1. Home
  2. Tips Memilih Platform Berjualan Online untuk Kamu
Blog image

Berjualan online memang menggiurkan. Nggak perlu repot ambil barang, capek jaga toko seharian; kamu bisa kelola tokomu secara virtual! Eh, tapi sudah tahu belum kalau kamu nggak bisa pilih platform berjualan online sembarangan?

Berjualan online ternyata jadi pilihan bagi orang-orang yang ingin tetap dapat cuan dengan cara yang super gampang. Kamu nggak perlu repot urus barang di toko atau di gudang, atau harus menjaga toko secara langsung. Hal-hal tersebut tentu sangat menguras tenaga.

Maka dari itu, semenjak teknologi informasi makin maju melesat perkembangannya, banyak sekali ditemui toko online. Kamu mungkin bisa melihat barang yang sama dijual di toko yang berbeda. Pada dasarnya, yang membedakan adalah service dan harga.

Meskipun harga yang dipajang antar toko berbeda, sangat mungkin pula barang yang dijual sebetulnya berbeda jika ditelisik lebih detail. Hal tersebut juga menentukan kualitas barang yang dijual. Namun, bukan berarti barang murah kualitasnya murahan ya!

Permainan beda harga atau beda kualitas barang ini tentu menjadi sangat tricky bagi pihak penjual. Mereka perlu melakukan riset lebih jauh terkait barang yang dijajakan dan oleh siapa barang ini akan dibeli.

Kenapa hal tersebut jadi penting?

Sebelum berjualan, ada baiknya kita riset dulu soal lapak yang sering digunakan untuk berjualan online. Ada banyak platform berjualan online yang sudah umum dikenal di Indonesia. Dari banyaknya platform yang ada, tentu sebagai penjual harus tahu dulu market yang dituju.

Nggak semua platform bisa digunakan untuk berjualan barang-barang secara acak. Sebelum memajang seluruh barang virtually, perlu diketahui juga siapa saja yang menggunakan platform online tersebut. Selain itu, setiap orang yang menggunakan platform berjualan juga memiliki preferensi yang berbeda.

Preferensi atau kesukaan setiap pengguna inilah yang perlu dianalisis lebih jauh. Hasil analisisnya nanti akan berguna untuk menunjuang riset soal market yang ingin dituju. Dengan begitu, kegagalan dalam berjualan bisa jauh diminimalisir.

Clodeo memiliki tiga tips utama yang bisa kamu ikuti dalam memilih platform berjualan online. Yuk simak!

Pilih platform berjualan yang memiliki pihak ketiga

Pihak ketiga bukan berarti benalu ya. Dalam berjualan online, sangat penting bagi platform untuk memiliki pihak ketiga terutama sebagai pihak penyimpanan uang. Hal tersebut bertujuan supaya keamanan antara masing-masing pihak penjual dan pembeli tetap terjaga.

Brandingan yang kuat dari si platform

Setiap platform memiliki marketnya tersendiri. Misal di salah satu platform diketahui lebih banyak pengguna perempuan dibanding lelaki karena platform tersebut menyediakan banyak potongan harga. Tentu di platform tersebut adalah pasar yang empuk untuk berjualan barang-barang wanita seperti make up dan skincare.

Akan sangat disayangkan kalau kamu tetap bertekad untuk menjual barang-barang perkakas atau elektronik yang umumnya lebih banyak diburu oleh lelaki. Dengan mengetahui brandingan setiap platform, kamu dapat membuat pasar yang sesuai dengan targetmu.

Networking is everything

Memilih platform berjualan juga harus mengetahui koneksi dari si platform tersebut. Misal, platform A tidak terintegrasi dengan aplikasi pembayaran tertentu. Hal tersebut akan mempersulit penggunanya dalam melakukan transaksi. Oleh karena itu, network dari sebuah platform juga perlu diteliti supaya pelanggan merasakan service yang baik dari bisnis.

Pada tips terakhir, Clodeo berperan sebagai platform berjualan online yang memiliki network dengan baik. Kamu dapat dengan mudah terhubung dan memiliki akses ke setiap media sosial bahkan jasa pengiriman hanya dalam satu aplikasi. Kini, nggak perlu lagi ragu pakai Clodeo untuk melancarkan usahamu.

Yuk, coba Clodeo, daftarkan dirimu GRATIS!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *