logo
Tertarik beriklan di Instagram? Simak dulu informasi di bawah ini, yuk!
Pada sosial media seperti di Instagram, tidak peduli seberapa kecil audiens Anda, postingan Anda bisa mendapatkan beberapa like dan komentar, terutama jika Anda menggunakan tagar (hastag) yang tepat dan relevan.
Dan dengan 500 juta pengguna aktif harian, Instagram merupakan media sosial untuk melakukan promosi yang memikat. Apalagi kini tersedia berbagai aplikasi dan tools yang dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan promosi di Instagram.

Pengaruh Instagram bagi bisnis e-commerce sangat kuat. Karena itu pada jaman seperti sekarang, sudah bisa dipastikan orang yang memiliki usaha dan bisnis penjualan bahkan jasa, memiliki akun Instagram.

Dulu, jika Anda ingin memasang iklan di Instagram, Anda harus menggunakan posting yang disponsori. Ini membuat Anda harus menghubungi dan bernegosiasi secara pribadi dengan influencer yang ada di Instagram, dan meminta mereka untuk mempromosikan merek/barang jualan Anda di akun mereka. Meskipun ini bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk mengarahkan traffic penjualan, cara ini memiliki beberapa keterbatasan:
  1. Seringkali mahal.
  2. Perlu menghubungi influencer lalu melakukan negoisasi harga.
  3. Tidak ada pertanggungjawaban jika mereka tidak memposting sesuai kesepakatan.
  4. Target audies terbatas.
Posting yang disponsori masih menjadi cara favorit untuk beriklan di Instagram karena membuat orang lain mempromosikan produk Anda akan membawa pengaruh yang kuat. Ini memberikan bukti secara sosial dan orang-orang lebih cenderung tertarik membeli sesuatu ketika seseorang yang mereka percaya telah membeli/memakainya terlebih dahulu. Plus, meskipun Anda tidak memiliki banyak kendali atas audiens dari pengikut influencer, setidaknya Anda tidak harus memikirkan tentang siapa yang akan ditargetkan.
Beriklan Melalui Instagram
Sejak akhir 2015, siapa pun sekarang dapat belajar cara membuat iklan di Instagram melalui platform iklan self-serve Facebook. Dengan begitu, Anda memiliki kendali penuh atas iklan produk, bagaimana iklan itu muncul, dan siapa yang melihatnya. Dan tidak seperti posting yang disponsori dan kemitraan berbayar dengan influencer, iklan Anda akan diposting langsung dari akun Anda sendiri. Keuntungan dari metode beriklan di Instagram ini meliputi:
  1. Harga yang dapat diukur.
  2. Dapat dilakukan sendiri dan instan.
  3. Anda dapat memegang kendali post.
  4. Penargetan audiens lebih akurat.
Terlebih lagi, dengan berubahnya sistem Instagram dari timeline home yang tampil secara kronologis ke timeline yang telah diatur sistem, Anda tidak pernah tahu berapa banyak pengikut yang akan melihat posting Anda.
Tipe Iklan di Instagram
1. Photo Ads
Photo Ads menggunakan salah satu foto sederhana dalam format lanskap atau square. Ini adalah hal yang paling sederhana dalam beriklan, karena Anda hanya perlu satu gambar.
2. Video Ads
Instagram dulu memiliki batasan 15 detik untuk video, tetapi saat ini Instagram telah merubah aturan tersebut. Sekarang, video dapat berdurasi hingga 60 detik dan dalam format lanskap atau square.
3. Carousel Ads
Iklan yang menggunakan Carousel Ads dapat mempost 2-10 gambar atau video dan dapat dilihat dengan menggeser (slide) gambar/video yang ditampilkan.
4.  Slideshow Ads
Slideshow Ads mirip dengan iklan video yang ditampilkan pada home pengguna. Iklan ini terdiri dari serangkaian gambar foto seperti tampilan slide. Anda dapat menambahkan teks dan audio ke iklan Slideshow Anda.
5. Stories Ads
Stories Ads adalah salah satu jenis iklan terbaru yang tersedia untuk platform bisnis. Instagram Stories mirip dengan Snapchat karena memungkinkan pengguna, dan merek, untuk berbagi foto dan video. Merek juga dapat beriklan di Instagram Story dengan konten foto atau video.
Tujuan beriklan di Instagram
Saat beriklan di Instagram, Anda dapat memilih beberapa tujuan iklan. Ini adalah cara untuk mendapatkan sasaran tepat dalam meraih engagement Instagram. Jangan abaikan pilihan ini. Karena dengan memilih, ini akan mempengaruhi bagaimana iklan Instagram Anda dapat dioptimalkan dan bagaimana Anda akan membayarnya. Misalnya, jika tujuan Anda adalah membuat orang menonton video Anda, Anda mungkin tidak peduli berapa banyak pengguna yang mengklik link Anda.
Opsi yang ditawakan oleh Instagram diantaranya:
Brand Awareness
Pilih opsi ini jika Anda ingin merek/bisnis Anda untuk lebih dikenal. Ini meliputi promosi produk, aplikasi, atau layanan Anda saat beriklan di Instagram. Tujuan Brand Awareness mendukung iklan dengan gambar, video, carousel, slide, dan story.
Reach
Dengan reach, Anda dapat mendorong brand awareness dari bisnis, produk, aplikasi, atau layanan Anda. Reach mendukung semua jenis iklan Instagram. Reach berbeda dengan brand awareness karena memungkinkan Anda untuk menjangkau audiens yang lebih besar, sedangkan brand awareness lebih ditargetkan untuk pengguna yang spesifik.
Traffic
Anda dapat memilih Traffic untuk mengarahkan pengunjung ke situs web Anda. Jika Anda memiliki aplikasi mobile, ini juga efektif untuk meningkatkan engagement aplikasi. Tujuan yang sebelumnya disebut Klik Situs Web sekarang berada di bawah Traffic. Anda juga dapat menggunakan tujuan ini untuk membuat penawaran untuk audiens Anda. Sasaran Traffic mendukung semua jenis iklan Instagram.
Install App
Pilihan Install App sangat ideal jika Anda mencoba membuat pengguna untuk mengunduh aplikasi Anda. Anda dapat menggunakan jenis iklan Instagram apa pun untuk Install App.
Engagement
Engagement adalah pilihan lain yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan penawaran. Ini juga efektif dalam mempromosikan akun dan pos Instagram Anda. Iklan gambar, iklan video, dan iklan tayangan slide bisa Anda pilih.
Video Views
Jika Anda menjalankan iklan video, iklan carousel, iklan slideshow, atau iklan story, Anda dapat menggunakan Video Views untuk mempromosikan video. Ini adalah tujuan yang efektif untuk mendorong kesadaran akan merek dan produk Anda.
Lead generation
Iklan Instagram dengan Lead Generation sangat bagus untuk mengumpulkan informasi dari pengguna, seperti alamat email mereka, sehingga Anda dapat memasarkannya di kemudian hari. Ini mendukung semua jenis iklan Instagram.Conversion
Conversion
Conversion adalah pilihan yang bagus untuk bisnis e-commerce yang ingin mendorong penjualan. Jika Anda ingin orang lain melakukan tindakan tertentu pada aplikasi Anda dan Anda memasang Facebook SDK, maka conversion akan menjadi pilihan yang tepat.
Target Audiens Instagram
Iklan Instagram memiliki semua opsi target yang sama dengan iklan yang ada di Facebook. Ini termasuk penargetan audiens berdasarkan lokasi, demografi, minat, perilaku, kemiripan, dan penargetan otomatis (secara otomatis dilakukan oleh Facebook).
Lebih baik lagi jika Anda memiliki audiens khusus, Anda dapat menargetkannya di Instagram. Audiens khusus adalah sekelompok orang yang telah terhubung dengan merek Anda dengan cara tertentu. Ini bisa dengan mengunjungi situs web Anda, berinteraksi dengan postingan Anda di Facebook, menggunakan aplikasi Anda, atau berbagi informasi kontak dengan Anda.

Sumber:

https://www.shopify.co.id/blog/instagram-ads

Related Posts

  1. […] kini Anda tidak hanya dapat untuk memposting barang jualan dan berinteraksi dengan pelanggan, namun Instagram sekarang juga menyediakan fitur untuk beriklan, sama seperti […]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *