logo

Berbelanja secara online atau online shopping tentu menjadi kesenangan tersendiri bagi pembeli di era seperti sekarang. Hanya dengan terhubung ke internet, setiap orang dapat langsung memilih barang apa yang diinginkan, dan pesanan barang akan diproses tanpa pelanggan harus mengeluarkan tenaga lebih untuk pergi ke luar rumah. Dengan kata lain pelanggan hanya perlu menunggu sampai barang sampai dari penjual, bahkan pembayaran dapat dilakukan dengan bank transfer atau dengan cara COD (Cash On Delivery).

Online shopping saat ini bukan lagi menjadi sesuatu yang asing untuk masyarakat Indonesia. Online shopping adalah suatu proses pembelian barang atau jasa yang dijual melalui internet dimana penjual dan pembeli tidak pernah bertemu langsung. Barang yang diperjualbelikan ditawarkan melalui gambar dan deskripsi pada website toko online milik penjual. Dari website milik penjual, pembeli dapat memilih barang yang diinginkan untuk kemudian melakukan pembayaran melalui rekening bank yang telah disepakati bersama. Setelah proses pembayaran diterima penjual maka penjual akan mengirim barang pesanan pelanggan ke alamat tujuan.

Untuk peluang pasar bisnis online di Indonesia sendiri sangat menggiurkan, hal ini dikarenakan pengguna internet di Indonesia semakin lama semakin bertambah pesat dan barang-barang yang dapat dijual secara online semakin beragam macamnya. Ditambah banyaknya pilihan metode pembayaran dan pengiriman yang ditawakan oleh penjual online dapat memudahkan dan mempercepat transaksinya dengan pelanggan.

Namun salah satu masalah yang sering dialami oleh pembeli di pasar online adalah keamanan dan keaslian produk. Apakah barang yang mereka pesan akan benar-benar sampai, apakah barang yang dibeli sesuai dengan penjelasan yang telah dicantumkan dan sesuai dengan keinginan, apakah barang yang dijual adalah barang palsu, atau bahkan pelanggan ragu untuk mulai bertransaksi karena takut ditipu oleh penjual yang ditemukan pada situs penjualan online.

Jika pelanggan merasa senang, tentu pihak yang paling diuntungkan adalah toko online. Nama baik dan reputasi toko akan meningkat karena timbul rasa percaya pada toko online dan pelanggan dapat  merekomendasikannya kepada orang lain. Mungkin pembeli juga akan memberikan sebuah testimoni jika mereka merasa puas dengan produk atau pelayanan yang ditawarkan oleh penjual. Namun hal tersebut hanya dapat didapatkan ketika transaksi sudah berar-benar terjadi dan pembeli merasa dilayani dengan baik dan produk yang pelanggan terima dengan cara COD sesuai dengan keinginannya.

Hal itulah yang membuat layanan pengiriman dengan cara COD (Cash On Delivery lebih mudah dipercaya karena pembeli baru akan membayar ketika barang sudah sampai dan diterima dengan baik.

Apa itu Cash On Delivery?

Cash on Delivery atau COD adalah salah satu metode pembayaran dalam bisnis online dimana pembeli melakukan pembayaran kepada penjual pada saat pengiriman. Dengan kata lain COD dapat didefinisikan sebagai kesepakatan antara pembeli dengan penjual untuk melakukan pembayaran ketika barang yang dibeli sudah sampai di alamat tujuan. Sehingga dalam metode COD ini konsumen dapat memeriksa terlebih dahulu barang yang sudah dibelinya.

Apa manfaat yang didapatkan penjual dengan menggunakan metode pengiriman dengan COD?

Tujuan dari metode COD adalah untuk menarik minat belanja pelanggan dengan memberikan variasi pembayaran yang lebih mudah dengan bayar di tempat. Dengan fitur tersebut peluang peningkatan volume penjualan Anda diharapkan akan meningkat.

Kini Clodeo dengan jasa ekspedisi SiCepat telah berkomitmen untuk bekerja sama dengan tujuan untuk memudahkan pengelolaan transaksi beserta pengiriman barang dengan metode COD bagi pelaku bisnis online maupun e-commerce di Indonesia yang semuanya dapat dilakukan dalam satu aplikasi saja.

Apa keuntungan yang didapatkan penjual dengan mengintegrasikan akun Clodeo dengan SiCepat?

Dengan mengintegrasikan akun Clodeo Anda dengan SiCepat, maka secara otomatis resi pengiriman akan muncul pada saat itu juga sesaat setelah Anda meng-update status order pelanggan, dan kurir SiCepat akan mendapatkan pemberitahuan untuk melakukan pick-up paket paket Anda setelah mengkonfirmasi waktu dan tempat pengambilan paket.

Bagaimana cara COD di aplikasi Clodeo?

Clodeo sebagai aplikasi toko online yang juga sekaligus dapat menjadi aplikasi stok dan aplikasi pembukuan untuk bisnis Anda dapat mengakomodasi semua kebutuhan pencatatan, pengelolaan order, sampai melakukan pengiriman dengan metode COD kepada pembeli.

Pertama-tama Anda harus memiliki ID Member SiCepat untuk dapat mengintegrasikan akun Clodeo dengan SiCepat. Jika usaha online Anda belum mendaftarkan diri sebagai Member SiCepat, kini Anda juga dapat mendaftarkan diri lewat Clodeo tanpa harus menghubungi agen SiCepat dengan mengikuti Tutorial Daftar Member SiCepat di sini atau di sini.

Keuntungan yang didapatkan dengan menerapkan metode pengiriman metode COD untuk bisnis online di Clodeo adalah:

Pengelolaan order & COD dapat dilakukan dalam satu aplikasi

Semua kegiatan bisnis online mulai dari pencatatan order, perhitungan stok produk, sampai pengiriman dengan COD bisa dilakukan di Clodeo. Selain semua bisa dilakukan dari website, Clodeo juga menyediakan aplikasi mobile yang sudah tersedia dan dapat diunduh di Play Store unutk Android maupun di App Store untuk iOS, sehingga penggunanya dapat mengupdate dan memantau aktifitas bisnisnya cukup melalui handphone.

Pengembalian dana COD cepat

Setelah uang diterima oleh kurir SiCepat, pihak SiCepat dan Clodeo akan melakukan rekonsiliasi data dana COD yang dilakukan tiga kali setiap minggunya. Jadi pengembalian dana COD bisa didapatkan lebih cepat.

Proses COD dilakukan dengan sistem yang saling terintegrasi

Seluruh aktifitas COD yang dilakukan di Clodeo sudah terintergrasi dengan sistem yang dimiliki SiCepat, ini akan memudahkan penggunanya untuk melakukan permintaan pick up barang sampai proses pengembalian dana.

Kurir SiCepat akan mengambil barang di toko/rumah Anda

Pengguna Clodeo tidak perlu mengantar paketnya sendiri menuju kantor agen SiCepat terdekat karena kurir SiCepat sendiri yang akan menjemput paket COD. Untuk permintaan pick up barang sendiri, tidak ada syarat jumlah minimal paket/berat.

COD adalah metode pengiriman yang paling diminati oleh konsumen saat ini, dan kini sudah banyak e-commerce dan marketplace yang menyediakan COD sebagai rekomendasi metode pengiriman.

Dengan ini, pebisnis harus mempertimbangkan kembali untuk melayani transaksi jual beli dengan sistem COD. Baik pebisnis yang baru memulai bisnis/jualannya atau pebisnis yang kegiatan usahanya sedang berkembang. Selain untuk dapat bersaing dengan kompetitor dan mengikuti jaman, sistem COD dalam jual beli dapat menjadi salah satu metode yang cukup efektif untuk menarik pelanggan terlebih jika bisnis online tergolong baru, butuh kepercayaan dan juga reputasi untuk membangun nama/brand sehingga dapat meningkatkan angka penjualan.

Cara COD mulai banyak diterapkan oleh para pebisnis online karena mudah dan juga aman dari penipuan. Bahkan sistem pengiriman dengan COD juga telah menjadi bagian dari strategi pemasaran yang terbukti efektif dan ampuh untuk meningkatkan angka penjualan. Pembeli dapat memeriksa barang secara langsung sehingga aman dari penipuan dan konsumen dapat langsung melakukan komplain dan membatalkan pesanan jika barang tidak sesuai.

Bisa dipastikan online shop yang menyediakan sistem pembayaran COD bukanlah penipuan. Karena adanya jaminan pembayaran dilakukan pada saat barang sampai. Sehingga pembeli lebih yakin dan hal itu bisa menjadi jaminan bagi pembeli untuk benar-benar memastikan bahwa barang yang dibelinya tidaklah palsu. Cepatnya proses inilah yang membuat pembeli menjadi puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh sebuah toko online jika mereka menyediakan pengiriman dengan metode COD.

Jadi tunggu apa lagi? Segera gunakan Aplikasi Toko Online Clodeo untuk kemudahan pengelolaan transaksi dan mulai terapkan cara COD, yuk!

Untuk info lebih lanjut mengenai Clodeo silakan kunjungi website kami di www.clodeo.com atau segera menghubungi Costumer Support atau Marketing kami di  081377332863/08121430802.

Related Posts

  1. […] untuk menerapkan COD untuk bisnis online Anda? Clodeo telah bekerjasama dengan SiCepat untuk mengakomodasi kebutuhan pengiriman dengan cara […]

  2. […] pengiriman dan jasa pick up barang pengiriman. Namun Clodeo juga menyediakan pilihan metode Cash On Delivery (COD) yang bisa dilakukan dengan jasa ekspedisi SiCepat sebagai metode pembayaran terhadap pelanggan. […]

  3. […] Clodeo adalah aplikasi toko online berbasis cloud yang memberi kemudahan dalam bisnis Anda. Dengan Clodeo, kinerja perusahaan dapat diperbarui dan dipantau dengan mudah dan cepat, dimanapun dan kapanpun. Fitur-fitur yang disediakan memudahkan Anda dalam mencatat transaksi bisnis online, dan secara otomatis Clodeo dapat menyediakan laporan keuangan secara detil. Semua dapat diakses dalam satu aplikasi baik. Clodeo juga sudah terintegrasi dengan Shopify dan WooCommerce. Dan kini Clodeo sudah melakukan kerjasama dengan SiCepat untuk mengakomodasi fitur Cash On Delivery (COD). […]

  4. […] Clodeo adalah aplikasi toko online berbasis cloud yang memberi kemudahan dalam bisnis Anda. Dengan Clodeo, kinerja perusahaan dapat diperbarui dan dipantau dengan mudah dan cepat, dimanapun dan kapanpun. Fitur-fitur yang disediakan memudahkan Anda dalam mencatat transaksi bisnis online, dan secara otomatis Clodeo dapat menyediakan laporan keuangan secara detil. Semua dapat diakses dalam satu aplikasi baik. Clodeo juga sudah terintegrasi dengan Shopify dan WooCommerce. Dan kini Clodeo sudah melakukan kerjasama dengan SiCepat untuk mengakomodasi fitur Cash On Delivery (COD). […]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *