logo
Strategi untuk mempromosikan barang jualan bisa Anda lakukan dengan cara tradisional atau dengan cara yang lebih ‘kekinian’ dengan memanfaatkan media sosial dari merek/toko online yang kamu punya. Salah satu media sosial yang paling diminati sekarang adalah Facebook dan Instagram. Di Instagram, kini Anda tidak hanya dapat untuk memposting barang jualan dan berinteraksi dengan pelanggan, namun Instagram sekarang juga menyediakan fitur untuk beriklan (Instagram Ads), sama seperti Facebook.
Yuk, simak cara membuat iklan di Instagram menggunakan Instagram Ads dari Facebook Anda untuk mempromosikan brand/toko online di bawah ini!
Step 1: Hubungkan akun Facebook merek/toko Anda dengan Instagram
Langkah pertama untuk membuat iklan di Instagram adalah menghubungkan akun Instagram Anda dengan halaman Facebook. Ini hanya perlu dilakukan sekali saja di tahap awal.
Buka Pengaturan di halaman Facebook Anda dan pilih “Iklan Instagram” atau “Instagram Ads.”
Selanjutnya, Log In dan isi username dan password Instagram Anda. Jika Anda belum memiliki akun Instagram, Anda juga dapat membuatnya sekarang.
Step 2: Buat Promosi Iklan Instagram
Setelah Anda menghubungkan akun Instagram Anda ke halaman Facebook Anda, sekarang saatnya untuk menuju ke Ads Maker dan membuat promosi iklan pertama. Jika Anda lebih nyaman menggunakan Power Editor, Anda juga dapat membuat iklan Instagram di sana. Jika Anda sudah pernah membuat iklan di Facebook, proses ini akan terasa familiar.
Di Pengelola Iklan, klik pada tab “Campaigns” dan kemudian + Create di dekat sudut kiri atas layar.
Selanjutnya, pilih tujuan promosi Anda. Ingat, tidak semua tujuan sesuai dengan Story Ads di Instagram.
Step 3: Buat set iklan Instagram Anda
Pada halaman Ad Set, Anda dapat memilih “Buy” sebagai jenis konversi yang ingin Anda optimalkan.
Anda juga dapat memilih untuk menambahkan Offer (penawaran), yang akan membantu mengarahkan lebih banyak konversi pada iklan Anda.
Selanjutnya, tentukan siapa yang ingin melihat iklan Anda dan berapa banyak uang yang ingin Anda bayar. Semua opsi penargetan yang sama tersedia untuk iklan Instagram seperti untuk iklan Facebook.
Pilih penempatan iklan Anda. Anda akan melihat opsi untuk menjalankan promosi di Instagram, Facebook dan Messenger.
Saat mencari tahu berapa banyak uang yang ingin Anda keluarkan saat beriklan di Instagram, mulailah dari budget yang rendah terlebih dahulu. Anda selalu dapat meningkatkan anggaran nanti jika iklan Anda terbukti optimal.
Setelah Anda selesai memilih siapa yang akan ditargetkan dan berapa banyak yang harus dibayar, lanjutkan ke langkah selanjutnya.
Pada tampilanberikutnya Anda akan melihat opsi untuk memilih format iklan Instagram Anda. Perhatikan bahwa format Canvas tidak sesuai dengan Instagram. Setelah Anda memutuskan, scroll ke bawah untuk mengunggah gambar atau video Anda.
Jika Anda sudah mengunggah gambar/video, scroll lebih jauh ke bawah, dan Anda akan melihat opsi di sebelah kiri untuk menambahkan teks ke iklan Anda.
Terakhir, di sebelah kanan editor teks, Anda dapat melihat pratinjau bagaimana tampilan iklan Anda di Instagram. Di bawah ini adalah contoh tampilan iklan di Instagram. Anda juga dapat melihat bagaimana iklan Anda akan terlihat dalam format lain yang dipilih.
Setelah semuanya sudah sesuai dengan keinginan Anda, klik “Place Order.” Jika tidak, kembali dan lakukan perubahan.
Step 4: Analisa dan optimalkan iklan Instagram
Pekerjaan Anda tidak selesai setelah Anda meluncurkan promosi iklan Instagram pertama Anda. Setelah berjalan, Anda akan ingin memantau kinerjanya dan menguji ide-ide baru untuk menemukan cara yang lebih kreatif, dan juga penargetan yang lebih efektif. 
Di dalam Ads Manager, Anda dapat mengedit iklan Instagram Anda untuk merubah parameter penargetan, dan melihat analisis kinerja iklan Anda.
Membuat iklan Instagram untuk pertamakalinya mungkin tidak mudah, namun setelah Anda menaklukkan yang pertama, nantinya akan jauh lebih mudah untuk yang kedua kalinya dan seterusnya.
Selamat mencoba!

Sumber:

Instagram Ads: How to Advertise on Instagram in 2019

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *