logo

Untuk para pelaku usaha online tentunya sudah tidak asing lagi dengan jasa ekspedisi pengiriman barang. Dengan jasa eskpedisi pengiriman barang yang telah dipesan oleh pelanggan akan diproses pengirimannya untuk sampai ke tangan pelanggan. Jadi para penjual tidak perlu untuk mengantarkan pesanan pelanggan sendiri, tapi dapat mengandalkan jasa ekspedisi pengiriman.

Jasa ekspedisi pengiriman barang sendiri di Indonesia kini sangat banyak jumlahnya. Mulai dari yang sudah sering didengar hingga yang masih asing di telinga karena baru beroperasi. Bahkan jika Anda berjualan di e-commerce tertentu, pihak e-commerce tersebut sudah memiliki jasa pengiriman sendiri.

Dalam memilih jasa ekspedisi, tentunya ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Ini terkait keamanan dari barang yang dikirimkan serta kepuasan pelanggan. Berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya diperhatikan sebagai penjual dalam memilih jasa eskpedisi pengiriman.

Tarif Pengiriman

Sebagai penjual, tentu kita ingin mengeluarkan modal seminimal mungkin dan meraih keuntungan sebanyak-banyaknya, terutama adalah dari segi pengiriman barang. Walaupun ongkos kirim akan ditanggung oleh pembeli, namun menyediakan ongkos kirim yang lebih murah akan menjadi lebih menguntungkan karena pembeli dapat lebih memilih untuk berbelanja di toko milik Anda. Tiap jasa ekspedisi memiliki tarif yang berbeda-beda walaupun tujuan kotanya sama, ini karena layanan yang digunakan juga berbeda. Untuk layanan satu hari sampai, misalnya, akan dikenakan biaya lebih tinggi daripada layanan ekonomis yang baru sampai tujuan dalam waktu beberapa hari.

Ekspedisi Pengiriman yang Memiliki Jaringan Luas

Jaringan luas bisa diartikan bahwa jasa ekspedisi memiliki kantor cabang di tiap kota atau daerah. Ini akan membuat ekspedisi pengiriman tersebut lebih terjangkau dan mudah ditemukan. Tidak semua perusahaan ekspedisi pengiriman barang memiliki kecepatan yang sama dalam pengiriman barang sesuai dengan alamat tujuan. Biasanya perusahaan ekspedisi yang sudah populer akan memiliki lebih banyak cabang. Perusahaan seperti inilah yang sebaiknya digunakan sehinggan Anda dengan mudah dapat memenuhi permintaan pelanggan, terutama yang berasal dari kota-kota kecil.

Menyediakan Sistem Tracking Pengiriman

Adanya sistem pelacakan atau tracking system akan sangat memudahkan dalam melacak barang kiriman. Sistem ini berupa serangkaian nomor yang tercetak dalam kertas resi yang diterima saat Anda sudah melakukan pembayaran untuk pengiriman barang. Pilihan jasa ekspedisi pengiriman barang terbaik adalah perusahaan yang memiliki fitur cek pengiriman menggunakan aplikasi berbasis website maupun mobile. Fitur cek pengiriman ini dapat digunakan untuk melakukan monitoring terhadap barang kiriman secara real time.

Jasa Pick Up Barang

Jika Anda memiliki bisnis online yang memiliki pelanggan yang cukup banyak dan sudah ramai pembeli, pastinya Anda akan melakukan pengiriman hampir setiap hari dengan kuantitas yang tidak sedikit. Karena itu, pilih jasa ekspedisi pengiriman yang menyediakan sistem pick up barang. Dengan sistem ini, kurir akan datang dan mengambil barang untuk diproses di kantor sehingga Anda cukup menunggu kurir pengiriman datang. Jadi Anda tidak perlu mendatangi kantor ekspedisi pengiriman. Ketersediaan jasa pick up ini akan sangat membantu agar kita tidak perlu mengantar sendiri barang yang akan di kirim ke kantor jasa ekspedisi.

Memperhatikan Waktu Estimasi Pengiriman

Seluruh perusahaan ekspedisi pengiriman barang akan menampilkan estimasi waktu pengiriman barang. Tapi, tidak semuanya akan memenuhi estimasi tersebut. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan oleh Anda sebagai pengirim barang. Salah satunya adalah kapan kita mulai memproses pengiriman tersebut. Hindari menggunakan jasa pengiriman barang pada waktu yang kurang tepat, seperti hari libur, hari besar, hari nasional dan hari-hari besar lainnya. Karena waktu-waktu yang seperti inilah ekspedisi pengiriman akan mengalami overload shipment atau pengiriman barang berjumlah sangat banyak.

Apabila kita sudah pernah menggunakan beragam jasa ekspedisi yang berbeda, tentu kita bisa memastikan jasa mana yang paling baik pelayanannya. Pilihlah jasa ekspedisi yang memberikan pelayanan terbaik sebagai jasa ekspedisi dalam pengiriman barang. Jika Anda ingin menggunakan metode Cash On Delivery sebagai metode pembayaran dimana pelanggan akan melakukan pembayaran saat pelanggan menerima barang yang telah dipesan, Anda dapat menggunakan Clodeo.

Clodeo kini sudah bekerjasama dengan SiCepat sebagai jasa ekspedisi pilihan yang tidak hanya melayani pengiriman dan jasa pick up barang pengiriman. Namun Clodeo juga menyediakan pilihan metode Cash On Delivery (COD) yang bisa dilakukan dengan jasa ekspedisi SiCepat sebagai metode pembayaran terhadap pelanggan. Sistem COD dalam jual beli dapat menjadi salah satu metode yang cukup efektif untuk menarik pelanggan, terlebih jika toko online Anda tergolong baru dan butuh kepercayaan dan juga reputasi untuk membangun nama toko online sehingga dapat meningkatkan angka penjualan.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *