logo

Mengatur status order adalah salah satu hal terpenting yang harus dilakukan oleh para pebisnis online. Dengan rutin memperbaharui status order penjualan, kinerja bisnis selalu terpantau dengan baik agar mudah dalam memperkirakan strategi bisnis di kemudian hari. Namun, selama ini masih ada yang luput dalam mengelola order yang masuk, seperti lupa menyelesaikan order, mengecek transaksi pelanggan dan lain-lain. Hal tersebut bisa berujung fatal lho, Sahabat Clodeo. Misalnya saja, jika lupa menyelesaikan transaksi satu pelanggan, bisa menyebabkan adanya missed penghitungan dan akhirnya menyebabkan pembukuan di akhir menjadi rumit karena harus mencari data nya satu-persatu. Bisa dibayangkan betapa sulitnya jika bisnis yang dijalankan sudah terhitung besar. Nah, berikut cara yang bisa dilakukan agar lebih mudah dalam melakukan update status order bisnis online Anda!

Gunakan Software Manajemen Order

Cara pertama yang paling mudah dan masuk akal adalah dengan menggunakan software manajemen order. Aplikasi seperti ini dapat memudahkan Anda dalam membuat, mengatur dan menyelesaikan order dengan cepat dan mudah hanya dalam satu platform saja. Jadi, pilih software yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda agar tidak sulit dalam mengoperasikannya.

Dengan menggunakan aplikasi manajemen order, kemungkinan untuk lupa memperbaharui order minim terjadi. Karena pada alat bantu ini, Anda bisa mengecek berapa banyak order yang masuk, berapa banyak pelanggan yang belum membayar, barang mana yang siap dikirim, dan lain-lain. Selain mudah, menggunakan software akan membantu proses pengaturan order menjadi lebih cepat.

Selesaikan Bertahap

Saat ada order masuk, hal yang perlu dilakukan adalah mencatatnya secara bertahap. Misalnya, setelah ada order yang masuk, jangan lupa untuk selalu mencatat order secara detil mulai dari nama pelanggan, alamat, dan poduk apa yang dipesan. Setelah selesai mencatat order masuk, lanjutkan ke pembuatan faktur jika order yang dibuat sudah dibayar. Lanjutkan ke tahap-tahap berikutnya sampai dengan order selesai. Dengan mengerjakan sesuai tahapan, kemungkinan missed akan semakin kecil dan catatan akan selalu terseusun dengan baik dan tepat.

Buat Pengingat

Jika sudah melakukan dua hal di atas tapi masih luput dalam meng-update orderan, tandanya Anda perlu memasang pengingat! Dengan memasang pengingat, seharusnya tidak ada lagi order yang lupa diperbaharui. Buat notes yang berisi berapa banyak order yang belum dibayar, sedang di proses, siap dikirim, dan sudah selesai.

Cek Berkala

Jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekkan ulang. Hal ini berguna agar transaksi pemesanan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pelanggan Anda, juga untuk sinkronisasi stok yang Anda miliki.

Mengelola order merupakan hal yang penting, jangan sampai salah apalagi luput dari catatan. Untuk membantu kesulitan Anda, Clodeo hadir dengan fitur-fitur yang akan banyak membantu Anda dalam mengelola order yang masuk. Dengan fitur Clodeo yang lengkap, bisnis akan terpantau dengan baik, dan dapat di kelola kapanpun dan dimanapun.

Related Posts

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *