logo

Indonesia telah menjadi pasar terbesar e-commerce di Asia Tenggara. Pada 2014, Euromonitor mencatat, penjualan online Indonesia mencapai US$ 1,1 miliar, lebih tinggi dari Thailand dan Singapura. Seperti yang telah dilansir DetikFinance, pasar e-commerce Indonesia berpeluang untuk tumbuh semakin besar. Apalagi dengan jumlah penduduk dan tingkat produk domestik bruto (PDB) terbesar di ASEAN, Euromonitor memperkirakan rata-rata pertumbuhan tahunan (CAGR) penjualan online Indonesia akan tumbuh sebesar 38%.

Tokopedia, Lazada dan Shopee kini menjadi pemain online marketplace dan e-commerce terbesar di Indonesia. Tokopedia bahkan mengklaim jumlah pengunjungnya mencapai 10 juta dan menjual sekitar 2 juta produk setiap bulan. Ini dapat membuktikan bahwa daya beli penduduk Indonesia cukup tinggi dilihat dari platform belanja online.

Jika dilihat lebih dekat, sebenarnya Indonesia juga memiliki panyak potensi untuk menjual produknya pada pasar luar negeri. Dengan tidak mengkesampingkan kualitas, pelayanan dan penjualan dengan harga yang bersaing, Anda dapat memulai menjangkau pasar internasional dengan melakukan eskpor. Ekspor barang tentu saja sangat bermanfaat untuk memaksimalkan potensi produksi dalam negeri sekaligus membuat usaha Anda berkembang dan meraup untung yang lebih banyak.

Mungkin Anda sering mendengar keluhan disekitar Anda bahkan dari lingkungan Anda sendiri mengenai pengiriman paket barang dari luar negeri maupun pengiriman ke luar negeri. Namun tata cara kirim barang ke luar negeri sebenarnya tidak sesulit yang kita bayangkan selama ini. Sebelum melakukan transaksi luar negeri, yuk kita simak terlebih dahulu apa saja yang harus diperhatikan jika Anda ingin melakukan pengiriman ke luar negeri!

Perhatikan Harga Pengiriman Barang

Setiap kurir memiliki harga dan biaya pengiriman paket ke luar negeri yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan kurs dollar, pembayaran dengan metode paypal, dan lainnya, karena itulah Anda harus hati-hati dalam memilih metode pembayaran pengiriman. Pembayaran dengan menggunakan nilai rupiah dan transfer bank adalah pilihan terbaik yang dapat Anda lalukan saat ini. Dengan menggunakan nilai rupiah, Anda tidak perlu repot-repot untuk mengkonversi jumlah kurs yang ditetapkan ke rupiah dan begitu pula sebaliknya. Dengan metode transfer bank juga dapat memudahkan Anda untuk mengirimkan biaya pengiriman kepada penyedia jasa kurir karena mudah dijangkau di sebagian besar tempat di Indonesia.

Kemas Barang Dengan Baik

Anda tidak akan tahu bagaimana kurir akan memperlakukan paket kiriman Anda karena Anda tidak dapat memantau proses pengiriman secara langsung. Karena itulah usahakan untuk mengemas paket yang akan Anda kirim dengan baik. Perhatikan cara pengemasan yang Anda lakukan sebelum Anda memberikannya pada kurir pengiriman. Pastikan Anda memberikan pengamanan yang baik untuk mencegah barang yang dikirim agar dapat terhindar dari goncangan, retak, pecah atau rusak yang disebabkan oleh perlakuan kurir dari penyedia jasa pengiriman. Apalagi pengiriman ke luar negeri membutuhkan waktu yang lebih lama di perjalanan untuk sampai ke tempat tujuan, jadi cobalah untuk lebih mendetail dan hati-hati dalam melakukan pengemasan barang.

Gunakan Asuransi Pengiriman Paket Ke Luar Negeri

Cara kirim paket ke luar negeri paling aman adalah dengan menyisipkan layanan asuransi pengiriman barang. Asuransi pengiriman barang adalah suatu upaya atau bentuk pertanggungjawaban yang diberikan pihak pengirim yang menjamin barang Anda dan melakukan proteksi terhadap kerugian maupun kerusakan atau kehilangan yang terjadi atas barang yang dikirim. Dengan menggunakan asuransi pengiriman, Anda akan tetap merasa nyaman sampai paket benar-benar sampai tujuan tanpa takut barang rusak atau hilang. Jika memang benar-benar terjadi kerusakan atau kehilangan, maka pihak penyedia jasa pengiriman yang telah Anda bayar asuransinya akan mengembalikan sejumlah uang atau barang sebagai bentuk ganti rugi terhadap barang milik Anda.

Bantu Pembeli Mengurangi Beban Pajak Bea Cukai

Untuk beberapa metode pengiriman tertentu, Anda diwajibkan untuk mengisi nilai tanggungan barang. Seringkali pembeli dari luar negeri meminta penjualnya untuk mencantumkan nilai barang yang rendah. Lebih baik Anda menuruti keinginan pembeli tersebut, karena hal ini bertujuan untuk mencegah pembeli dari luar negeri terbebani pajak dari bea cukai di sana. Misalnya nilai barang yang sebenarnya adalah adalah $75, Anda dapat tulis harganya sebesar $35 atau lebih rendah, sehingga pembeli dari luar negeri tidak akan terbebani oleh pajak dari bea cukai dari negaranya.

Banyak pilihan penyedia jasa pengiriman ke luar negeri sudah tersebar di Indonesia. Teruntuk Anda yang memiliki usaha online shop yang ingin menjangkau pasar internasional, layanan ini tentu akan sangat memudahkan Anda dalam mengirimkan barang jualan Anda ke luar negeri dan mempercepat perkembangan usaha Anda. Ditambah lagi prosedur pengiriman paket ke luar negeri juga tidak begitu merepotkan alias praktis. Maka ke negara manapun barang dikirim, pasar di negara manapun dapat Anda jangkau.

Referensi:

  • finance.detik.com/advertorial-news-block/d-3105609/indonesia-pusat-e-commerce-asea

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *