logo
Saat ini untuk menjadi seorang pengusaha atau pebisnis online menjadi semakin mudah. Jika dibandingkan dengan bisnis konvensional, modal yang dibutuhkan untuk berbisnis tidaklah sedikit. Anda bisa sebut modal stock barang, sewa toko, pegawai, pemasaran, dan lain-lain. Namun bagi pebisnis online, modal yang dikeluarkan bisa sangat diminimalisir dengan cara Anda menjadi reseller produk orang lain.
Apa sebenarnya arti kata Reseller?
Jika dilihat per-kata, Re artinya kembali, dan Seller artinya penjual. Maka arti Reseller secara singkat adalah menjual kembali suatu produk yang dilakukan oleh penjual setelah penjual tersebut membelinya.
Reseller akan membeli produk dari distributor atau supplier dengan harga yang lebih murah dari pasaran untuk dijual kembali dengan harapan mendapatkan sejumlah keuntungan dari penjulan barangnya tersebut. Jadi Reseller akan menaikan harga penjualan kepada konsumennya agar mendapatkan untung.
Dari segi resiko, Reseller mampu mendatangkan keuntungan dengan resiko yang kecil. Karena untuk menjadi reseller kita hanya membutuhkan modal yang cukup untuk membeli produk yang akan dijual, karena dengan bisnis Reseller ini kita tidak perlu memproduksi barang dari awal sampai barang jadi, siap pakai untuk dijual pada konsumen.
Untuk menilai potensi keberhasilan produk yang Anda pilih untuk dijual, sebelumnya Anda perlu untuk melakukan riset dan memahami keadaan pasar. Misalnya seperti permintaan, persaingan, harga, dan masih banyak lagi lainnya. Anda juga perlu memperhitungkan apakah produk yang akan Anda jual banyak terdapat di supplier.
Dengan menjadi Reseller, berarti Anda telah menjadi bagian dari distribusi atas produk milik suatu merek tertentu. Ini artinya, Anda harus benar-benar mengusai dan mengerti tentang produk yang akan Anda jual (product knowledge). Tujuannya adalah agar dapat lebih mudah menjelaskan keunggulan produk dan mempromosikannya ke calon konsumen sehingga mereka tertarik untuk membelinya dan dapat meningkatkan penjualan produk.
Clodeo adalah aplikasi toko online yang dapat kamu gunakan mengelola bisnis Anda. Baik itu bisnis reseller maupun bisnis dropship. Clodeo dapat Anda gunakan secara gratis dan tersedia pula versi mobile app yang bisa Anda download langsung melalui App Store atau Play Store.

Referensi:

  • ilmuakuntansi.co.id/pengertian-reseller-apa-itu-reseller
  • digitalmarketer.id/productivity/tips-sukses-menjadi-reseller-online

Related Posts

  1. […] bagi pebisnis online, modal yang dikeluarkan bisa sangat diminimalisir dengan cara Anda menjadi reseller produk toko online milik orang […]

  2. Saya udah coba jadi reseller, tapi ketika mendengar ada yg namanya dropship, jadi ikutan tertarik juga.

    Kira-kira lebih enakan mana? Reseller atau Dropship?

  3. Cukup menarik, saya lebih memilih menjadi resseler terlebih dahulu untuk mencari pengalaman dengan resiko yang kecil. bisnis dropship juga cukup bagus untuk memulai bisnis dengan serius.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *