logo
Siapa bilang jika Anda membangun bisnis online, maka harus mempunyai toko online terlebih dahulu? Untuk menjual produk online, Anda bisa memanfaatkan jaringan media sosial sebagai strategi pemasaran Anda. Namun, jika Anda benar-benar berniat untuk sukses membangun merek atau bisnis online Anda sendiri, ada baiknya agar Anda membuat toko online.
Tapi sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk membangun toko online, maka ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Adapun beberapa pilihan tersebut adalah:
  1. Membangun toko online Anda sendiri
  2. Menjual produk di pasar online seperti di Marketplace
  3. Menggunakan website yang menyediakan platform e-commerce
Ketiga pilihan di atas harus Anda pertimbangkan dengan baik. Jika pilihan Anda jatuh pada opsi pertama, maka biaya yang akan Anda keluarkan untuk menggunakan jasa disainer yang tentunya akan sangat mahal dan memakan waktu. Namun, jika Anda ingin mendirikan sebuah toko di pasar online, maka hal tersebut tidak benar-benar menarik. Karena, kebanyakan orang ingin memulai bisnisnya dengan membangun merek mereka sendiri. Lalu, satu-satunya pilihan yang banyak digunakan oleh mereka yang ingin memulai bisnis online mulai dari awal adalah, dengan menggunakan platform e-commerce.
Sebelum Anda beranjak untuk mencari, mempertimbangkan, dan memilih website yang menyediakan platform toko online, maka ada beberapa pertanyaan yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih platform untuk membuat toko online:
  1. Perhitungkan apakah Anda ingin berurusan dengan menginstal sebuah software, menyewa, dll?
  2. Perhatikan disain (tema) pada toko online Anda. Apakah nantinya Anda ingin menggunakan jasa disainer web atau menggunakan disain yang sudah disediakan oleh platform toko online?
  3. Bagaimana kebijakan sistem upgrade platform toko online yang akan Anda pilih? Tentunya Anda hanya ingin membayar upgrade sesuai dengan yang Anda perlukan.
  4. Bagiamana biaya bulanan yang akan Anda bayar?
  5. Apakah platform toko online menyediakan bantuan dan dukungan bagi Anda?
Pertanyaan-pertanyaan di atas harus Anda cari tahu terlebih dahulu, sebelum Anda benar-benar memilih platform toko online. Hal ini dikarenakan, setiap website yang menawarkan platform toko online mempunyai kebijakan berbeda-beda.

Pertimbangkan Biaya yang Harus Dikeluarkan

Banyak website yang menyediakan platform dimana Anda dapat mebangun e-commerce toko online. Untuk itu, Anda harus memilih platform yang tepat dengan harga sesuai dengan kemudahan, kualitas dan layanan yang diberikan. Perlu diperhatikan jika setiap platform penyedia toko online mematok ketentuan yang berbeda-beda. Untuk itu, biaya yang Anda keluarkan juga berbeda pula.

Perhatikan Perencanaan, Hosting, dan Website

Platform e-commerce yang baik adalah yang membantu dalam hal hosting, desain web, dan peluncuran produk ke toko online Anda. Bahkan, platform ecommerce yang baik ditunjang oleh fitur SEO untuk tag produk. Ini agar Google dan search engine lainnya membantu website (toko online) Anda untuk memperoleh peringkat teratas dalam penelusuran. Tentunya, ini akan menguntungkan website Anda dan membuat bisnis Anda semakin berkembang di kemudian hari.

Pelajari Tentang Fitur Belanja dan Pemasaran

Website yang terlihat menarik akan lebih sering dikunjungi oleh pengunjung. Untuk itulah, mengapa toko online harus didisain semenarik mungkin untuk membujuk mata para pengunjung yang nantinya melakukan konversi dan berubah menjadi customer. Inilah mengapa Anda harus memilih platform e-commerce yang memberikan penawaran fitur terbaik untuk toko online Anda.
Jadi pilihlah fitur-fitur yang mampu mempengaruhi pengambilan keputusan customer untuk membeli produk Anda. Misalnya, seperti ulasan konsumen dan perbandingan produk. Harapannya, agar fitur tersebut dapat mendorong calon customer untuk membeli dan loyalitas customer akan membawanya kembali berbelanja ke toko online Anda. Bahkan, jika Anda menginginkan jangkauan pasar yang lebih luas, maka Anda dapat menggunakan fitur dua bahasa. Sehingga memungkinkan Anda untuk mendapatkan customer internasional.

Perhatikan Masalah Privasi dan Keamanan

Ketika Anda memilih platform untuk toko online, maka privasi dan rasa aman penting juga untuk Anda perhatikan. Untuk itu, lihatlah apakah platform e-commerce yang Anda pilih menyediakan fitur privasi dan keamanan. Hal ini bisa Anda tinjau melalui PCI Compliance, perlindungan Secure Socket Layer (SSL), kode atau sandi khusus untuk mengamankan transaksi. Hal-hal tersebut merupakan sebuah keharusan yang dimiliki oleh platform e-commerce ketika terdapat transaksi pembayaran menggunakan kartu kredit. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memastikan agar platform e-commerce Anda memiliki SSL yang aman.

Bantuan dan Dukungan

Ketika Anda membayar untuk membangun toko online Anda melalui platform e-commerce, maka yang terlebih dulu yang harus Anda perhatikan adalah bantuan dan dukungan. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila nantinya terdapat masalah yang hanya dapat diatasi oleh perusahaan penyedia platform e-commerce. Untuk itu, pastikan platform e-commerce yang Anda pilih menyediakan beberapa pilihan untuk layanan contact center bagi penggunanya.  Misalnya melalui telepon, e-mail, live chat, hingga yang menyediakan dukungan seperti FAQ, panduan bagi pengguna, hingga pedoman penggunaan.
Berikut adalah beberapa platform e-commerce yang dapat Anda jadikan bahan pertimbangan sebelum Anda membangun toko online Anda.

Shopify

Sebagai platform e-commerce, Shopify mungkin merupakan platform e-commerce yang paling banyak terdengar di kalangan pelaku bisnis online. Platform e-commerce berbayar yang berasal dari Kanada ini mengembangkan sayapnya ke Indonesia melalui Singtel Singapore pada tahun 2013 lalu. Bukan tanpa alasan, ini dikarenakan pasar e-commerce di Indonesia sangat potensial. Dengan menggunakan Shopify, maka terdapat beberapa kemudahan yang dapat Anda rasakan ketika memilih platform e-commerce ini.
Beberapa kemudahan tersebut seperti halnya proses instalasi yang cukup mudah. Anda hanya mengisikan nama toko, alamat email, password, dan beberapa data diri pribadi. Bukan hanya itu, Anda juga akan dimudahkan dalam hal proses upload produk, katalog produk, dan inventory produk. Bahkan, Anda juga akan lebih mudah untuk mengintegrasikan payment gateway (visa, master, paypall), Facebook Store, dan sosial media.

WooCommerce

WooCommerce adalah sebuah plugin untuk membuat toko online dengan beragam fitur lengkap yang mendukung fungsi toko online. WooCommerce dikembangkan oleh WooThemes dan sifatnya open-source sehingga banyak orang bisa mengutak-atiknya dengan mudah. Anda dapat menampilkan produk untuk dijual secara online sesuai keinginan Anda. WooCommerce sendiri hadir dengan beragam fitur penjualan. Oleh karena itu, tanpa utak-atik terlalu banyak pun sebenarnya Anda sudah bisa menggunakan WooCommerce untuk memulai bisnis.

Plugin WooCommerce ini sangat cocok digunakan oleh

  1. Individu atau perusahaan yang membutuhkan platform ecommerce fleksibel untuk menjalankan toko online.
  2. Pengguna yang menginginkan kontrol lengkap pada data website, misalnya fitur untuk memantau performa, menganalisa visitor, dan sebagainya.
  3. Pengguna WordPress yang menginginkan keleluasan dalam membuat fitur tambahan website toko online.
Sebenarnya, masih banyak lagi website yang menyediakan platform untuk toko online Anda. Namun, beberapa platform di atas paling sering digunakan karena memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak.

Aplikasi Omni Channel

Untuk memudahkan Anda dalam mengontrol dan memegang kendali pada website berjualan Anda seperti Shopify atau WooCommerce, Clodeo hadir sebagai aplikasi omni channel dimana Anda dapat mensinkronisasi barang, stok, dan mengelola orderan yang ada pada website berjualan Anda ke aplikasi Clodeo. Jadi, stok barang akan berkurang secara otomatis jika ada penjualan.
Dengan Aplikasi Omni Channel seperti Clodeo, Anda akan lebih mudah dalam memproses pesanan, dan semua pesanan jadi lebih teratur dan rapi. Tidak ada pesanan yang terlewat atau ‘double-process’. Dan Anda bisa juga langsung melihat resi pengiriman serta mencetak label pengiriman (shipping label).
Yuk, segera mendaftarkan diri di Clodeo demi bisnismu yang lebih mudah dan cepat!

Related Posts

  1. […] memudahkan Anda dalam mengontrol dan memegang kendali pada website berjualan Anda seperti Shopify atau WooCommerce, Clodeo hadir sebagai aplikasi omni channel yang gratis dan bebas biaya dimana Anda dapat […]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *