajakan barang yang dijual secara online diantaranya adalah:

Pasar Tidak Terbatas

Bagi penjual, online shopping menjadi bisnis yang memiliki peluang dan potensi yang besar karena tidak adanya batas pasar. Semua orang di seluruh penjuru dunia dapat mengakses website penjualan yang menyebabkan pasar dari bisnis yang dilakukan menjadi sangat besar dan tidak mengenal tempat maupun jarak karena target konsumen yang dapat dijangkau dengan internet menjadi lebih luas.

Operasi Bisnis 24 Jam

Bisnis yang dilakukan online juga terbuka selama 24 jam dan tidak ada batas waktu. Jika usaha/bisnis secara offline toko memiliki jam operasional yang hanya beroperasi selama beberapa jam dalam sehari, bisnis yang dilakukan dengan cara online dapat terbuka selama 24 jam untuk konsumen.
Walaupun penjual meninggalkan bisnis untuk sementara waktu untuk instirahat maupun melakukan aktivitas lain, barang tetap bisa dipesan oleh konsumen dan penjual dapat memprosesnya kembali di waktu yang telah ditentukan.

Modal Usaha yang Kecil

Jika Anda akan memulai bisnis anda secara online, maka Anda tidak akan membutuhkan modal yang banyak untuk memulainya. Modal maupun biaya yang akan anda keluarkan akan relatif lebih kecil daripada membuka toko offline.
Anda tidak membutuhkan lahan atau tempat untuk berjualan, bahkan dengan melakukannya secara online Anda tidak perlu mengucurkan dana yang banyak untuk biaya operasional selain biaya gudang tempat penyimpanan barang.

Dukungan Jasa Ekspedisi

Kini banyak jasa ekspedisi dalam negeri yang mendukung pengiriman profesional untuk barang-barang hasil transaksi online. Dengan adanya jasa ekspedisi, penjual tidak perlu mengantarkan barang pesananan secara langsung kepada pelanggan karena pengiriman akan dilakukan oleh jasa ekspedisi tersendiri yang sudah disepakati bersama dengan pelanggan saat melakukan proses transaksi.
Untuk peluang pasar bisnis online di Indonesia sendiri sangat menggiurkan, hal ini dikarenakan pengguna internet di Indonesia semakin lama semakin bertambah pesat dan barang-barang yang dapat dijual secara online semakin beragam macamnya. Ditambah banyaknya pilihan metode pembayaran dan pengiriman yang ditawakan oleh penjual online dapat memudahkan dan mempercepat transaksinya dengan pelanggan.
Clodeo adalah aplikasi toko online dan aplikasi akuntansi untuk membantu Anda dalam mengelola bisnis.
Untuk info lebih lanjut mengenai Clodeo silakan kunjungi website kami di www.clodeo.com atau segera menghubungi Costumer Support atau Marketing kami di  081377332863/08121430802.

Referensi:

  • hesanto.web.id/online-shop/
  • myasiaoutlet.com/id/8-keuntungan-berbelanja-online/
  • id.techasia.com/keuntungan-berjualan-online/

Related Posts

  1. […] berbelanja secara online semakin ramai dan diminati oleh masyarakat Indonesia. Apalagi dengan adanya internet yang juga […]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *