logo
Tidak ada seorangpun yang ingin ketinggalan, dan pada jaman sekarang, bisnis Anda sepertinya wajib untuk memiliki akun media sosial. Anda mungkin sedang berjualan dan mempromosikan barang dagangan milik Anda melalui Facebook misalnya, tapi bagaimana dengan beberapa jenis media sosial lain, khususnya Instagram?
Dengan Instagram, Anda dapat melakukan penjadwalan otomatis untuk posting barang jualan Anda. Di bawah ini Anda akan menemukan banyak aplikasi yang dapat digunakan pada gadget Anda untuk menjadwal posting pada akun Instagram dan juga meng-update-nya langsung di Instagram. Ada pula beberapa tools hebat lainnya yang kami akan bahas untuk meningkatkan dan memaksimalkan penggunaan media sosial untuk bisnis Anda.
Yuk, simak penjelsannya di bawah ini!
Buffer for Instagram
Aplikasi Buffer adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk mehemat waktu dalam mengelola akun media sosial Anda. Buffer memungkinkan Anda untuk mempublikasikan dan menjadwal postingan selanjutnya pada beberapa platform media sosial yang berbeda seperti Facebook, Twitter dan Pinterest, dan memberikan analisis mendalam tentang aktivitas pada media sosial Anda.
Dan sekarang Buffer juga telah memungkinkan Anda untuk melakukan hal yang persis sama dengan Instagram. Jadi kini Anda dapat menjadwalkan posting ke Instagram! Yang hebat dari Buffer lainnya adalah kemudahan dalam menggunakan aplikasinya, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi karena Buffer tidak sulit untuk dipelajari dan dimengerti. Cukup hubungkan akun sosial Anda pada Buffer, jadwalkan konten Anda, dan semua dapat dilakukan secara mudah dan cepat.
Anda dapat menggunakan Buffer untuk Instagram secara gratis hingga 10 postingan yang terjadwal. Jika Anda ingin lebih banyak opsi posting, Anda dapat mendaftar untuk paket yang tersedia untuk menggunakan beberapa akun media sosial.
Hootsuite
Hootsuite mirip dengan Buffer karena dapat memungkinkan Anda untuk mempublikasikan postingan Anda langsung ke Instagram. Tapi tools media sosial yang sudah populer ini bisa melakukan lebih dari sekadar menjadwalkan posting Anda.
Mari lihat beberapa fungsi Hootsuite:
  • Melihat Pesaing Toko Online
Jika Anda baru mengenal Instagram, satu hal yang dapat Anda lakukan adalah mulai mengikuti beberapa ‘influencer’ yang telah memiliki nama di Instagram, bahkan kompetitor Anda.
Dengan mengikuti kompetitor, Anda dapat memperoleh wawasan tentang strategi pemasaran mereka. Berapa banyak pengikut yang mereka miliki dan apakah realistis bagi Anda untuk mencapai hal yang sama? Jenis postingan apa saja yang sering di-update oleh pesaing Anda? Apakah isi Instagram mereka penuh dengan testimonial atau gambar-gambar produk dari bisnis mereka?
Anda juga dapat melihat seberapa menarik posting mereka dan bagaimana mereka menggunakan tagar/hastag untuk menjangkau lebih banyak orang. Nah, Hootsuite dapat membantu Anda untuk memantau pesaing dengan mudah, tepat di dasbor Anda.
  • Kembangkan keterlibatan Anda di Instagram
Menumbuhkan brand dan kehadiran Anda di Instagram bergantung pada seberapa baik Anda terlibat dalam platform ini. Bukan hanya semua gambar dan hastag, aliran pencarian Hootsuite memudahkan Anda untuk bekerja membangun komunitas.
Misalnya, jika Anda membuat hastag seperti #jualpakaianwanita atau #jualcasinghandphonemurah, Anda dapat mengatur pencarian hastag dan dengan mudah melihat siapa yang menggunakan hastag yang sama dan yang mengomentari postingan dengan hastag tersebut.
Jika Anda ingin menemukan dan mengikuti kompetitor Anda, Anda dapat mengatur pencarian pengguna untuk profil mereka.
Hootsuite menawarkan uji coba 30 hari gratis untuk 3 profil media sosial dan beberapa jenis pilihan paket yang dapat menggunakan hingga 50 profil media sosial.
Sendible
Sendible adalah alat manajemen media sosial yang lengkap sehingga untuk penggunaanya tidak hanya memungkinkan Anda untuk menjadwalkan & mempublikasikan konten langsung ke Instagram (dan jejaring sosial lainnya), namun lebih dari itu.
Ini adalah alat manajemen Instagram sepenuhnya karena Anda dapat menggunakan Sendible untuk menjadwalkan pembaruan, membalas pengikut Anda melalui direct massage media sosial, membuat laporan analitik akun Anda, atau berkolaborasi dengan tim Anda
Sendible juga dapat menjadi solusi jika Anda ingin menjadwalkan postingan Instagram saat Anda bepergian atau saat Anda ingin melakukan aktifitas lainnya.
Untuk satu pengguna dan hingga 4 akun media sosial, penetapan harga pada paket Mikro yang direkomendasikan untuk pebisnis pemula. Jika Anda menjalankan tim atau toko online yang sudah besar dan memiliki banyak pengikut, Anda dapat menemukan paket lainnya yang dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut.
Later.com
Later.com adalah alat penjadwalan lain yang bagus untuk Instagram.
Belakangan ini Later.com mengungkapkan bahwa mereka telah digunakan oleh, ”600.000 brand terkemuka dunia, agensi dan influencer,” yang menjadikannya tools yang sangat populer digunakan oleh banyak blogger dan pengusaha kecil maupun besar..
Selain itu mereka juga menyediakan cara mudah untuk mengelola komentar Anda di Instagram.
Menariknya, Later.com menawarkan paket Gratis Selamanya yang memungkinkan Anda untuk menjadwalkan hingga 30 posting foto (tidak ada video) untuk satu profil sosial per bulan.
Tailwind
Tailwind sangat dikenal sebagai aplikasi penjadwalan dan analitik otomatis untuk Pinterest, tetapi mereka baru-baru ini memperluas rangkaian fitur mereka dengan memasukkan penjadwalan untuk Instagram.
Dengan pembaruan baru ini, Tailwind dapat memudahkan Anda untuk menjadwalkan posting Instagram Anda secara massal menggunakan fungsi drag-and-drop yang ada.
Satu keunggulan dari penjadwal Instagram milik Tailwind dibandingkan aplikasi saingan lainnya adalah fungsi ‘penjadwalan cerdas’ mereka yang unik. Tailwind secara otomatis merekomendasikan waktu optimal untuk memposting yang dirancang khusus untuk akun Instagram Anda. Ini berarti postingan bisa dijadwalkan untuk dipost nantinya ketika audiens Anda sedang online atau pada saat waktu dimana potensi engagement konten Anda dapat meningkat.
Anda dapat mencoba penjadwal Instagram secara gratis hingga 30 posting, dan selanjutnya jika tertarik Anda dapat membeli beberapa paket yang disediakan Tailwind.
Oke, itu adalah untuk alat penjadwalan, manajemen & analitik akun media sosial Anda. Sekarang, mari kita lihat jenis tools Instagram lain yang menurut kami akan sangat berguna untuk Anda dalam mengelola akun media sosial bisnis Anda.
Hashtagify
Saat Hashtagify lebih fokus pada tagar di Twitter, itu tidak berarti Anda tidak dapat menggunakan data mereka untuk mendapatkan keuntungan di Instagram.
Hashtag adalah tagar, dan apa yang sedang tren di satu platform dapat dengan mudah menjadi tren di platform lainnya. Ingat, pesaing Anda mungkin tidak mencari di sini juga, jadi itu mungkin bisa menjadi bonus lain.
Mulailah dengan mencari pesaing Anda. Anda kemudian akan ditampilkan dengan cloud tag, dan setiap item dapat di-klik, jadi ini memungkinkan Anda untuk mengumpulkan hastag populer.
Jika Anda lebih menyukai angka daripada representasi visual, Mode Tabel memberi Anda data tentang seberapa populer setiap tagar, korelasi antara pencarian Anda, dan tren mingguan sampai bulanan.
Hashtagify juga menawarkan pelacakan Instagram dan membantu Anda menemukan tagar dan influencer terkait untuk produk yang akan Anda jual. Pada Hashtagify, ada uji coba gratis 10 hari dan jika Anda ingin terus menggunakannya ada akan melakukan pembayaran per bulan untuk akses ke ‘perpustakaan’ hastag dan pelacakan untuk Instagram.
Iconosquare
Iconosquare memberi Anda insight tentang akun Instagram milik Anda dan sangat memungkinkan untuk mengelola aktivitas Instagram. Jika Anda benar-benar ingin menggunakan Instagram sebagai strategi pemasaran untuk bisnis Anda, maka Iconosquare dapat memberikan analisis mendalam pada akun Instagram.
Iconosquare dapat sekaligus mengukur pertumbuhan followers, lokasi, jumlah followers/unfollowers harian, pengikut harian, tidak mengikuti, dan banyak lagi dapat dilakukan di Iconosquare.
Kalau Anda merasa kesulitan dalam mencari tagar terbaik untuk postingan Anda, Iconosquare bisa membantu Anda. Anda dapat menggunakan layanan mereka untuk mencari tagar serta pengguna sehingga postingan Anda dapat menjangkau lebih banyak orang.
Kesimpulan:
Jika Anda berada di masih ragu tentang menggunakan Instagram untuk bisnis Anda, sekarang saatnya untuk memulai! Dengan lebih banyak pengguna aktif daripada Twitter, dan serangkaian fitur seperti stories, highlight, dan lainnya, Instagram menjadi lebih populer daripada banyak platform media sosial yang ada sekarang.
Kini pun banyak aplikasi dan tool yang dapat Anda gunakan untuk menggunakan Instagram dengan cepat dan efektif. Anda bisa memiliki alat penjadwalan sederhana seperti Buffer dengan paket gratis yang tersedia, atau seperti Sendible yang dapat menangani banyak akun sosial media yang Anda inginkan. Dan jika Anda kesulitan menemukan tagar terbaik, Hashtagify memberi Anda tagar yang paling populer dan sedang tren untuk pos Instagram Anda. Ingin analisis mendalam? coba Iconosquare untuk kebutuhan analitis Instagram Anda.

Sumber:

bloggingwizard.com/instagram-tools/

Related Posts

  1. […] Dan dengan 500 juta pengguna aktif harian, Instagram merupakan media sosial untuk melakukan promosi yang memikat. Apalagi kini tersedia berbagai aplikasi dan tools yang dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan promosi di Instagram. […]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *