logo
Berbelanja secara online atau online shopping tentu menjadi kesenangan tersendiri bagi pembeli di era seperti sekarang. Hanya dengan terhubung ke internet, setiap orang dapat langsung memilih barang apa yang diinginkan, dan pesanan barang akan diproses tanpa pelanggan harus mengeluarkan tenaga lebih untuk pergi ke luar rumah. Dengan kata lain pelanggan hanya perlu menunggu sampai barang sampai dari penjual, bahkan pembayaran dapat dilakukan dengan bank transfer atau dengan cara COD (Cash On Delivery).
Online shopping saat ini bukan lagi menjadi sesuatu yang asing untuk masyarakat Indonesia. Online shopping adalah suatu proses pembelian barang atau jasa yang dijual melalui internet dimana penjual dan pembeli tidak pernah bertemu langsung. Barang yang diperjualbelikan ditawarkan melalui gambar dan deskripsi pada website toko online milik penjual. Dari website milik penjual, pembeli dapat memilih barang yang diinginkan untuk kemudian melakukan pembayaran melalui rekening bank yang telah disepakati bersama. Setelah proses pembayaran diterima penjual maka penjual akan mengirim barang pesanan pelanggan ke alamat tujuan.
Untuk peluang pasar bisnis online di Indonesia sendiri sangat menggiurkan, hal ini dikarenakan pengguna internet di Indonesia semakin lama semakin bertambah pesat dan barang-barang yang dapat dijual secara online semakin beragam macamnya. Ditambah banyaknya pilihan metode pembayaran dan pengiriman yang ditawakan oleh penjual online dapat memudahkan dan mempercepat transaksinya dengan pelanggan.
Namun salah satu masalah yang sering dialami oleh pembeli di pasar online adalah keamanan dan keaslian produk. Apakah barang yang mereka pesan akan benar-benar sampai, apakah barang yang dibeli sesuai dengan penjelasan yang telah dicantumkan dan sesuai dengan keinginan, apakah barang yang dijual adalah barang palsu, atau bahkan pelanggan ragu untuk mulai bertransaksi karena takut ditipu oleh penjual yang ditemukan pada situs penjualan online.
Jika pelanggan merasa senang, tentu pihak yang paling diuntungkan adalah toko online. Nama baik dan reputasi toko akan meningkat karena timbul rasa percaya pada toko online dan pelanggan dapat  merekomendasikannya kepada orang lain. Mungkin pembeli juga akan memberikan sebuah testimoni jika mereka merasa puas dengan produk atau pelayanan yang ditawarkan oleh penjual. Namun hal tersebut hanya dapat didapatkan ketika transaksi sudah berar-benar terjadi dan pembeli merasa dilayani dengan baik dan produk yang pelanggan terima dengan cara COD sesuai dengan keinginannya.
Hal itulah yang membuat layanan pengiriman dengan cara COD (Cash On Delivery lebih mudah dipercaya karena pembeli baru akan membayar ketika barang sudah sampai dan diterima dengan baik.

Apa itu Cash On Delivery?

Cash on Delivery atau COD adalah salah satu metode pembayaran dalam bisnis online dimana pembeli melakukan pembayaran kepada penjual pada saat pengiriman. Dengan kata lain COD dapat didefinisikan sebagai kesepakatan antara pembeli dengan penjual untuk melakukan pembayaran ketika barang yang dibeli sudah sampai di alamat tujuan. Sehingga dalam metode COD ini konsumen dapat memeriksa terlebih dahulu barang yang sudah dibelinya.
Apa manfaat yang didapatkan penjual dengan menggunakan metode pengiriman dengan COD?
Tujuan dari cara COD adalah untuk menarik minat belanja pelanggan dengan memberikan variasi pembayaran yang lebih mudah dengan bayar di tempat. Dengan fitur tersebut peluang peningkatan volume penjualan Anda diharapkan akan meningkat.
Selain memberikan keuntungan terhadap pembeli, ada pula keuntungan yang didapatkan oleh penjual dengan menerapkan cara COD dalam transaksinya.

Membangun Reputasi Toko Online Penjual

Salah satu masalah yang sering dialami oleh pembeli online adalah keamanan produk. Apakah barang yang mereka pesan akan benar-benar sampai. Apakah barang yang dibeli sesuai dengan penjelasan yang telah dicantumkan dan sesuai dengan keinginan. Atau bahkan pelanggan ragu untuk mulai bertransaksi karena takut ditipu oleh penjual yang ditemukan pada situs penjualan online. Hal itulah yang membuat sistem Cash On Delivery lebih mudah dipercaya. Karena pembeli baru akan membayar ketika barang sudah sampai dan terima dengan baik.
Jika pelanggan merasa senang, tentu pihak yang paling diuntungkan adalah toko online. Nama baik dan reputasi toko akan meningkat karena timbul rasa percaya pada toko online. Dan pelanggan dapat merekomendasikannya kepada orang lain. Mungkin pembeli juga akan memberikan sebuah testimoni jika mereka merasa puas dengan produk atau pelayanan yang ditawarkan oleh penjual. Namun hal tersebut hanya dapat didapatkan ketika transaksi sudah berar-benar terjadi. Dan pembeli merasa dilayani dengan baik dan produk yang pelanggan terima dengan cara COD sesuai dengan keinginannya.

Toko Online Lebih Dipercaya

Pada saat ini cara COD banyak diterapkan oleh para pebisnis online karena mudah dan juga aman dari penipuan. Bahkan cara COD ini juga telah menjadi bagian dari strategi pemasaran yang terbukti ampuh untuk meningkatkan penjualan. Pembeli dapat memeriksa barang secara langsung sehingga aman dari penipuan dan konsumen dapat langsung komplain dan membatalkan pesanan jika barang tidak sesuai.
Bisa dipastikan online shop yang menyediakan sistem pembayaran COD bukanlah penipuan. Karena adanya jaminan pembayaran dilakukan pada saat barang sampai. Sehingga pembeli lebih yakin dan hal itu bisa menjadi jaminan bagi pembeli untuk benar-benar memastikan bahwa barang yang dibelinya tidaklah palsu. Cepatnya proses inilah yang membuat pembeli menjadi puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh sebuah toko online.

Kemudahan dan Kepraktisan Dalam Bertransaksi Bagi Pembeli

Bagi pelanggan yang melakukan transaksi jual beli online, kemudahan dan kepraktisan transaksi adalah hal yang utama. Cara COD bisa dibilang praktis karena pembeli tidak harus pergi ke ATM untuk transfer. Namun bukan berarti saat COD pembeli tidak bisa memilih metode transfer. Untuk melakukan transfer, saat pihak penjual dan pembeli sudah bertemu, pihak pembeli bisa meminta metode transfer melalui mobile banking atau SMS banking pada penjual. Tentunya setelah barang yang akan dibeli dirasa sudah sesuai pesanan. Kemudian penjual bisa langsung memeriksa apakah transaksi sudah berhasil atau tidak sebelum penyerahan barang.
Dengan kemudahan dan kepraktisan seperti ini yang ditawarkan toko online dengan menggunakan opsi COD maka otomatis akan menarik banyak pelanggan baru. Kepercayaan pelanggan maupun calon pelanggan akan mudah dibangun dan tidak akan ada keraguan untuk bertransaksi. Jika kepercayaan dan reputasi milik toko online baik, selain pembeli dapat memilih opsi COD, maka tidak akan ada keraguan bagi pelanggan untuk melakukan transaksi dengan metode pembayaran lainnya seperti bank transfer, sehingga dapat meningkatkan jumlah pembelian pada toko online.
Berikut ini adalah cara COD aman yang bisa diterapkan bagi pembeli maupun penjual:

Cara COD Aman Bagi Pembeli

Sebagai seorang calon pembeli yang ingin belanja online dan menggunakan cara COD yang harus diperhatikan adalah jika sang penjual memiliki toko sebagai tempat berjualan maka sebaiknya kita mendatangi langsung toko tersebut, minta alamatnya dengan jelas serta penunjuk arahnya. Buat janji ketemuan hari apa dan jam berapa. Jika memang berkenan sang penjual bisa disuruh mengirimkan barangnya ke rumah kita.
Namun jika penjualnya tidak memiliki toko fisik dan cuma sebagai penjual online maka cara COD bisa ditentukan memilih tempat ketemuan sesuai kesepakatan. Cari tempat ketemuan yang nyaman dan hindari tempat sepi. Untuk ketemuan bisa di pinggir jalan namun untuk mengobrol serta transaksi sebaiknya cari tempat yang sekiranya nyaman. Menghindari tempat sepi di sini dimaksudkan untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan seperti tindakan kriminal lainnya.
Sebagai seorang calon pembeli kita harus cerdas terhadap penjual. Jika Anda belum yakin dengan barang yang hendak dibeli dan cuma ingin melihat-lihat barangnya dulu Anda bisa menegaskan sebelumnya terhadap penjual bahwa Anda ingin melihat barangnya terlebih dahulu kalau OK mau dibeli namun kalau tidak OK maka tidak wajib membelinya, hal tersebut dimaksudkan agar jika kita tidak jadi membeli si penjual juga tidak merasa di-PHP-in atau diberi harapan palsu.
Teliti dengan cermat barang yang hendak dibeli, jangan sungkan bertanya kepada penjual mengenai barang tersebut. Tanyakan juga apakah ada garansinya atau tidak dan bagaimana metodenya. Harga adalah harga tawarlah barang tersebut jikalau harga nego. Dan jika barang yang hendak dibeli bernilai mahal maka sebaiknya jangan membawa uang cash terlebih dahulu. Jika barang yang hendak dibeli OK maka kita bisa mencari ATM terdekat untuk transfer uang. Saat transfer sebaiknya juga sama penjual agar setelah transfer struk bukti transfer bisa diserahkan ke penjual dan barang bisa kita ambil.

Cara COD Aman Bagi Penjual

Sedangkan untuk sudut pandang penjual kesamaan dengan sang pembeli adalah sama-sama soal memilih tempat ketemuan. Namun sebelumnya jika Anda sebagai pihak penjual dan ingin COD pastikan sang pembeli benar-benar berniat banget tidak untuk membeli barang tersebut. Memang sebagai penjual terkadang juga merasa kesal jika pembeli tidak jadi membelinya tapi itu memang resiko jual-beli. Maka tegaskan terlebih dahulu kepada si calon pembeli apakah cuma ingin melihat-lihat dulu ataukah benar-benar membutuhkannya.
Jika pembeli dirasa berniat betul ingin membelinya maka OK kita sebagai penjual bisa COD baik di tempat yang telah ditentukan maupun mengunjungi rumahnya jika dirasa perlu. Namun jika sang pembeli kurang yakin dan masih ragu-ragu dan cuma ingin melihat-lihat dulu maka sebaiknya sang pembeli suruh saja datang ke toko/rumah Anda hal tersebut bermaksud agar jika pembeli tidak jadi beli kita tidak capek-capek keluar harus keluar rumah.
Dan kalau pembeli tidak bisa membayar langsung saat COD atau pembeli berjanji ingin kembali membelinya besok hari dengan alasan contohnya belum bawa uang atau uangnya masih kurang dan lainnya maka mintalah uang muka terlebih dahulu jika pembeli berniat mengambil barangnya besok hari.
Hal tersebut bertujuan supaya pihak penjual tidak dirugikan atau di-PHP-in ternyata esoknya pembeli tidak jadi membeli barang tersebut dan kita terlanjur sudah menolak calon pembeli lainnya lantaran barang sudah dipesan. Karena penulis sering mengalami hal demikian, saat COD calon pembeli berjanji ingin ambil barangnya besok hari dan ternyata calon pembeli membatalkan tanpa alasan yang jelas.
Jika bisnis online Anda belum pernah menerapkan cara COD sebagai opsi pengiriman pada pelanggan, kini Anda dapat menggunakan Clodeo. Clodeo adalah aplikasi pengelolaan order yang dikhususkan untuk pebisnis online dengan fitur-fitur untuk mengakomodasi pengiriman order dengan cara COD. Untuk fitur COD sendiri, Clodeo telah melakukan kerjasama dengan SiCepat.

Keuntungan dengan menerapkan cara COD untuk bisnis Anda di Clodeo adalah:

  1. Pengelolaan order & COD dapat dilakukan dalam satu aplikasi
  2. Pengembalian dana COD cepat
  3. Proses COD lebih mudah karena semua sudah dilakukan dengan sistem yang saling terintegrasi
  4. Kurir SiCepat akan melakukan konfirmasi pick up barang
  5. Dan yang pasti aman, baik bagi penjual maupun pembeli

Segera gunakan Clodeo untuk kemudahan pengelolaan transaksi dan mulai terapkan cara COD, yuk untuk bisnis online Anda!

Daftarkan diri Anda sekarang di Clodeo untuk dapat menggunakan fitur COD!

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi CS/Marketing Clodeo di 081377332863/081214340802. Atau klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Referensi:

https://www.kompasiana.com/gunklaten/54f71707a33311b1228b475e/jual-beli-online-tips-aman-saat-cod?page=all

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *