logo
Aplikasi Toko Online adalah aplikasi yang bisa membantu Anda dalam melakukan pengelolaan online shop maupun pencatatan dari data-data administrasi toko online atau bisnis online seperti data produk, stok produk, data pelanggan, pencatatan data pengiriman, resi pengiriman, perhitungan ongkos kirim, pencetakan label pengiriman, sampai laporan keuangan seperti laporan laba rugi, laporan penjualan, pembelian dan biaya. Semua bisa dilakukan secara online dan otomatis.
Dengan menggunakan aplikasi toko online yang berbasis cloud, Anda dapat memperbarui dan memantau kinerja toko online Anda dimana saja dan kapan saja. Sistem cloud pada aplikasi toko online juga membantu Anda dalam pencatatan dan akses yang mudah dan cepat. Jadi Anda tidak akan lagi melakukan pencatatan dan pendataan order atau pembelian barang secara manual pada media kertas.
Mengapa aplikasi toko online keuangan atau aplikasi pembukuan keuangan kini sangat diperlukan oleh toko online? Sebelum menjawabnya, pertama-tama, kita akan membahas mengapa akuntansi keuangan adalah hal yang penting baik bagi para pebisnis konvensional maupun pebisnis online.

Mengapa begitu penting?

Dengan adanya akuntansi keuangan Anda dapat menghasilkan jenis-jenis laporan keuangan, dan Andapun bisa menjadikan laporan keuangan tersebut sebagai dasar untuk mengembangkan bisnis online Anda dengan mengambil keputusan dan kebijakan bisnis yang tepat demi kelancaran bisnis.
Bisnis online kini sedang marak dilakukan di Indonesia baik dari sisi penjual maupun dari sisi pembeli. Bisnis online pun melahirkan banyak pengusaha-pengusaha baru yang sukses. Namun kesuksesan sebuah bisnis tidak hanya dihitung dari berapa banyak barang atau jasa yang terjual.
Tapi pengusaha juga harus memikirkan bagaimana caranya untuk membuat laporan keuangan untuk menggambarkan kinerja keseluruhan dari usaha yang dijalankan, sehingga penting bagi para pebisnis untuk membuat laporan keuangan, salah satunya adalah laporan laba rugi.
Hampir semua perusahaan besar, kecil, maupun online shop harus memiliki laporan laba rugi. Laporan ini merupakan sebuah laporan yang berisi informasi finansial dari usaha yang telah berlangsung dalam satu periode.
Laporan laba rugi dibuat dalam periode tertentu, baik itu periode bulanan, per semester, maupun periode tahunan. Fungsi dari laporan ini untuk mengetahui apakah bisnis rugi atau untung dalam periode tersebut. Jika pengeluaran lebih besar daripada pendapatan, maka bisnis yang anda jalankan dikatakan rugi, tetapi apabila sebaliknya, maka usaha Anda jalankan dalam keadaan untung.
Proses akuntansi keuangan tidak harus dimulai jika usaha berjualan online yang Anda lakukan sudah besar, alangkah baiknya jika pembukuan dibuat sejak bisnis baru berdiri. Walaupun transaksi belum terlalu banyak, Anda tetap disarankan untuk dapat mengetahui bagaimana kinerja bisnis setiap waktu.
Bagi Anda yang belum terlalu fokus pada akuntansi keuangan dan memulai untuk membuat laporan keuangan pada bisnis onlinenya, berikut adalah hal-hal yang perlu diketahui atas pentingnya membuat laporan keuangan:

Mengetahui Besar Untung dan Rugi yang Diperoleh

Adanya laporan laba rugi pada laporan keuangan dapat membantu Anda untuk melihat jumlah keuntungan yang diperoleh atau kerugian yang dialami selama bisnis berjalan dalam periode tertentu. Dengan aplikasi toko online, laba dan rugi bisa Anda dapatkan tanpa menghitungnya secara manual, dan bisa dicek kapanpun dimanapun.

Bahan Evaluasi Kinerja Bisnis

Dengan adanya laporan keuangan pada aplikasi pembukuan, Anda dapat melakukan evaluasi terhadap bisnis yang dijalani. Apa saja kekurangan yang ada selama ini serta kelalaian-kelalaian yang terjadi, sudah betulkah penggunaan dana, dan lainnya. Sehingga untuk kedepannya operasional bisnis menjadi lebih baik, dan Anda bisa mengatur keuangan lebih mudah lagi.

Bahan Analisis untuk Mengambil Keputusan Bisnis

Aplikasi toko online bisa dijadikan acuan untuk mengambil sebuah keputusan bisnis terutama bagi para pebisnis online. Sebagai contoh, Anda dapat memutuskan produk mana yang akan lebih dipromosikan dengan melihat jumlah penjualannya di aplikasi pembukuan. Kemudian, Anda bisa memutuskan produk dengan penjualan terendah akan ditingkatkan promosinya untuk mendongkrak penjualannya. Contoh tersebut bisa dilakukan dengan cepat dan akurat dari hasil analisis yang Anda lakukan pada aplikasi pembukuan. Hal ini dikarenakan pebisnis online dituntut untuk bekerja secara cepat dan bijakasana membagi waktu antara menganalisa bisnis dan memberikan pelayanan ke pelanggan.

Membuat Strategi Khusus untuk Bisnis Online

Dalam menjalankan bisnis online tentu ada strategi khusus yang diterapkan karena ketatnya persaingan. Untuk mengetahui seberapa berhasilnya strategi tersebut dapat dilihat dari laporan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Tidak hanya laporan laba dan rugi, tapi juga informasi seperti top pelanggan, top kategori produk, hingga biaya operasional bisnis yang perlu didapatkan secara akurat dan cepat.
Aplikasi toko online dapat menyederhanakannya karena seluruhnya telah terhitung secara otomatis. Ini artinya Anda bisa menentukan strategi khusus untuk bisnis online Anda baik dari hal taktik pemasaran bisnis, kualitas produk, hingga kecepatan pengiriman.
Namun masalah yang sering muncul dari pengusaha online shop mengenai laporan keuangan adalah: Bagaimana caranya membuat laporan keuangan untuk bisnis online? Tentunya ini menjadi pertanyaan yang serius, karena memang sebagian besar pengusaha bisnis online tidak memiliki dasar ilmu mengenai akuntansi.
Tapi kini Anda tidak perlu khawatir, karena Clodeo hadir sebagai aplikasi toko online sekaligus menjadi aplikasi toko online / aplikasi pembukuan yang dapat membuat laporan laba rugi dan laporan keuangan lainnya secara otomatis.

Berikut adalah beberapa keuntungan memakai Clodeo sebagai aplikasi toko online keuangan untuk usaha online Anda:

Meningkatnya Efisiensi Dalam Pencatatan

Dengan melakukan pencatatan secara manual dengan media kertas dan dokumen akan mengurangi efisiensi dari kegiatan pembaharuan dalam penjualan, data pambeli, pencatatan keuangan dan stok yang dilakukan dalam periode jangka waktu tertentu. Hal ini dikarenakan semua dilakukan dengan cara konvensional. Jika dokumen hilang atau terdapat kesalahan pencatatan, maka data keseluruhan harus diperbaharui satu persatu, sehingga memperlambat dan mengganggu kegiatan penjualan maupun pembelian. Dengan aplikasi pembukuan, semuanya akan menjadi lebih mudah dan tidak memerlukan banyak waktu dan kertas.

Penyimpanan Dokumen yang Lebih Rapi

Secara manual Anda diharuskan untuk melakukan penyimpanan dalam jangka waktu tertentu dalam map atau binder yang diurutkan berdasarkan bulan. Dengan demikian jika Anda memerlukan data administrasi untuk saat tertentu, Anda dapat segera menemukannya.
Namun, jika hal ini dilakukan terus menerus maka dokumen semakin lama akan semakin banyak dan menumpuk, sehingga data kemungkinan hilang, tertukar, atau terselip. Hal ini akan berakibat pada staff yang berkepentingan dengan dokumen tersebut. Pekerjaannya akan menjadi terhambat karena data tidak bisa ditemukan, sehingga perlu pencatatan ulang untuk mengembalikan dokumen.
Jika pencatatan dan penyimpanan dilakukan dengan menggunakan aplikasi pembukuan, data dan seluruh dokumen dapat tersimpan lebih rapih dan tidak akan memakan tempat karena semuanya tersimpan dalam sistem cloud computing.

Laporan Keuangan yang Didapatkan Secara Otomatis

Dengan aplikasi toko online, pencatatan penjualan transaksi bisnis online, pembelian maupun perhitungan stok dapat mempengaruhi laporan keuangan online shop karena seluruh kegiatan pencatatan yang dilakukan telah terintgrasi satu sama lain. Maka secara otomatis aplikasi pembukuan dapat menyediakan laporan keuangan secara detil seperti laporan penjualan, pembelian, biaya, dan laporan laba rugi, yang semua dapat diakses dalam satu aplikasi.
Jadi, dengan adanya aplikasi toko online, semua transaksi bisnis online dapat terpantau dan tercatat dengan baik. Pembukuan dan pembuatan laporan yang sering dilupakan oleh para pelaku bisnis, apalagi jika bisnisnya masih baru dan belum terlalu besar dapat dilakukan lebih mudah, ringan dan cepat.
Clodeo mengerti kebutuhan Anda sebagai pebisnis online, karena itu Clodeo hadir sebagai solusi dari kerumitan dari masalah akuntansi dan laporan keuangan yang pada dasarnya sangat dibutuhkan oleh bisnis Anda.
Clodeo memiliki fitur laporan keuangan dimana Anda dapat dengan mudah melihat laporan keuangan secara cepat dan akurat. Laporan yang ditampilkapun bisa di cek berdasarkan periode yang Anda inginkan. Begitupula beberapa jenis laporan lainnya juga dapat Anda lihat, seperti laporan laba rugi, laporan pembalian, dan laporan penjualan.
Fitur-fitur lainnya yang disediakan pada aplikasi, bisa membantu Anda menyederhanakan kebutuhan pencatatan operasional bisnis online dengan mudah dan bisa dilakukan kapanpun dimanapun!
Menjadi bagian yang dapat membantu para pebisnis online untuk mengembangkan bisnisnya merupakan tujuan utama kami. Selain memenuhi kebutuhan online seller, kami ingin selalu memberikan yang terbaik dengan ikut tumbuh dan berkembang bersama usaha milik Anda Dengan seluruh fitur yang ada, Clodeo diharapkan mampu memberikan segala kebutuhan bisnis Anda dalam satu aplikasi.
Yuk, segera daftar di Clodeo untuk menikmati segala kemudahannya!

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *