logo

Memiliki rencana bisnis ibarat sebuah peta jalan kesuksesan bagi pebisnis terlepas dari apapun bentuk bisnis yang dijalankan. Untuk membangun bisnis yang sukses, Anda harus memiliki rencana yang terdiri dari strategi dan pengorganisasian usaha yang jitu. Rencana bisnis yang dibuat dengan baik, dibantu dengan pengorganisasian usaha yang baik, akan berpeluang besar meningkatkan keberhasilan usaha. Aplikasi jualan online juga sebaiknya dimiliki agar bisnis semakin lancar dan terpantau.

Rencana bisnis dapat menjadi sebuah konsep pengembangan tertulis yang berisi rincian dari gambaran perencanaan keuangan, pengelolaan, pengembangan, target pencapaian hingga strategi pemasaran. Dengan rencana bisnis yang terarah, tujuan dan strategi perusahaan dapat dikembangkan baik untuk jangka pendek, menengah maupun panjang. Karena itulah melakukan perencanaan bisnis sangat penting untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang dapat berakibat fatal bagi usaha, seperti salah strategi promosi, kesalahan perhitungan laba rugi atau kesalahan dalam mengambil keputusan bisnis.

Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan untuk membuat bisnis online menjadi lebih baik di tahun 2019 dan juga tips yang mungkin berguna untuk mengembangkan bisnis Anda:

Miliki Deskripsi Produk dan Perusahaan yang Jelas

Apapun bisnis online Anda, mulailah dengan memiliki deskripsi produk yang jelas dan mudah dipahami oleh semua orang. Tidak hanya deskripsi produk, deskripsi bisnis atau gambaran yang menjelaskan bentuk usaha, produk yang dijual atau jasa yang ditawarkan juga harus diutarakan secara jelas.

Tips: Selain menyusun rencana strategis tentang toko online dan produk yang Anda jual, deskripsikan pula target pasar, keunggulan bersaing, bentuk usaha, konsep manajemen yang dijalankan dan sebagainya untuk menjadi informasi bagi orang-orang yang melakukan kerjasama dengan bisnis Anda.

Lakukan Analisa Pada Kompetitor

Melakukan analisa sederhana dari kompetitor atau pesaing usaha sejenis bisa menjadi cara yang tepat untuk menciptakan strategi bisnis yang lebih baik bagi usaha milik Anda. Lakukan pengamatan terhadap kompititor secara periodik untuk lebih mengetahui faktor-faktor yang dapat menjadi kekuatan dan kelemahan pesaing bisnis Anda.

Tips: Buatlah catatan atas analisa kompetitor usaha Anda, amati dan tulislah apa saja kekuatan dan kelemahan bisnis mereka. Lalu analisa apa saja hal yang bisa Anda pelajari dan terapkan untuk bisnis online Anda.

Strategi Pemasaran Tepat Sasaran

Strategi pemasaran mencerminkan seberapa besar potensi produk yang Anda jual untuk sukses dipasaran. Untuk itu strategi harus direncanakan dengan lengkap, mulai dari promosi produk, biaya, tempat, waktu, target produk hingga media promosi yang akan dipilih. Selalu terapkan perspektif 4P (Product, Price, Place, Promotion) agar strategi pemasaran Anda sukses dan tepat sasaran.

Tips: Membuat Rencana Pemasaran yang meliputi penjelasan pangsa pasar yang dipilih, cara pemasaran dan promosi yang dibuat sesuai dengan target pasar, hingga rencana anggaran untuk penjualan, harga, distribusi, dan biaya-biaya lainnya.

Miliki Laporan Keuangan

Dalam membangun usaha, keuangan menjadi hal penting dan tidak boleh diremehkan. Pelajari cara sederhana untuk melakukan pembukuan keuangan usaha Anda dengan rapi. Usahakan untuk membedakan antara modal untuk bisnis dan pribadi. Perhitungan yang akurat dan transparan dalam mengelola keuangan usaha Anda akan menjadi modal bisnis yang besar.

Tips: buatlah laporan keuangan yang menjelaskan laporan arus kas keuangan tahun ini, ekspektasi laba, kebutuhan modal, biaya operasional, biaya tambahan, dana cadangan. Jika perlu, Anda dapat memanfaatkan Clodeo aplikasi jualan online yang juga memiliki fungsi sebagai aplikasi pembukuan.

Menjaga Kualitas Produk

Dalam berbisnis, pastikan Anda selalu mengutamakan kualitas produk yang ditawarkan kepada pelanggan. Ini harus dilakukan agar bisnis yang Anda lakukan dapat berkembang dengan pesat, memiliki untung yang besar, menjaring banyak pelanggan baru dan memiliki pelanggan setia.

Tips: Lakukan analisa risiko yang mungkin akan Anda hadapi di masa depan beserta antisipasi yang harus dilakukan jika risiko tersebut mencul terkait dengan kepuasan pelanggan maupun usaha milik Anda.

Perlu Anda ingat, pebisnis yang menginvestasikan waktu dan tenaganya untuk menyusun rencana bisnis dengan cerdas, terbilang akan lebih siap menghadapi resiko dalam persaingan bisnis. Walaupun rencana bisnis itu tidak menjamin 100% kesuksesan suatu usaha, tapi cara ini akan mampu menciptakan peluang kesuksesan yang lebih tinggi daripada yang tidak merencanakannya sama sekali.

Related Posts

  1. makasih admin artikelnya sangat membantu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *