logo
Bagi banyak pemilik usaha kecil maupun yang sedang berkembang, pasti mereka merasa perlu untuk memiliki akun Instagram. Apalagi saat ini, Instagram adalah media sosial yang sedang digemari dan menjadi favorit.
Di awal, mereka akan mendaftar untuk sebuah akun dan mengatur juga mengisi profil mereka, tetapi kemudian akan muncul pertanyaan:  Apa yang sebenarnya harus diposting?
Jika ini terdengar familier, Anda tidak sendirian.
Menghasilkan isi konten yang stabil tidak mudah untuk dilakukan di Instagram, apalagi bagi para pemula. Namun, kabar baiknya ternyata ada banyak cara berbeda untuk mengelola Instagram agar feed Anda tetap ‘fresh’ dan dapat berinteraksi dengan followers Anda.
Dalam artikel ini, kita akan melihat apa yang dapat Anda posting di Instagram, ide dan contoh yang dapat Anda sesuaikan untuk bisnis Anda sendiri, bersama dengan cara membuat jadwal posting untuk menghidupkan strategi Instagram Anda.
Menentukan campuran konten Instagram Anda
Dengan tingkat engagement yang lebih tinggi daripada platform media sosial populer lainnya, dan algoritma yang mendukung posting yang secara organic yang dapat mengumpulkan interaksi audiens, konten yang baik benar-benar menjadi hal utama di Instagram. Dan itu adalah peluang besar bagi bisnis untuk berkembang di Instagram.
Instagram juga menawarkan banyak potensi sebagai platform untuk menciptakan dan memelihara hubungan dengan audiens target Anda. Karena itu, penting untuk membuat campuran berbagai jenis konten yang akan menarik bagi khalayak. Sebagai contoh:
  • Kutipan inspirasional dapat membuat pengguna baru mengomentari posting Anda dan mengikuti akun Anda.
  • Hastag dapat menjangkau audiens yang lebih besar
  • Video ‘behind-the-scene’ aktifitas online shop Anda dapat mendorong pembelian dan mendapatkan pelanggan setia.
Jadi, perlu diingat bagaimana setiap ide postingan pada Instagram dapat berkontribusi pada tujuan media sosial Anda (engagement, penjualan, brand awareness, dll.)
Karena itu, yuk kita simak ide postingan Instagram yang dapat kamu aplikasikan pada akun Instagram bisnis kamu!
1. Memposting produk jualan
Gambar dan video produk Anda kemungkinan akan menjadi salah satu cara termudah (dan paling cepat) untuk memulai postingan Instagram. Memposting konten yang menampilkan produk Anda dengan segala kelebihan mereka, tentu saja, akan membantu Anda meningkatkan penjualan dan mempromosikan bisnis Anda di Instagram.
Postingan jenis ini dapat fokus pada produk Anda sendiri, atau menampilkannya sebagai bagian dari foto gaya hidup atau memasukan produk pelengkap, sehinggan banyak cara untuk menjadi kreatif.
Akan tetapi, posting produk seperti ini harus dijalankan dengan benar agar tidak dianggap sebagai spam. Postingan perlu menampilkan teks yang kaya dan menarik, bukan hanya nama produk dan beberapa tagar.
Sebagai gantinya, Anda dapat mempertimbangkan memperlakukan posting seperti peluang untuk meluncurkan produk, mendiskusikan fitur dan manfaat, atau menyoroti apa yang membuatnya istimewa.
2. Jadikan audiens menjadi pembeli dengan melabeli produk
Label produk adalah format unik untuk post dan Instagram story yang memungkinkan pembelian langsung melalui Instagram.
Pengguna dapat mengklik label produk, misalnya, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang suatu produk, seperti nama atau harganya. Jika mereka mengklik lagi, mereka akan dibawa ke tampilan tempat mereka dapat melakukan pembelian.
Label produk membuatnya lebih mudah dan lebih nyaman bagi pengguna untuk membeli segera di ponsel, meningkatkan kemungkinan mereka akan menindaklanjutinya. Anda mungkin mempertimbangkan untuk menggunakan label produk ketika Anda menjalankan penjualan atau menawarkan diskon.
Instagram baru-baru ini merilis label produk  untuk Instagram story,  yang memungkinkan pengguna mengklik label untuk melihat informasi produk dan kemudian memutuskan apakah mereka akan membelinya.
3. Masukan aktifitas di belakang layar
Pengikut menyukai konten di balik layer atau behind the scene. Ini menciptakan transparansi yang memungkinkan pengikut merasa seperti mereka mengenal “Anda yang sebenarnya” di balik merek. Ini membangun kepercayaan bagi audiens untuk membeli di tempat Anda.
Bonus bagus lainnya? Konten di belakang layar tidak perlu dipoles seperti beberapa gambar Anda yang lain.
4. Buat siaran langsung!
Video siaran langsung (Instagram live) adalah jenis posting lain yang dapat membantu Anda membangun hubungan dengan pelanggan dengan cepat. Followers dapat berinteraksi dengan Anda secara real time (followers akan diberitahu ketika Anda melakukan Instagram live).
Anda dapat menjawab pertanyaan, menampilkan konten di belakang layar, atau menampilkan produk baru. Anda juga dapat memposting langsung ke Instagram story Anda setelah itu.
5. Repost konten yang dibuat pelanggan
Konten buatan pelanggan adalah satu dari beberapa konten paling persuasif yang dapat Anda gunakan, dan pengikut Anda senang melihatnya di Instagram Anda.
Post ini dapat dengan mudah dibagikan ke halaman Anda untuk mempromosikan merek Anda dengan cara yang halus namun sangat efektif.
6. Beri pekerja/karyawan Anda kesempatan
Konten yang berfokus pada karyawan bisnis Anda adalah pilihan bagus untuk diposting di Instagram. Ini adalah cara lain untuk menunjukkan kepada followers maupun audiens sisi ‘manusiawi’ dari merek Anda, dan membuatnya lebih mudah bagi mereka untuk membentuk hubungan emosional dengan Anda sehingga mereka dapat lebih mempercayai Anda.
7. Berikan giveaway/kontes/kuis berhadiah
Ingin mendapatkan banyak engagement dengan cepat dan menghasilkan kegembiraan pada merek Anda? Kontes dan hadiah adalah caranya.
Untuk hasil terbaik, tawarkan hadiah yang paling relevan dengan audiens target Anda, bahkan jika audiens umum tidak akan begitu tertarik.
8. Manfaatkan momen/hari peringatan
Manfaatkan momen/hari libur atau peringatan dengan membuat postingan yang tepat waktu dan relevan.
Dengan memposting ini, merek Anda akan terlihat perhatian pada momen/hari yang sedang berlangsung dan bagi yang melihatnya, ini dapat menjadi informasi ataupun pengingat bagi mereka tentang apa yang terjadi/sedang berlangsung di hari itu.

Sumber:

https://www.shopify.co.id/blog/what-to-post-instagram-ideas

Related Posts

  1. […] artikel bagian pertama dari Ide Postingan Instagram untuk Bisnis Anda, kami hadirkan Bagian II pada laman […]

  2. […] dan promosi yang tepat seperti yang di lakukan di media sosial perusahaan seperti contohnya Instagram, Facebook maupun Website perusahaan, maka acara terbuka atau pesta perayaan dapat menjadi cara […]

  3. […] Sebelum menjelajahi pemasaran media sosial berbayar, isi umpan profil utama Anda dengan beberapa postingan, karena itulah kurasi konten Anda dengan baik. […]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *