logo
Mungkin masih banyak yang penasaran tentang bagaimana sebenarnya cara membangun dan membagi tim dalam usaha toko online atau online shop. Untuk menangani semua pekerjaan pada toko online dibutuhkan sumber daya manusia yang bisa bekerjasama secara optimal agar bisa menciptakan perputaran bisnis online yang menguntungkan, sehingga dimungkinkan online shop harus memiliki beberapa admin untuk mengoperasikan kegiatan usaha. Dengan pengorganisasian admin online shop yang baik, maka seluruh proses penjualan, pembelian dan transaksi lainnya dapat berjalan lancar dan efektif.
Sebenarnya membangun tim untuk menjalankan kegiatan pada online shop tidak jauh berbeda dari membangun tim bisnis/toko offline. Letak perbedaannya adalah medium pengerjaannya saja, yaitu banyak kegiatan yang dilakukan secara online dan sistematis tanpa bertemu dengan pelanggan secara langsung. Jadi perlu ada beberapa admin pada divisi yang berbeda dari bisnis offline.
Untuk jumlah admin online shop sendiri tidak ada aturan tertentu. Namun Anda harus memperhitungkan di platform mana saja Anda berjualan, seberapa banyak barangnya dan seberapa banyak kuantitas pengiriman per hari. Karena itulah kami memberikan referensi beberapa contoh admin beserta tugas dan kewajibannya agar Anda dapat memperhitungkan dan mempertimbangkan berapa jumlah admin yang diperlukan untuk menjalankan toko online milik Anda.
Admin Media Sosial & Platform Penjualan
Tanggung jawab Admin media sosial atau platform penjualan akan mengunggah informasi terkait produk yang dijual dan akan melakukan update dari waktu ke waktu. Admin media sosial juga perlu untuk menjawab komentar atau personal message, menghapus postingan dari akun-akun spam, dan lainnya. Secara keseluruhan, tugas dari admin ini adalah untuk memelihara semua yang berhubungan dengan akun penjualan milik toko online Anda. Selain itu admin yang menangani media sosial juga harus selalu up to date dengan tren yang sedang terjadi, tapi perlu diingat bahwa tidak semua hal-hal yang sedang menjadi tren dapat menjadi referensi untuk konten atau topik di akun media sosial online shop.
Admin Customer Handling & Customer Service
Admin ini bertanggung jawab dan memberikan pelayanan kepada pelanggan. Biasanya meng-handle beberapa tugas seperti menjawab segala pertanyaan pelanggan terkait produk dan pembelian. Untuk online shop yang masih melakukan transaksi secara manual, admin akan berhubungan langsung dengan pelanggan melalui Line, WhatsApp atau E-mail. User yang menangani pelanggan juga akan menjawab segala komplain dari pelanggan terkait pemakaian produk, pembelian dan pengembalian barang.
Admin Keuangan & Pembelian
Tugas dari admin keuangan dan pembelian adalah untuk menangani pemasukan, pengeluaran, dan pengadaan stok barang. Selain itu admin harus dapat membuat laporan keuangan mengenai seluruh kegiatan penjualan maupun pembelian, begitu pula pemasukan dan pengeluaran barang secara periodik. Tidak jarang admin juga harus dapat mengatur bagaimana pemasukan dan pengeluaran dapat dimaksimalkan atau diminimalkan.
Admin Gudang & Pengiriman
Admin ini bertanggung jawab untuk mengirimkan order ke pelanggan. Ini semua meliputi proses mengatur stok barang, pengemasan barang, mengirimkan barang ke kurir, bahkan mengantarkan barang bila online shop Anda menerima metode pengiriman Cash On Delivery. Admin gudang juga bertugas untuk mengatur stok barang di gudang dan bertanggung jawab atas jumlah stok yang ada sekaligus memantau dan mengontrol kualitas dari barang jualan. Jadi, jika ada barang yang cacat, rusak, dan ditemukan bermasalah sebelum dijual, admin harus meneruskannya pada admin yang menangani pembelian.
Jika Anda memiliki toko online dan kewalahan dalam menjalankan semua proses operasi penjualan dan pembelian, maka Anda mungkin memerlukan beberapa admin yang dapat membantu Anda untuk menangani online shop agar kegiatan jual-beli dapat berjalan secara lancar dan cepat. Tidak ada salahnya Anda mempekerjakan beberapa admin dengan peran yang berbeda-beda. Dengan adanya tambahan admin untuk menangani toko online juga diharapkan Anda dapat meningkatkan penjualan dan pelayanan terhadap pelanggan.
Clodeo adalah aplikasi toko online yang bisa Anda andalkan karena memiliki fitur Multi-admin dimana Anda bisa membagi-bagi admin sesuai dengan tugasnya. Jadi, Anda dan karyawan toko online anda dapat berbagi tugas dengan efisien dan baik.

Related Posts

  1. makasih admin artikelnya sangat membantu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *