logo

Bagi para pemula, menentukan bisnis bisa sangat membingungkan. Mulai dari banyaknya lahan bisnis yang ingin dicoba, bingung menentukan produk apa yang ingin dijual, dan masih banyak lagi. Memulai bisnis sebetulnya mudah jika didasari keinginan dan mental yang kuat. Karena, tidak sedikit bisnis gagal karena kurangnya motivasi dan tidak kuatnya mental. Padahal di zaman yang sudah serba canggih ini, memulai bisnis rasanya tidak terlalu sulit karena sudah tersedianya platform online yang sangat memungkinkan pebisnis berjualan dimanapun tanpa perlu menyewa atau membeli tempat dan mengeluarkan modal yang besar.

Walaupun seluruh kelengkapan bisnis sudah tersedia, masih saja ada orang yang memiliki banyak alasan untuk menunda bisnisnya, misalnya, karena ide bisnis kurang menarik. Biasanya pemula akan berpikir berulang kali jika merasa idenya tidak bisa diterima, sehingga yang terjadi adalah bisnis tidak berjalan sama sekali. Lalu bagaimana cara mendapatkan ide bisnis yang baik, tepat, dan bukan saja menarik, namun bisa terus disukai dan bertahan lama? Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan sebelum memulai bisnis!

Bisnis Berdasarkan Hobi!

Melakukan pekerjaan sesuai dengan apa yang Anda sukai tentunya akan sangat menyenangkan, karena Anda bisa berpenghasilan dan tidak merasa kesulitan saat melakukan  pekerjaan tersebut. Begitu pula dengan mengerjakan bisnis yang sesuai dengan hobi Anda. Coba mulai bisnis dengan menelusuri minat dan kemampuan Anda terlebih dahulu. Dari hobi dan kemampuan Anda tersebut siapa tahu bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak. Misalnya, Anda senang bergelut di bidang kuliner, coba buat bisnis jasa katering! Tidak ada salahnya memulai bisnis dari hobi Anda terlebih dahulu.

Ikuti Tren Terkini

Jika hobi Anda dirasa kurang bisa digunakan untuk berbisnis, coba cari tren apa yang sedang berlangsung saat ini. Dengan mengikuti tren saat ini, bisnis Anda memiliki kemungkinan cepat disukai oleh pasaran. Namun, mengikuti tren juga tidak selalu pasti akan disukai  oleh pasar, karena beberapa pembeli akan berpikir untuk membeli produk yang sama yang sudah ada lebih dulu dibanding produk Anda. untuk itu, Anda perlu cermat dalam memilih tren dan pintar dalam mengembangkan produk yang Anda jual, agar selalu berbeda dengan yang lain.

Branding Power

Bisnis yang baik adalah yang mampu dikenal dengan baik oleh masyarakat. Agar mudah dikenal dan akhirnya disukai, gunakan branding yang menarik dan tepat sasaran. Biasanya branding dengan logo yang unik dan nama yang mudah diucapkan atau nama yang unik saat didengar bisa menarik perhatian konsumen.  Untuk itu, tidak ada salahnya sedikit brainstorming saat memikirkan ide untuk nama dan logo bisnis Anda agar menarik dan tentunya dapat dipercaya.

Gunakan Media Sosial

Hal yang paling penting dalam bisnis adalah cara pemasarannya, karena dengan pemasaran yang baik dan menarik tentu dapat menarik banyak konsumen untuk membeli atau memakai produk Anda. Pemasaran saat ini sudah semakin mudah dengan adanya Sosial Media. Gunakan Sosial Media sebaik mungkin dengan memanfaatkan keseluruhan fiturnya. Buat laman penjualan Anda menarik dengan nama akun yang terpercaya agar banyak memikat konsumen dan menaikkan jumlah kunjungan laman penjualan Anda.

Fokus dan Berinovasi

Jika sudah berjalan dengan baik, tetaplah fokus pada bisnis Anda, namun tidak lupa untuk selalu mengembangkan hal baru pada bisnis Anda agar tetap disukai masyarakat, dan capat bertahan lama di pasaran. Jangan ragu untuk menerapkan hal baru pada bisnis Anda, atau mulai memberi banyak promo untuk menarik perhatian konsumen. Gunakan cara sebaik mungkin agar bisnis Anda terus berkembang dan tidak mudah dilupakan oleh masyarakat.

Jangan takut untuk memulai bisnis, lakukan yang menurut Anda harus dilakukan. Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena bisnis tidak pernah terealisasikan. Jadilah pebisnis yang berani mengambil risiko, karena terkadang risiko lah yang banyak membantu dalam bisnis Anda. Gunakan pula Clodeo solusi penjualan online agar bisnis Anda semakin terdepan dan terpantau.

Selamat memulai bisnis, dan semoga sukses!

Referensi:

  • liputan6.com/bisnis/read/3508230/ini-dia-5-cara-jitu-memulai-bisnis-online-bagi-pemula
  • maxmanroe.com/belajar-menentukan-jenis-bisnis-online.html

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *