logo

Zaman teknologi yang sudah demikian canggih merupakan era emas dan menjadi peluang besar khususnya dalam dunia bisnis. Tahukah Anda? Bahwa jumlah pengakses internet di Indonesia di tahun 2017 sudah mencapai 132,7 juta jiwa dengan jumlah pembeli online di Indonesia terdapat 24,7 juta jiwa.

Bisnis online sendiri merupakan segala aktivitas yang dapat menghasilkan uang dan dilakukan di internet. Karena kemudahan yang ditawarkan dengan belanja di online shop, banyak hal yang menyebabkan seseorang lebih memilih belanja online seperti menghemat waktu dan tenaga sehingga Anda tidak perlu berkeliling mall atau toko. Anda cukup meluangkan waktu sebentar dengan membuka internet dan tentu saja Anda akan terhindar dari kemacetan jalan raya. Selain itu, Anda dapat membandingkan produk dan harga dengan toko online lainnya, sehingga lebih banyak pilihan. Proses belanja melalui online shop juga cukup mudah sehingga pembeli tidak menemukan kesulitan untuk membeli barang yang diinginkan.

Jika ingin memulai bisnis dengan modal yang kecil, memulai usaha berjualan secara online dapat menjadi pilihan untuk Anda. Karena memulai toko online cukup mudah dan simpel, serta tidak membutuhkan modal yang besar. Nah, mari simak beberapa tips yang bisa Anda terapkan supaya bisnis online yang dimulai dengan modal kecil dapat mencapai hasil yang optimal.

Mulai dengan Menjadi Reseller

Saat ini untuk menjadi seorang pengusaha atau pebisnis online menjadi semakin mudah. Jika dibandingkan dengan bisnis konvensional, modal yang dibutuhkan untuk berbisnis tidaklah sedikit. Anda bisa sebut modal stock barang, sewa toko, pegawai, pemasaran, dan lain-lain. Namun, bagi pebisnis online, modal yang dikeluarkan bisa sangat diminimalisir dengan cara Anda menjadi reseller produk toko online milik orang lain.

Reseller secara singkat adalah menjual kembali suatu produk yang dilakukan oleh penjual setelah penjual tersebut membelinya. Reseller akan membeli produk dari distributor atau supplier dengan harga yang lebih murah dari pasaran untuk dijual kembali dengan harapan mendapatkan sejumlah keuntungan dari penjulan barangnya tersebut. Jadi, Reseller akan menaikan harga penjualan kepada konsumennya agar mendapatkan untung.

Promosi Produk dengan Memanfaatkan Media Sosial

Berbicara mengenai strategi promosi ada banyak cara yang bisa Anda dapatkan dari artikel-artikel bisnis dari berbagai sumber. Namun, tidak semua strategi dapat diaplikasikan oleh para pebisnis pemula. Dalam era seperti sekarang, strategi yang paling mudah diandalkan oleh pebisnis pemula adalah marketing dan promosi melalui media sosial. Melalui media sosial Anda tidak perlu modal yang besar sebagaimana  saat Anda melakukan promosi secara konvensional.

Promosi melalui media sosial bukan lagi hal yang baru. Untuk menerapkan manfaat media sosial sebagai media sosial sebagai tempat untuk mempromosikan bisnis Anda bukanlah hal yang terlambat dilakukan karena jumlah penggunanya kini semakin meluas. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai promosi di media sosial meliputi pengenalan produk, memberikan informasi kepada calon pelanggan, dan juga mengabarkan promosi yang sedang dijalankan.

Menganalisa Kompetitor

Dengan memanfatkan mesin pencari online seperti Google atau memanfaatkan sosial media, Anda dapat melihat apa yang dilakukan oleh kompetitor bisnis Anda. Hanya perlu melihat sejenak ke akun media sosial kompetitor, Anda akan mendapatkan informasi mengenai cara promosi, penawaran, serta inovasi baru yang dilakukan. Adanya kemudahan ini justru akan melatih Anda untuk semakin jeli membuka peluang dengan menghadirkan inovasi yang tidak kalah dengan kompetitor Anda.

Melakukan analisa sederhana dari kompetitor atau pesaing usaha sejenis bisa menjadi cara yang tepat untuk menciptakan strategi bisnis yang lebih baik bagi usaha milik Anda. Lakukan pengamatan terhadap kompititor secara periodik untuk lebih mengetahui faktor-faktor yang dapat menjadi kekuatan dan kelemahan pesaing bisnis Anda. Buatlah catatan atas analisa kompetitor usaha Anda, amati dan tulislah apa saja kekuatan dan kelemahan bisnis mereka. Lalu analisa apa saja hal yang bisa Anda pelajari dan terapkan untuk bisnis Anda.

Melakukan Kolaborasi dengan Online Shop Lain

Kehadiran website toko online di internet sudah begitu banyak. Selalu saja hadir bisnis online yang baru di Indonesia. Persaingan bisnis menjadi semakin ketat dan membuat setiap pengusaha harus melakukan berbagai strategi untuk memasarkan produk dan layanannya. Salah satu strategi menarik yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan toko online Anda ialah dengan menjalin kerja sama atau partnership dengan brand lain. Kolaborasi ini dapat memperluas pasar dan meningkatkan penjualan dalam jangka waktu panjang.

Konsep kolaborasi kerja sama akan saling melengkapi dan menguntungkan. Misalnya, Anda menjual produk di bidang fashion yakni t-shirt atau kaos. Anda bisa menjalin aliansi dengan brand yang menjual produk fashion lainnya seperti sepatu, celana, tas, dan topi. Konsep kerja sama ini akan membuat bisnis Anda semakin variatif di mata konsumen. Hal ini akan jadi nilai tambah untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. Anda jadi tidak lagi hanya menawarkan kaos tapi juga produk lainnya.

Bagi penjual, online shop menjadi bisnis yang berpeluang besar karena tidak adanya batasan tempat. Bisnis ini juga buka 24 jam, maka tidak ada pula batasan waktu. Untuk pasar bisnis online di Indonesia sendiri peluang bisnis online sangat menggiurkan. Hal ini dikarenakan pengguna internet di Indonesia semakin lama semakin bertambah pesat, dan banyaknya jasa eksedisi dalam negeri yang mendukung pengiriman produk dengan aman sampai ke tangan pembeli. Apalagi untuk memulai bisnis toko online caranya cukup simpel, tidak sulit, dan tidak membutuhkan modal yang begitu besar.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *