logo
Pada era ini, kebanyakan orang sudah mengenal dan memanfaatkan internet untuk kegiatan yang dilakukan sehari hari. Namun familiar kah Anda dengan istilah cloud computing atau komputasi awan yang terkait erat dengan pemanfaatan internet? Mungkin masih banyak yang belum mengerti dan mengetahui arti dari istilah ini. Karena itulah disini kami akan membahas tentang cloud computing yang bagi penggunaannya bisa jadi sangat penting untuk mendukung kegiatan yang kita lakukan setiap harinya.
Apa itu cloud computing?
Cloud computing atau komputasi awan merupakan sistem penyimpanan data pada server di internet. Teknologi yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan manfaat lebih dibanding menggunakan metode penyimpanan konvensional yang menggunakan hardware seperti CD, hard disk, portable disk atau bentuk yang lain.
Apa saja contoh penggunaan cloud computing?  
Contoh penggunaan cloud computing dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika e-mail tersimpan di Gmail atau dokumen tersimpan di Google Drive. Bahkan, media sosial seperti Facebook dan Twitter sebenarnya adalah layanan cloud untuk menyimpan postingan status kita.
Apa keuntungan yang diperoleh dari cloud computing dalam bisnis?
  • Keunggulan dari sisi aksesibilitas
Salah satu yang bisa dianggap keunggulan teknologi ini adalah data terpusat berada di server. Kelebihan ini memungkinkan Anda mengakses cloud Anda dari mana pun selama ada sambungan internet. Misalnya, jika Anda memiliki data di cloud server yang sinkron antara komputer di perusahaan dan di smartphone maka Anda bisa mengakses data tersebut di waktu yang sama karena data anda sudah menggunakan server berbasis cloud.
  • Kapasitas penyimpanan lebih besar
Beberapa jenis usaha/kegiatan memiliki data dalam jumlah yang besar. Semakin hari jumlah penggunanya semakin bertambah sehingga data yang harus disimpan juga semakin banyak. Hal ini akan berimbas pada sistem penyimpanan sehingga memerlukan kapasitas yang lebih besar.
Jika hanya menyimpan data-data tersebut di hardware saja, tentunya tidak akan cukup dan perlu Anda ketahui bahwa data-data tersebut tentunya penting untuk keberlangsungan usaha/kegiatan sehingga bukan pilihan yang tepat untuk menghapus data yang lama kemudian menggantinya dengan yang baru. Untuk itu, cloud backup bisa menjadi solusi yang tepat akan hal ini.
  • Sistem penyimpanan yang cepat
Sistem komputasi awan jauh lebih cepat daripada penyimpanan biasa. Kemampuan ini dibutuhkan perusahaan di bidang online shopping yang seringkali membutuhkan penyimpanan berkapasitas besar untuk keperluan administrasi data produk maupun pelanggan. Nah, dengan cloud computing, Anda dapat mengakomodasi dua kebutuhan tersebut.
  • Lebih aman dalam menyimpan data
Hal ini menjadi salah satu faktor yang paling penting karena para pengguna tentunya mengharapkan data yang tersimpan di cloud dapat terjaga keamanannya. Tidak hanya itu, dengan menyimpan data digital pada cloud akan mengurangi resiko kehilangan data jika terjadi masalah pada perangkat elektronik kita. Kejadian hilangnya data akibat kerusakan perangkat seperti komputer, laptop atau gadget lain pun bisa teratasi dengan adanya teknologi penyimpanan tersebut.
Karena sudah tahu pentingnya manfaat cloud computing untuk usaha/kegiatan Anda, Anda sudah tak perlu menunggu lebih lama untuk mengimplementasikannya. Semakin cepat Anda mengimplementasikan cloud computing untuk data Anda, maka akan semakin baik, mengingat efisiensi biaya dan waktu uang akan Anda peroleh. Selain itu, cloud computing yang tepat juga akan membantu anda memberikan layanan yang maksimal untuk pelanggan. Jadi, pastikan bahwa cloud sistem provider yang Anda pilih memang memiliki layanan yang berkualitas.
Salah satu aplikasi yang menggunakan sistem cloud untuk pengelolaan bisnis online Anda adalah Clodeo. Dengan Clodeo, kinerja perusahaan dapat diperbarui dan dipantau dengan mudah kapanpun dan dimanapun sehingga Anda tidak perlu khawatir jika catatan transaksi dan data pelanggan tercecer dan hilang.
Yuk, segera pakai Clodeo untuk menikmati kemudahan pengelolaan bisnis online Anda!

Related Posts

  1. […] Secara manual Anda diharuskan untuk melakukan penyimpanan dalam jangka waktu tertentu dalam map atau binder yang diurutkan berdasarkan bulan. Dengan demikian jika Anda memerlukan data administrasi untuk saat tertentu, Anda dapat segera menemukannya. Namun, jika hal ini dilakukan terus menerus maka dokumen semakin lama akan semakin banyak dan menumpuk, sehingga data kemungkinan hilang, tertukar, atau terselip. Hal ini akan berakibat pada staff yang berkepentingan dengan dokumen tersebut. Pekerjaannya akan menjadi terhambat karena data tidak bisa ditemukan, sehingga perlu pencatatan ulang untuk mengembalikan dokumen. Jika pencatatan dan penyimpanan dilakukan dengan menggunakan aplikasi pembukuan, data dan seluruh dokumen dapat tersimpan lebih rapih dan tidak akan memakan tempat karena semuanya tersimpan dalam sistem cloud computing. […]

  2. […] menggunakan aplikasi toko online yang berbasis cloud, Anda dapat memperbarui dan memantau kinerja toko online Anda dimana saja dan kapan saja. Sistem […]

  3. […] sistem cloud yang diterapkan pada aplikasi Clodeo juga memudahkan Kang Fagi sebagai owner online shop dalam […]

  4. […] Secara manual Anda diharuskan untuk melakukan penyimpanan dalam jangka waktu tertentu dalam map atau binder yang diurutkan berdasarkan bulan. Dengan demikian jika Anda memerlukan data administrasi untuk saat tertentu, Anda dapat segera menemukannya. Namun, jika hal ini dilakukan terus menerus maka dokumen semakin lama akan semakin banyak dan menumpuk, sehingga data kemungkinan hilang, tertukar, atau terselip. Hal ini akan berakibat pada staff yang berkepentingan dengan dokumen tersebut. Pekerjaannya akan menjadi terhambat karena data tidak bisa ditemukan, sehingga perlu pencatatan ulang untuk mengembalikan dokumen. Jika pencatatan dan penyimpanan dilakukan dengan menggunakan aplikasi pembukuan, data dan seluruh dokumen dapat tersimpan lebih rapih dan tidak akan memakan tempat karena semuanya tersimpan dalam sistem cloud computing. […]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *