logo
Aplikasi Toko Online adalah aplikasi yang bisa membantu Anda dalam melakukan pengelolaan online shop maupun pencatatan dari data-data administrasi toko online atau bisnis online seperti data produk, stok produk, data pelanggan, pencatatan data pengiriman, resi pengiriman, perhitungan ongkos kirim, pencetakan label pengiriman, sampai laporan keuangan seperti laporan laba rugi, laporan penjualan, pembelian dan biaya. Semua bisa dilakukan secara online dan otomatis.
Dengan menggunakan aplikasi toko online yang berbasis cloud, Anda dapat memperbarui dan memantau kinerja toko online Anda dimana saja dan kapan saja. Sistem cloud pada aplikasi toko online juga membantu Anda dalam pencatatan dan akses yang mudah dan cepat. Jadi Anda tidak akan lagi melakukan pencatatan dan pendataan order atau pembelian barang secara manual pada media kertas.
Jika bisnis online Anda sudah semakin berkembang dan diharuskan untuk mengelola orderan pelanggan yang juga semakin banyak setiap harinya, tentu Anda membutuhkan aplikasi toko online untuk membantu Anda. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika Anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi daripada melakukannya secara manual. Sehingga Anda memiliki banyak waktu untuk menyusun strategi dan fokus dalam mengembangkan bisnis Anda. Karena dalam pengelolaan online shop dan aktifitasnya sehari-hari, Anda sudah terbantu dengan adanya aplikasi toko online.
Keuntungan penggunaan aplikasi toko online untuk bisnis online adalah:
Pengelolaan order lebih mudah
Aplikasi toko online bisa Anda andalkan dalam melakukan pencatatan penjualan yang masuk. Anda dapat mencatat dan memantau status transaksi penjualan untuk mengetahui order mana yang belum melakukan pembayaran, belum dikirim, hingga sudah diterima pembeli. Dengan fitur yang lengkap, kini order yang masuk akan tercatat lebih rapi dan teratur.
Beberapa aplikasi juga menawarkan beberapa fitur tambahan yang bisa pengguna maksimalkan untuk membantu pengelolaan dan penganturan bisnis online nya. Biasanya yang aplikasi sediakan adalah fitur dimana Anda dapat menghitung ongkos kirim barang dari tempat penjual ke tempat pembeli. Ada juga yang menyediakan shipping label (label pengiriman) yang juga bisa dibuat secara otomatis hanya dengan melengkapi data pelanggan.
Perhitungan stok produk secara otomatis
Pencatatan manual dengan media kertas dan dokumen akan mengurangi efisiensi dari kegiatan pembaharuan data yang dilakukan dalam periode jangka waktu tertentu. Hal ini dikarenakan semua dilakukan dengan cara konvensional. Jika dokumen hilang atau terdapat kesalahan pencatatan, maka data keseluruhan harus diperbaharui satu persatu. Sehingga memperlambat dan mengganggu kegiatan penjualan maupun pembelian.
Dengan aplikasi toko online yang juga bisa menjadi aplikasi stok, dapat membantu Anda dalam melakukan perhitungan stok. Pada aplikasi, perhitungan produk yang keluar dan produk yang masuk dilakukan secara otomatis. Jadi tidak akan ada lagi kesalahan perhitungan yang biasanya diakibatkan karena perhitungan secara manual. Semua produk yang masuk dan keluar dapat terekam dan tercatat secara akurat.
Penyimpanan data yang lebih rapi
Secara manual Anda diharuskan untuk melakukan penyimpanan dalam jangka waktu tertentu dalam map atau binder yang diurutkan berdasarkan bulan. Dengan demikian jika Anda memerlukan data stok untuk saat tertentu, Anda dapat segera menemukannya.
Namun, jika hal ini dilakukan terus menerus maka dokumen semakin lama akan semakin banyak dan menumpuk, sehingga data kemungkinan hilang, tertukar, atau terselip. Hal ini akan berakibat pada staff yang berkepentingan dengan dokumen tersebut. Pekerjaannya akan menjadi terhambat karena data tidak bisa ditemukan, sehingga perlu pencatatan ulang untuk mengembalikan dokumen.
Aplikasi bisa menjadi solusi dalam penyimpanan data. Data pelanggan, supplier, bahkan karyawan bisa dibuat, disimpan, dan diakses kapanpun pada aplikasi. Data yang sudah ada juga akan lebih tertata dan rapi. Tanpa media kertas, Anda tetap dapat menyimpan data karena aplikasi terhubung dengan sistem cloud.
Keunggulan dari sisi aksesibilitas dan kapasitas
Salah satu yang bisa dianggap keunggulan dari aplikasi toko online yang berbasis cloud adalah data terpusat berada di server. Kelebihan ini memungkinkan Anda mengakses cloud Anda dari mana pun selama ada sambungan internet. Misalnya, jika Anda memiliki data di cloud server yang sinkron antara komputer di perusahaan dan di smartphone, maka Anda bisa mengakses data tersebut di waktu yang sama karena data anda sudah menggunakan server berbasis cloud.
Beberapa jenis usaha/kegiatan memiliki data dalam jumlah yang besar. Semakin hari jumlah penggunanya semakin bertambah sehingga data yang harus disimpan juga semakin banyak. Hal ini akan berimbas pada sistem penyimpanan sehingga memerlukan kapasitas yang lebih besar.
Jika hanya menyimpan data-data tersebut di hardware saja, tentunya tidak akan cukup dan perlu Anda ketahui bahwa data-data tersebut tentunya penting untuk keberlangsungan usaha/kegiatan. Sehingga bukan pilihan yang tepat untuk menghapus data yang lama kemudian menggantinya dengan yang baru. Untuk itu, aplikasi berbasis cloud bisa menjadi solusi yang tepat akan hal ini.
Lebih aman dalam menyimpan data
Hal ini menjadi salah satu faktor yang paling penting karena para pengguna tentunya mengharapkan data yang tersimpan di cloud dapat terjaga keamanannya. Tidak hanya itu, dengan menyimpan data digital pada cloud akan mengurangi resiko kehilangan data jika terjadi masalah pada perangkat elektronik kita. Kejadian hilangnya data akibat kerusakan perangkat seperti komputer, laptop atau gadget lain pun bisa teratasi dengan adanya teknologi penyimpanan tersebut.
Karena sudah tahu pentingnya manfaat cloud computing untuk usaha/kegiatan Anda, Anda sudah tak perlu menunggu lebih lama untuk mengimplementasikannya. Semakin cepat Anda mengimplementasikan cloud computing untuk data Anda, maka akan semakin baik, mengingat efisiensi biaya dan waktu uang akan Anda peroleh. Selain itu, aplikasi cloud yang tepat juga akan membantu anda memberikan layanan yang maksimal untuk pelanggan. Jadi, pastikan bahwa aplikasi Anda memberikan pelayanan yang maksimal.

Salah satu aplikasi toko online yang dapat Anda andalkan untuk membantu Anda mengelola toko online adalah Clodeo. Dengan fitur yang lengkap, mudah dipelajari dan digunakan, Clodeo bisa meringankan pencatatan transaksi toko online. Ditambah dengan tersedianya versi mobile yang bisa di unduh di Play Store maupun App Store, update atau memantau aktivitas bisnis bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun!

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *